Tempat Wisata

Pesona alam di jantung kampus ternama Februari 2024

Antarmuka pengguna Danau Kenangan

  • Biaya masuk: Bebas
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Prof.DR.Mahar Mardjono, Pondok Cina, Beji, Depok, Jawa Barat, Indonesia, 16424

Dua kali dalam setahun, Danau Kenanga UI dipenuhi mahasiswa bertogas dan keluarganya. Para wisudawan mengabadikan momen wisuda bersama kerabatnya di telaga ini. Dengan arsitekturnya yang khas, gedung Rektorat menjadi backdrop ikonik bagi lulusan UI. Hal ini tidak mengherankan mengingat letak Danau Kenanga sangat dekat dengan gedung Rektorat Universitas Indonesia.

Selain momen ini, tidak banyak hal yang terjadi di Danau Kenanga. Namun di tempat ini pengunjung bisa menikmati kedamaian dan suasana sejuk. Jadi hanya ada satu kelompok orang yang terlihat beraktivitas di lingkungan sepi tersebut. Siswa sering menghabiskan waktu di sini untuk beristirahat, bersantai dan berdiskusi.

Meski berada di lingkungan universitas, namun tempat ini juga terbuka untuk umum. Ada pula yang sekadar mampir untuk beristirahat sejenak setelah berkendara pulang kerja. Selain itu, ada juga yang menggunakan fasilitas jogging pada pagi dan sore hari. Ada juga yang datang bersama pasangannya untuk sekedar duduk-duduk di tepi danau. Beberapa tahun lalu, masyarakat juga terlihat memancing di danau tersebut.

Harga tiket dan biaya

Untuk menikmati sejuknya suasana danau, pengunjung bebas masuk. Tidak ada biaya masuk dan bahkan parkir pun gratis.

Baca: Tiket dan Wahana Pratama Youth Park

Jam Buka Danau Kenanga

Danau Kenanga buka 24 jam sehari. Namun, penerangannya tidak akan cukup terang pada malam hari karena hanya ada penerangan jalan saja.

Lokasi foto untuk wisudawan

Danau Kenanga merupakan salah satu dari enam danau yang ada di lingkungan Universitas Indonesia. Terletak di kampus UI Depok, telaga ini lebih mudah dijangkau dari Stasiun Pondok Cina. Suasananya yang sejuk, nyaman dan tenang menjadikan tempat ini populer sebagai destinasi relaksasi. Lokasinya berada di antara Aula Rektorat dan Masjid UI.

Dengan gaya arsitekturnya yang khas, gedung Rektorat menjadi backdrop ikonik untuk berfoto di danau ini. Oleh karena itu, lokasi ini sering dipilih untuk acara wisuda. Dua kali setahun, sekitar bulan Maret dan September, Danau Kenanga dipenuhi pelajar yang mengenakan toga. Ditemani orang tua atau kerabat, para wisudawan mengabadikan momen wisuda mereka di telaga ini.

Baca: Tiket & Wahana TRANS STUDIO CIBUBUR

Daerah aliran sungai dan hutan kota

Mahasiswa bersantai dan berdiskusi di area Danau Kenanga UIMahasiswa bersantai dan berdiskusi di area Danau Kenanga UIMahasiswa bersantai dan berdiskusi di area Danau Kenanga UI. Foto: Google Maps, Rini Panggabean.

Universitas Indonesia sebenarnya dikenal dengan julukannya Universitas Hijau. Hal ini tidak mengherankan karena sebagian kawasan tersebut ditetapkan sebagai hutan kota. Di dalamnya terdapat daerah resapan air yang juga berfungsi sebagai cagar alam. Kawasan tersebut terdiri dari enam danau yaitu Kenanga, Agathis, Puspa, Mahoni, Ulin dan Salam.

Telaga Ylang sendiri memiliki luas 28 hektare, tujuannya untuk menghasilkan dan melestarikan air yang menunjang daya dukung kawasan Depok. Ada berbagai jenis ikan yang didistribusikan pengelola di Danau Kenanga. Ini termasuk ikan nila, nila dan ikan sapu. Namun penangkapan ikan dilarang di danau ini.

