Berita Wisata

Pesona Lembah Harau, nikmati keindahan lembah yang dikelilingi tebing batu di Sumatera Utara

JURNALACEH.COM– Lembah Harau adalah sebuah lembah bersisi curam atau biasa disebut “jurang” yang terletak di dekat kota Payakumbuh di kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Utara.

Lembah ini diapit oleh dua bukit berbatu terjal berupa batupasir berwarna dengan ketinggian mencapai 100 hingga 500 meter.

Untuk sampai di Lembah Harau, Anda hanya perlu menempuh jarak 44 km dari Bukit Tinggi menuju Pekanbaru dan Riau, sekitar jam 1h30. Anda dapat menggunakan transportasi umum atau menyewa minibus dan sepeda motor.

Baca Juga: Wisata Pantai Indrayanti, Spot Foto Terbaru 2023 dan Harga Tiket Masuk

Lembah Harau juga disebut-sebut sebagai salah satu lembah terindah di Indonesia dan mendapat julukan Lembah Yosemite Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California.

Tidak hanya keindahan lembah yang bisa anda nikmati, di lembah Harau juga terdapat air terjun yang disebut Air Terjun Bunta atau masyarakat sekitar lembah Harau menyebutnya Sarasah Bunta. Dari air terjun ini, air manis yang sejuk mengalir dari dataran tinggi dan ketika matahari bersinar, terlihat seperti bidadari sedang mandi karena unta mengalir dari air terjun. Inilah yang membuat air terjun ini disebut Sarasah Bunta.

Di kaki air terjun ini juga terdapat monumen peninggalan Belanda yang membuktikan bahwa Lembah Harau telah dikunjungi wisatawan sejak tahun 1926.

Baca Juga: HeHa Sky View, Wisata Viral Yogyakarta dengan Spot Foto Estetis dan Instagenic di Tahun 2023

Lembah Harau sendiri sebenarnya merupakan cagar alam setelah dilakukan survei oleh tim geologi Jerman pada tahun 1980 dengan luas 669 hektar. Tempat ini telah ditetapkan sebagai cagar alam sejak 10 Januari 1993.

Berbagai tanaman hutan hujan dataran tinggi yang dilindungi terdapat di Cagar Alam Lembah Harau, seiring dengan keberadaan sejumlah hewan langka asli Sumatera, salah satunya adalah monyet ekor panjang.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button