Tempat Wisata

Pesona Gili Putih Sumberkima, surga bahari yang tersembunyi di Buleleng Bali

Pesona Gili Putih Sumberkima, surga bahari yang tersembunyi di Buleleng Bali
Biaya tur: Dari Rp 350.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sumberkima, Kec. Gerokgak, Cab.Buleleng, Bali; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Gili Putih Sumberkima merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang mungkin belum banyak dikunjungi. Bukan hanya karena masih baru, tapi karena letaknya yang terpencil, banyak wisatawan yang tidak mengetahui keberadaannya. Namun saat Anda mengikuti wisata ini, Anda pasti akan merasakan perasaan bahagia dan takjub.

Karena banyak sekali objek wisata yang dimiliki, artinya keindahan alam yang mempesona tentunya. Birunya air laut yang sangat jernih salah satunya, kamu juga bisa melihat alam bawah laut di bawah. Berbentuk seperti pulau kecil, wisata menawan ini seperti pantai dengan ciri khas pasir putihnya yang lembut.

Bali adalah sebuah pulau yang memiliki banyak pantai yang indah dan indah. Toh, ada ratusan pantai di pulau dewata ini, beberapa di antaranya belum terjamah wisatawan. Selain pantai, Bali juga memiliki banyak pulau kecil yang indah dan menawan yang menjadikannya tujuan wisata utama.

Daya tarik Gili Sumberkima putih

Daya tarik Gili Putih SumberkimaKredit Foto: Google Maps Irwanto E

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang salah satu pulau yang penuh pesona yaitu Gili Putih Sumberkima. Wisatawan yang datang kesini dijamin tidak akan kecewa dengan pesona yang dimilikinya. Karena banyak daya tarik yang seolah menjadi magnet.

1. Keunikan Gili Putih Sumberkima

Ada yang unik dari wisata bahari di Bali, yaitu skalanya yang terus berubah. Benua ini sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi saat itu belum sebesar itu. Melalui proses alami, lama kelamaan, daratan menjadi lebih luas dari sebelumnya. Gili yang awalnya hanya berupa gundukan pasir, kini membentuk sebuah pulau kecil nan eksotik.

Hingga saat ini, luasnya terus berubah, bukan karena proses alam, melainkan karena pasang surut air laut. Saat air pasang, luas Gili Putih Sumberkima hanya 600 meter persegi. Berbeda saat air laut surut, luas pulau cantik ini bisa mencapai 1 hingga 3 hektar.

Saat air surut, Anda bisa berjalan menuju lokasi dari Pantai Penggambetan. Jaraknya cukup jauh, sekitar 1,5 kilometer. Namun, perjalanan tersebut selalu dibarengi dengan angin yang menenangkan dan birunya air laut. Saat air pasang hanya bisa dicapai dengan perahu.

2. Pulau dengan air laut biru jernih

Daya tarik Gili Putih selanjutnya berasal dari pesona alamnya yang begitu eksotik dan membuat takjub setiap orang yang melihatnya. Sebut saja dari air biru yang sangat jernih. Saking jelasnya Anda bisa melihat biota laut di bawah yang sebagian besar dihuni oleh terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang bersembunyi.

Air jernih ini pun menampakkan keindahannya saat ditiup angin sehingga menimbulkan gelombang atau gelombang kecil. Saat air sedang tinggi dimana daratan semakin mengecil, wisatawan bisa melihat pasir yang terendam dengan warna yang masih putih bersih. Perpaduan semua warna air biru, terumbu karang hijau dan pasir putih berpadu indah.

3. Barisan pegunungan yang eksotis

Di Gili Putih Sumberkima Anda tidak hanya melihat birunya air laut. Anda pun akan dimanjakan dengan pesona deretan pegunungan yang eksotik. Dari kejauhan masih cukup jelas di hari yang cerah, menandakan gunung tersebut sangat besar.

Perbukitan pun tak mau ketinggalan menunjukkan pesonanya. Kontur bukit yang khas terlihat jelas, begitu pula dengan warna hijau pepohonan yang tumbuh subur. Langit cerah dengan awan putih membuat pemandangan semakin eksotis dan kunjungan ke wisata indah ini dijamin membuat Anda betah berlama-lama.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gili Putih SumberkimaKredit foto: Google Maps Moch Munib

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Gili Putih Sumberkima, anda harus mengetahui terlebih dahulu dimana lokasinya. Secara geografis, pulau eksotis ini terletak di Mandarsari, Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Jarak dari Denpasar sangat jauh, jadi sebaiknya memulai perjalanan dari pusat Buleleng.

Jarak ke pusat kota Buleleng sekitar 60 kilometer, tentunya masih cukup jauh. Jarak tersebut biasanya dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 30 menit menggunakan kendaraan bermotor dengan kecepatan rata-rata. Untuk rute terbaik silahkan ambil Jalan Singaraja – Gilimanuk yang merupakan jalan satu arah dengan Pantai Pemuteran.

Selama perjalanan Anda ke Gili Putih Sumberkima Anda akan menemukan banyak pantai yang indah dan eksotis. Meski jauh, perjalanan dijamin tak terpengaruh angin laut yang berhembus. Agar tidak salah dalam berkendara di jalan raya, harap gunakan aplikasi peta digital, mis. misalnya Google Maps.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Tentunya sebelum anda mengunjungi tempat wisata, anda harus membuat budget terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan sebagian besar tempat wisata memiliki tiket masuk sebagai syarat utamanya. Selain itu, Anda juga membutuhkan biaya akomodasi selama perjalanan menuju lokasi.

Untungnya, Gili Putih Sumberkima tidak memungut biaya masuk. Dengan demikian Anda bebas memasuki lokasi kapan saja sesuai dengan jadwal tour. Tapi bukan berarti tidak ada biaya apapun. Untuk mencapai tempat itu saat air pasang Anda perlu menyewa perahu yang disediakan.

Harga sewa perahu ke pulau eksotik ini bervariasi namun umumnya berkisar antara 350.000 hingga 450.000.000 rupiah. Harga tersebut bukan untuk satu orang melainkan untuk sekitar 5 sampai 6 wisatawan. Ini berarti Anda dapat lebih berhemat karena Anda membagi biaya ini dengan penumpang lain.

Aktivitas menarik di Gili Putih Sumberkima

Aktivitas menarik di Gili Putih SumberkimaKredit foto: Google Maps Budy Umalas

Gili Putih Sumberkima merupakan wisata yang menawarkan keindahan sebagai daya tarik utamanya. Di sini pun, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang dijamin seru dan tak terlupakan. Kami telah merangkum kegiatan terkait sebagai berikut!

1. Nikmati keajaiban alam

Aktivitas pertama yang harus Anda lakukan saat berada di tempat wisata di Buleleng ini adalah menikmati keindahannya. Sayang sekali jika memejamkan mata karena pesona yang dimilikinya membuat semua orang terkagum-kagum. Mulai dari laut yang jernih dan biru, gugusan gunung dan bukit serta pantai berpasir, semuanya terlihat sangat indah.

2. Berenang dan snorkeling

Berenang merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di Gili Putih Sumberkima. Air laut disini tidak terlalu dalam, ombaknya juga relatif tenang sehingga cocok untuk berenang. Tidak cukup berenang? Anda bisa menyelam atau snorkeling untuk melihat biota laut.

3. Memancing

Selain dua kegiatan di atas, ada juga kegiatan lain yang berkaitan dengan hobi. Aktivitas yang dimaksud adalah memancing, cocok untuk menikmati pesona alam yang indah. Pulau ini masih alami dan jarang dijamah tangan manusia. Biota laut yang alami adalah tempat berkumpulnya ikan-ikan, membuat kegiatan memancing semakin seru.

4. Berburu spot foto

Malu jika hanya melihat pesona dan keunikan Gili Putih Sumberkima. Artinya, Anda dijamin rugi jika tidak mengabadikan momen liburan di sini dengan aktivitas foto. Oleh karena itu, Anda harus dipersenjatai dengan kamera terbaik dan mengosongkan sebagian ruang sebelum berkunjung.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Gili Putih SumberkimaKredit foto: Google Maps Moch Munib

Wisata indah yang kita bahas kali ini adalah sebuah pulau kecil dengan keunikan dan keindahannya. Kalau ditanya perlengkapannya tentu masih sangat kurang dibandingkan dengan wisata lainnya. Di sini tidak ada toilet, juga warung dan tempat ibadah. Namun untuk tempat bersantai, ada beberapa kabin dan ayunan yang bisa digunakan.

Bali sudah lama dikenal sebagai pulau yang mampu memikat wisatawan. Tak hanya turis lokal, turis mancanegara juga menyebutnya sebagai surganya para pelancong. Gili Putih Sumberkima hanyalah salah satu wisata yang indah dan mempesona. Meski minim fasilitas, tempat ini tetap layak dikunjungi untuk mengisi liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button