Berita Wisata

Pesona Keindahan Waduk Wisata Sempor di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah

Wisata Waduk Sempor Kebumen – Tak hanya kaya akan pantainya yang indah, Kabupaten Kebumen juga mengoleksi banyak tempat wisata alam lainnya yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Ada wisata pemandian air panas dan beberapa gua kuno. Kemegahan bendungan atau waduk Sempor tak terkecuali di kawasan pegunungan selatan Serayu.

Intinya, Kebumen adalah tujuan ideal bagi para petualang alam di Jawa Tengah. Jika Anda memang memiliki rencana liburan ke Kebumen, pastikan Waduk Sempor masuk dalam daftar kunjungan Anda. Tempat wisata ini terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Baca juga: Destinasi Wisata Instagramable Air Terjun Bengkwah di Pemalang

Daya Tarik Waduk Sempor di Kebumen

tangki semprot

Waduk Sempor merupakan bendungan yang menghubungkan Sungai Jatinegara (Sungai Sempor) dan Sungai Cicingguling yang bermuara ke Samudera Hindia. Meski berada di ketinggian sekitar 30 meter di atas permukaan laut dengan suhu tinggi karena dekat dengan pantai, bendungan ini memiliki suasana yang sejuk dan menenangkan.

Udara di kawasan ini cenderung sejuk karena Bendungan Sempor terletak di kaki Pegunungan Serayu Selatan yang ditumbuhi berbagai pepohonan. Pemandangan alamnya juga sangat memukau dengan latar sabuk perbukitan yang mengelilingi kawasan tersebut. Perasaan damai dan tenang mendominasi danau buatan ini.

Dengan demikian, selain fungsi utamanya sebagai sarana irigasi teknis bagi ribuan hektar sawah, waduk ini juga memiliki potensi wisata yang besar. Berkat pemandangannya yang sangat indah, bendungan ini menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Kebumen. Cocok untuk semua orang, termasuk kunjungan keluarga.

Mengenai sejarah Waduk Sempor di Kebumen, pembangunan danau buatan ini dimulai pada tahun 1958 dan selesai pada tahun 1978. Jauh sebelum itu, potensi kawasan Sempor yang cocok untuk pembangunan waduk telah diketahui ketika pemerintah Belanda berkuasa di Indonesia. Tepatnya pada tahun 1916.

Sejarah pembangunannya juga diselimuti tragedi. Pada tahun 1967, ketika masih berupa timbunan tanah, bendungan ini jebol dan menyebabkan 127 korban jiwa pekerja Proyek Sempor. Untuk mengenang peristiwa tersebut, Tugu Sempor dibangun dan diresmikan pada tahun 1978 di kawasan waduk.

Saat ini menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Kebumen, Bendungan Sempor memungkinkan wisatawan untuk menikmati berbagai aktivitas menarik. Santai saja menikmati suasana atau jelajahi kawasan waduk untuk menemukan sudut keindahan yang berbeda. Anda juga dapat melakukan perjalanan di sepanjang perairan dengan perahu.

Bendungan Sempor Kebumen juga menjadi destinasi favorit para pemancing. Jika Anda suka memancing, Anda bisa melakukannya. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah pada pagi atau sore hari. Daerah ini juga terkenal sebagai tempat untuk menikmati matahari terbit. Jadi, jangan lewatkan keindahan matahari terbit di sini.

Fasilitas wisata dan harga tiket masuk

tangki semprot

Sebagai salah satu tempat wisata terkenal di Kebumen, Waduk Sempor dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Untuk menunjang kegiatan wisata, saat ini telah tersedia berbagai atraksi wisata air, seperti kapal pesiar, bebek, sampan dan lain-lain. Ada juga fasilitas untuk bersepeda dan jogging santai.

Fasilitas umum juga cukup memadai, antara lain lahan parkir yang luas untuk kendaraan, mushola, tempat istirahat berupa gazebo, toilet umum. Serta deretan warung makan dan minum. Saat berlibur di objek wisata waduk ini, jangan lupa untuk mencicipi kuliner terkenal Tempe Mendoan yang terkenal enak dan ukurannya yang besar.

Jika Anda membutuhkan akomodasi, ada banyak di dekatnya. Bahkan, ada fasilitas untuk seminar, pertemuan bisnis dan kegiatan lainnya. Sedangkan untuk tiket masuk Waduk Sempor Kebumen, pengunjung hanya membayar tiket Rp 5.000. Biaya lainnya adalah untuk parkir dan sewa wahana air.

Lokasi dan Rute Waduk Sempor

tangki semprot

Kawasan Bendungan Sempor secara administratif berada di Desa Sempor, Kec. Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasinya mudah dijangkau, sekitar 29 kilometer atau 50 menit dengan mobil dari pusat kota Kebumen. Jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, ada angkutan umum. Melihat Sebuah peta.

Waduk Sempor dekat dengan kota Gombong, sekitar 7 kilometer atau 15 menit berkendara ke arah utara. Gombong juga merupakan tujuan wisata terkenal di Kebumen. Jika Anda ingin terus menjelajahi pantai, jaraknya sekitar satu jam perjalanan ke selatan. Pantai Surumani adalah salah satu rekomendasi pantai terbaik.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button