Tempat Wisata

Pesona Pantai Banyu Tibo, surga laut yang tersembunyi di Pacitan

Pesona Pantai Banyu Tibo, surga laut yang tersembunyi di Pacitan
harga tiket: Rp3.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Widoro, Kec. Donorojo, Cab.Pacitan, Jawa Timur; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pantai Banyu Tibo adalah sebuah pantai di Desa Widoro, Kabupaten Pacitan. Pantai indah ini berada di sebelah barat Kabupaten Pacitan, jika anda berada di pusat kota Pacitan harus menempuh jarak sekitar 40 kilometer.

Pantai ini sangat terkenal dengan kawasannya yang memiliki pesona luar biasa, seperti surga tersembunyi dengan pasir putih bersih. Pantai yang mempesona ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan pastinya tidak akan membuat siapapun bosan untuk sering mengunjunginya.

Pantai dengan air berwarna biru kehijauan yang mampu menyegarkan mata saat memandang membuat setiap orang yang berkunjung merasa sangat nyaman. Bagi anda yang belum pernah mengunjungi pantai ini tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail segala sesuatu yang berhubungan dengan Pantai Banyu Tibo.

Daya tarik itu milik Pantai Banyu Tibo

Objek wisata Pantai Banyu TiboKredit Foto: Google Maps Stephanie Jessy JS

Anda tidak perlu lagi meragukan daya tarik dari pantai itu sendiri, karena itulah banyak wisatawan yang mengunjunginya.

1. Pesona Pantai Banyu Tibo

Nama pantai Banyu Tibo sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti air yang jatuh. Air terjun di pantai ini tidak mengering, meski musim kemarau sudah mulai. Untuk sampai ke pantai itu sendiri Anda harus sedikit berhati-hati karena jalannya agak curam dan Anda harus menuruni tangga permanen dan manual untuk sampai ke pantai.

Daya tarik lainnya adalah saat sunset tiba pantai ini adalah pantai untuk anda jika ingin menikmati suasana senja saat sunset, bonusnya anda juga bisa melihat indahnya langit pagi saat matahari terbit jika anda menikmati malam bermalam disana pantai.

2. Air terjun dan pantai menjadi satu

Struktur pantai ini sendiri hampir menyerupai tebing kecil, sehingga untuk mencapainya tentu membutuhkan sedikit usaha agar bisa menikmati pantai dan air terjun sekaligus. Garis pantainya juga tidak terlalu panjang karena tertutup tebing-tebing lainnya.

Jika Anda ingin berenang di bawah air terjun, Anda juga harus berhati-hati dengan ombak di sini, karena ombaknya cukup besar dan jarak dari pantai ke air terjun hanya beberapa meter. Jadi anda perlu melihat keadaannya terlebih dahulu, saat air sedang surut anda bisa menikmati air terjun, namun saat air pasang sebaiknya menjauhi pantai.

Anda tetap bisa menikmati keindahan pantai dengan melakukan aktivitas lain, mis. B. Berfoto di atas tebing dan melihat ombak dari atas. Selain itu bagi anda yang hobi memancing, pantai ini adalah surganya para nelayan, banyaknya bebatuan dan tebing yang pasti dihuni oleh beberapa biota laut, anda bisa menggunakan teknik rock fishing untuk mendapatkan joran anda dengan mudah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Banyu TiboKredit foto: Google Maps Tri Junaedi Sabri

Namun, jika Anda memutuskan untuk mengambil jalan utama Solo – Pacitan, Anda akan menemukan pertigaan di dekat Masjid Raya Punung di Jawa Timur. Setelah itu anda tinggal mengikuti jalur Goa Gong dan selanjutnya menuju jalur Kalak.

Sesampainya di Desa Widoro Anda tinggal mengikuti rambu yang telah disediakan. Pastikan Anda membaca tanda-tandanya dengan benar agar tidak salah!

Sarana transportasi untuk menuju pantai indah ini pun beragam, namun lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor karena akses transportasi umum agak sulit.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Bagi Anda yang suka berwisata namun juga tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam, Pantai Banyu Tibo adalah tempat yang wajib Anda kunjungi. Harga tiket masuknya pun bervariasi, namun tentunya tidak akan menguras kantong Anda. Harga tiket dibagi menjadi akhir pekan dan hari kerja, jika tidak, perbedaan juga dibuat antara anak-anak dan orang dewasa.

Tiket berbayar untuk anak-anak hanya Rp 2.000 pada hari kerja dan Rp 3.000 pada akhir pekan. Untuk tiket dewasa di hari kerja harganya Rp 3.000 sedangkan di akhir pekan hanya Rp 5.000, murah bukan? Biaya parkir yang terlibat juga murah yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 jika Anda mengemudi.

Pantai Banyu Tibo tidak memiliki jam buka, artinya Anda bisa mengunjunginya kapan saja karena pantai ini buka 24 jam. Tapi ingat pasti tidak akan ada petugas atau pengunjung lain di malam hari, jadi usahakan datang pada waktu yang masuk akal.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Banyu Tibo

Aktivitas seru di Pantai Banyu TiboKredit foto: Google Maps Bagus Reza Erlangga

Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan disini? Pastinya kamu penasaran banget dengan aktivitas yang bisa kamu nikmati, berikut detailnya.

1. Ambil foto di spot terbaik

Sudah bukan rahasia lagi, saat berkunjung ke pantai perlu mengabadikannya dengan kamera, baik kamera DSLR maupun kamera handphone, namun setiap pantai tentunya memiliki ciri khas tertentu yang membuat spot fotonya berbeda-beda, seperti halnya Pantai Banyu Tibo. Spot foto pertama adalah air terjun. Hah air terjun di pantai? Benar sekali, Anda bisa menikmati nuansa pantai dan air terjun sekaligus di pantai menawan ini. Air terjun dengan ketinggian sedang ini berada tepat di pinggir pantai, jadi pasti sangat indah bukan?

Spot foto yang kedua adalah saat sunset atau matahari terbenam, saat sunset anda bisa menikmati langit romantis bersama orang tersayang dengan sajian khas pantai, dan tentunya sangat bagus jika momen ini di abadikan dengan handphone anda dan di posting di sosial media.

2. Menikmati keindahan pantai

Saat pertama kali menginjakkan kaki anda akan disambut dengan pemandangan sungai yang jernih dengan nuansa pedesaan yang sangat kental disertai hembusan angin sepoi-sepoi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan dengan makan di warung-warung yang ada di sekitar Pantai Banyu Tibo yang sudah tersedia, salah satunya Kepiting Mutiara. Menu yang satu ini menjadi andalan stand di sini dan lobster ini dikenal sebagai lobster yang paling enak.

Selain itu, di warung ini anda juga bisa menikmati pemandangan air terjun dan pantai sekaligus, perlu diingat bahwa air dari sungai ini adalah air yang berasal dari sungai alami, lebih tepatnya dari gunung. musim semi, Bisakah Anda bayangkan betapa segarnya itu? Selain itu, pantai yang indah ini juga memiliki sebuah jembatan di mana Anda dapat mengambil foto yang menyenangkan sambil menggunakan sungai untuk berenang.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai Banyu TiboKredit foto: Google Maps Imam Fahrudin

Karena pantai ini sangat ramai maka fasilitas yang disediakan pengelola pantai pun tidak sembarangan, fasilitas di pantai indah ini cukup lengkap dan nyaman untuk digunakan.

  • Akomodasi
  • kedai kopi
  • restoran
  • Kamar mandi yang nyaman
  • Menjembatani
  • area parkir

Sekian informasi mengenai Pantai Banyu Tibo yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas bermanfaat dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button