Berita Wisata

Pesona luar biasa negeri di atas awan, Desa Wisata Tangkeno Bombana

“Sulawesi Tenggara memiliki banyak destinasi wisata alam yang menawarkan pesona yang mempesona, destinasi tersebut berada di Kabupaten Bombana, namanya Desa Wisata Tangkeno”

BOMBANA, TELISIK.ID – Sulawesi Tenggara memiliki banyak destinasi wisata alam yang menawarkan pesona mempesona. Destinasi-destinasi tersebut berada di Kabupaten Bombana, namanya Desa Wisata Tangkeno, sebuah tempat wisata indah yang menampilkan suasana khas pedesaan dan nuansa panorama alam. Kecantikan.

Secara administratif Desa Wisata Tangkeno terletak di Desa Tangkeno, Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Dilansir dari wisata.bomanakab.go.id, Desa Wisata Tangkenio merupakan destinasi wisata yang menjadi ikon destinasi wisata di Pulau Kabaena selain Pulau Sagori. Berada di ketinggian 700 mdpl dan memiliki udara yang segar serta dijuluki negeri di atas awan.


Baca juga : Air terjun Tondopi yang megah di Bombana tingginya mencapai 15 meter

Posisi Desa Wisata Tangkone yang berada di ketinggian 700 mdpl membuat udaranya sangat sejuk dengan pemandangan alam yang mampu memukau wisatawan dengan kesejukan pegunungannya.

Destinasi wisata alam yang memukau, Desa Wisata Tangkeno dijuluki negeri di atas awan. Foto: Celebes.id

Dari destinasi wisata Desa Tangkeno Telisikers bisa melihat hamparan awan, itulah mengapa Tangkeno dijuluki negeri di atas awan Kabupaten Bombana. Panoramanya pasti membuat Telisikers terkagum-kagum.

Kepala Dinas Parisawata Kabupaten Bombana, Sri Prihatin menjelaskan, di desa wisata Tangkeno terdapat alun-alun yang disebut Plaza Tangkeno, tempat berkumpulnya para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan indah dan udara segar.Plaza Tangkeno berhadapan langsung dengan Gunung Watu Sangia dan Gunung Watu Sangia. laut dimana kita bisa melihat Pulau Sagori dari sini.

“Wisatawan banyak berkunjung ke desa ini untuk berswafoto dan berfoto pemandangan alam yang indah, apalagi saat event tahunan pariwisata Tangkeno Festival yang sering diadakan pada bulan September setiap tahunnya oleh Dinas Pariwisata,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bombana Sri Prihatin. pada Kamis (8/12)/2022).

Hal senada juga diungkapkan Wasriati, salah satu wisatawan yang pernah berkunjung dan menyaksikan secara langsung keindahan panorama alam yang luar biasa yang membuatnya merasa nyaman dan destinasi lain di Desa Wisata Tangkeno menjadi daya tarik tersendiri.

Alun-alun yang diberi nama Plaza Tangkeno ini menjadi tempat berkumpulnya para wisatawan. Foto: Tangkapan layar video Youtube resmi Wispora Bombana

Menariknya, dari desa Tangkeno banyak wisata yang bisa dikunjungi, terdapat beberapa benteng, air terjun, dan yang paling ramai dikunjungi orang di Tangkeno adalah Plaza Tangkeno.

Baca juga : Pesona eksotis Gua Watuburi Bombana yang merupakan situs prasejarah

“Kami tentu merasa tenang dan puas, penat dan penat terbayar saat melihat pemandangan Desa Wisata Tangkeno ini,” ujar Wasrianti, warga Desa Emokolo, Kecamatan Kabaena Utara, Kabupaten Bombana.

Sebelumnya dilansir Telisik.id, destinasi Desa Wisata Tangkeno sudah memiliki hak merek dagang atau hak paten dengan nama Destinasi Wisata Tangkeno Negeri di Awan. Hak merek di destinasi ini dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) Republik Indonesia.

Diberikan kepada Janariah yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bombana (Kadispora) tahun 2019 dengan nomor registrasi IDM000824516. Destinasi Wisata Tangkeno Negeri di Atas Awan akan didaftarkan selama 10 tahun, yakni hingga tahun 2029.

Bagi Telisikers yang ingin mengunjungi dan menikmati keindahan Desa Wisata Tangkeno secara langsung, destinasi wisata ini dapat ditempuh dengan menggunakan perahu melalui ibu kota Bombana, Rumbia selama kurang lebih 5 jam dan dilanjutkan melalui jalur darat sekitar 1,5 jam dari pelabuhan Sekeli. Kabena. (B-Adv)

Penulis : The Ode Andi Rahmat

Penerbit: Kardin

* BACA BERITA TERBARU LEBIH LANJUT BERITA GOOGLE

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button