Tempat Wisata

Pesona Pantai Kampa, surga laut yang tersembunyi di Kepulauan Konawe

Pesona Pantai Kampa, surga laut yang tersembunyi di Kepulauan Konawe
harga tiket: Rp 15.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Wawonii Barat, Kab.Konawe, Sulawesi Tenggara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Nusantara memiliki beragam tempat wisata indah yang tersebar di setiap provinsinya. Salah satunya adalah Sulawesi Tenggara yang memiliki segudang tempat wisata menarik untuk ditawarkan.

Dijuluki Bumi Anoa, provinsi ini memiliki maskot wisata tersendiri hampir di setiap daerah. Sebut saja Pulau Wawonii di Desa Wawo Bili, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Kepulauan Konawe yang dikenal sebagai negeri 1.000 air terjun. Yang saat ini menyediakan tempat-tempat yang indah dan menarik serta bisa dijadikan rekomendasi untuk mengisi liburan. Salah satunya adalah pesona Pantai Kampa.

Pantai Kampa adalah anugerah bagi penduduk dan pengunjung, menawarkan suasana alam yang indah dan mempesona. Pantainya juga sangat bersih dan bebas dari polusi. Hal itu terlihat dari kebiasaan masyarakat setempat yang selalu peduli terhadap lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

Untuk mencapai Pantai Kampa, hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dengan kapal feri dari Kendari. Namun jika ingin perjalanan lebih cepat, sebaiknya menggunakan perahu kayu dengan waktu tempuh sekitar 1-1,5 jam. Karena kapal kayu akan segera berangkat, tanpa harus menunggu kapasitas kapal penuh.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Kampa

Objek wisata Pantai KampaKredit foto: Google Maps Bro Ri

Jika Anda berkunjung ke Sulawesi Tenggara, jangan lewatkan tempat ini. Karena atraksi yang diberikan pasti bisa membuat anda terpukau dan tidak ingin pulang. Meski demikian, tempat wisata tersebut masing-masing tersembunyi karena belum terkuak seperti tempat wisata lainnya.

1. Permukaan pasir putih

Saat Anda masuk dari jalan utama Anda dihadapkan pada hamparan pasir putih yang sangat luas di sepanjang pantai. Hal ini akan membuat pengunjung terpesona karena suasananya yang bersih dan tidak terlalu panas. Pihak pengelola juga telah menyediakan beberapa fasilitas penunjang bagi pengunjung, seperti sunbed, alat snorkeling, stand untuk mengisi perut, dan lain sebagainya.

Di pantai berpasir yang luas dan halus Anda dapat bersantai sambil mandi di pasir. ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga paru-paru. Anda bisa menghabiskan waktu di pantai ini dengan membaca koran atau dongeng indah sambil menunggu matahari terbenam.

Tempat ke-2 untuk melihat matahari terbenam

Wajib bagi pecinta sunset untuk mengunjungi tempat ini. Pemandangan matahari terbenam di Pantai Kampa bisa kamu saksikan dengan jelas, apalagi sekarang sudah disediakan penerangan di sekitar pantai untuk para pengunjung. Sehingga pengunjung merasa aman karena pengelola menanganinya dengan benar.

Sebelum menyaksikan matahari terbenam, Anda akan disuguhi angin sejuk dan keindahan kelapa yang bergoyang. Di sekitar pantai banyak terdapat pohon kelapa yang berbuah banyak. Sehingga pengunjung tidak kesulitan jika haus dan ingin membeli es krim kelapa muda.

3. Bawah air yang indah

Selain pesona daratannya, pantai ini juga menawarkan keindahan bawah laut yang sungguh memanjakan mata. Anda bisa naik perahu ke tengah laut atau berenang dengan alat yang bisa disewa dari pengelola. Keindahan terumbu karang dan fauna bawah laut yang beraneka ragam pasti akan memukau mata Anda dan membuat Anda ingin menyelam lebih dalam ke tengahnya.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan masalah ombak yang keras, karena pengelola terlatih membantu mereka melihat terumbu karang. Pengunjung yang ingin melihat terumbu karang biasanya diantar dengan perahu dan diperlihatkan spot-spot yang paling menarik untuk melihat terumbu karang.

4. