Berita Wisata

Pesona alam pantai ‘Surga’ di tepi laut di Situbondo – Kantor Berita Online Nasional Indonesia

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNational.id – Destinasi wisata alam tepi laut di Labuhan Merak, Taman Nasional Baluran, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur memiliki keunikan dan keindahan alam tersendiri.

Panorama alam pantai yang tersimpan di Labuhan Merak, kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo, meliputi Pantai Sijile, Pantai Bilik, Pantai Merak, Pantai Lempuyang, Pantai Kakapa, Pantai Balanan, Pantai Sirondo dan Pantai Batu Hitam serta Pantai Runput Emas. Setiap pantai di kawasan Labuhan Merak memiliki keindahan pemandangan yang unik.

Salah satunya, potensi pesona panorama alam yang tersimpan di Pantai Bilik sangat beragam dan sangat cocok jika menjadi incaran kunjungan wisata bagi semua orang. Nuansa pantai Bilik ini begitu menawan. Selain ombaknya yang tenang, Pantai Bilik juga memiliki jalur menuju tempat yang mirip pulau kecil.

Pantai Bilik dilengkapi pos jaga untuk petugas taman nasional, toilet dan hammock untuk bersantai. Pantai Bilik juga sangat direkomendasikan untuk wisatawan terbatas yang memang ingin menyatu dengan alam.

Keindahan alam panorama dasar laut Pantai Bilik juga menjadi daya tarik tersendiri. Memang, terumbu karang dan biota laut di dasar laut Pantai Bilik sangat beragam. Meski keberadaan Pantai Bilik masih belum didukung dengan fasilitas yang memadai. Namun pesona panorama alam pantai “perawan” ini juga terdapat penyewaan kano dan perahu untuk mengamati terumbu karang.

Pantai Bilik merupakan tempat yang tepat bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan jauh dari hiruk pikuk kota. Pantai Bilik memiliki latar padang savana Pegunungan Baluran. Pantai Bilik juga menjadi tempat yang sering dipilih para petualang untuk membuka tenda dan bermalam. Perasaan menginap di Pantai Bilik relatif aman. Memang akan diawasi oleh agen dari Labuhan Merak Resort.

Tidak hanya itu nuansa alam Pantai Bilik, wisatawan juga akan dimanjakan oleh kicauan burung liar yang merdu dari pagi hingga siang hari dan anda bisa menyaksikan sunrise dari upuk timur dan sunset dari upuk timur.’upuk barat. Nuansa ini tidak terdapat di pantai-pantai lain di Kabupaten Situbondo, hanya ada di Pantai Bilik Labuhan Merak, Taman Nasional Baluran, Situbondo.

Untuk mendukung perkembangan destinasi wisata Pantai Bilik Labuhan Merak diperlukan pembangunan infrastruktur dengan harapan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan mampu menumbuhkan nilai ekonomi bagi masyarakat setempat.

Jika didukung dengan pengembangan dan fasilitas yang memadai, potensi destinasi wisata di Labuhan Merak khususnya Pantai Bilik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung dan mengagumi keindahan panorama alam pantai Bilik yang tersembunyi.

Pantai Bilik masih merupakan pantai yang asri dan alami dengan pemandangan yang eksotis, sayang sekali jika tidak mengunjungi pantai ini. Dalam perjalanan ke pantai, itu benar-benar menyenangkan. Sebab, dalam perjalanan, Anda bisa menikmati panorama lain di sekitar kawasan Labuhan Merak Taman Nasional Baluran Situbondo.

Untuk menuju lokasi destinasi wisata pantai alami di Labuhan Merak kawasan Taman Nasional Baluran ini, wisatawan bisa masuk melalui Gerbang Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dan harus terlebih dahulu berhenti di Pos Watu Tumpuk.

Bagi wisatawan yang akan menikmati indahnya destinasi wisata alam Pantai Labuhan Merak Taman Nasional Baluran ini juga dapat ditempuh melalui jalur laut dengan menggunakan jasa perahu nelayan setempat. Selama perjalanan laut, wisatawan dapat menikmati keindahan terumbu karang.

Destinasi wisata Labuhan Merak di Taman Nasional Baluran Situbondo akan disulap menjadi objek wisata pantai yang ramah lingkungan dan melestarikan alam di Taman Nasional Labuhan Merak Baluran Situbondo.

Nuansa Pantai Bilik di Labuhan Merak, Kawasan Taman Nasional Pantai ‘Paradise’ Baluran di Kabupaten Situbondo (As’ad Zuhadi Anwar/BeritaNasional.id)

Saat ini Pemda Kabupaten Situbondo bekerja sama dengan Taman Nasional Baluran Situbondo telah membangun jalan akses sepanjang sekitar 10 kilometer. Jalan akses dibangun dari pintu masuk desa Sumberwaru ke dusun Merak di kawasan Labuhan Merak Taman Nasional Baluran.

Dengan dibangunnya jalan akses ini akan memudahkan wisatawan untuk menikmati panorama alam Pantai Sijile, Pantai Bilik, Pantai Merak, Pantai Lempuyang, Kakapa, Pantai Balanan, Pantai Sirondo dan Pantai Batu Hitam serta Pantai Runput Emas terletak di kawasan Labuhan Merak, Taman Nasional Baluran, Situbondo.

Taman Nasional Baluran Situbondo bekerjasama dengan pihak swasta akan mengembangkan wisata alam pantai di Labuhan Merak. Rencananya, pantai pertama Sijile dan Bilik akan dikembangkan menjadi obyek wisata pantai alami ramah lingkungan yang bertujuan untuk membangkitkan pundi-pundi ekonomi masyarakat Dusun Merak dan sekitarnya. (As’ad Zuhaidi Anwar)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button