Baca : Tiket Masuk Taman Herbal Insani, Aktivitas, Wahana dan Fasilitas

Jalur migrasi burung dunia dan hewan endemik

Kadal tertangkap kamera oleh pengunjung di tepi Danau KenangaKadal tertangkap kamera oleh pengunjung di tepi Danau KenangaKadal tertangkap kamera oleh pengunjung di tepi Danau Kenanga. Foto: Google Maps, hore.

Danau-danau tersebut merupakan bagian dari hutan kota di lingkungan Universitas Indonesia. Danau ini tidak hanya menjadi tempat tangkapan air, namun juga menjadi sumber air minum bagi hewan-hewan tersebut. Jadi bisa dibayangkan kombinasi air yang tenang dan pepohonan yang rindang. Selama berada di sini, suasana sejuk dan tenang pasti bisa kamu rasakan.

Tak hanya ikan, biawak pun menjadi salah satu hewan yang kerap terlihat di sekitar danau. Selain itu, wilayah udara di atas hutan kota UI juga menjadi jalur migrasi burung dari Eropa dan Asia menuju Australia. Burung seperti parkit, balam, dan penyu juga tumbuh subur di sini. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat hewan-hewan tersebut dan mengabadikannya dalam foto.

Perpaduan kedekatan alam dan manusia terlihat pada pemandangan danau, pepohonan dan arsitektur gedung rektorat. Gedung perpustakaan juga menjadi pemandangan yang indah di foto. Selain itu, fauna yang ada juga tak kalah menarik untuk dijadikan objek foto bagi para fotografer amatir.

Area olahraga dan piknik keluarga

Seorang anak bersepeda mengelilingi lintasan di Taman Danau KenangaSeorang anak bersepeda mengelilingi lintasan di Taman Danau KenangaSeorang anak bersepeda mengelilingi lintasan di Taman Danau Kenanga. Foto: Google Maps, khusus Kris

Meski berada di dalam kampus, Danau Kenanga merupakan ruang terbuka hijau bagi masyarakat sekitar. Pada hari-hari biasa, kebanyakan dari mereka adalah pelajar bergantung di danau ini. Kebanyakan pengunjung membawa serta tempat duduk, makanan ringan, dan minuman. Selain untuk bersantai dan melepas penat, banyak juga yang memanfaatkannya sebagai tempat berdiskusi.

Perabot Jalur joging Masyarakat di sini juga menggunakannya pada pagi dan sore hari. Pada hari Minggu, orang-orang jogging atau sekedar jalan-jalan untuk berolahraga. Tak jarang orang memanfaatkan tempat ini untuk piknik keluarga.

Anak-anak berkeliling suatu kawasan dengan sepeda yang dibawa oleh orang tuanya. Sementara itu, para orang tua duduk-duduk menonton sambil menikmati jajanan. Meski berada di tengah kota, namun banyak orang yang tampak menikmati suasana sore hari. Ada pula yang sengaja menginap di belakang untuk memotret matahari terbenam sebagai backdrop foto.

Fasilitas di Danau Kenanga

Telaga Kenanga terletak di antara Gedung Rektorat Balairung dan Masjid UI. Tidak ada area parkir khusus pengunjung karena area ini merupakan area penyeberangan umum. Kebanyakan pengunjung datang untuk beristirahat sambil lewat atau untuk mengambil foto pada acara wisuda. Selain gedung rektorat, kawasan hutan kota dan danau kota menjadi kesempatan berfoto bagi pengunjung.

Sayangnya, tidak banyak tempat duduk di tempat teduh ini. Pengunjung yang ingin piknik harus membawa tikar untuk diduduki. Lokasinya dekat dengan masjid kampus UI sehingga sangat memudahkan jika ingin beribadah.

Bila perlu, pengunjung bisa menumpang ke toilet masjid. Makanan, minuman atau jajanan bisa dibeli di kantin yang berada tidak jauh dari danau. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 10.000 hingga 20.000.

Lokasi Danau Kenanga UI

Telaga Kenanga terletak di Komplek Kampus UI Depok. Meskipun antarmuka memiliki stasiun Jalur komuter Danau ini sendiri bisa dijangkau lebih dekat dari stasiun kereta Pondok Cina. Pengunjung hanya perlu berjalan kaki 6 menit dari stasiun ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button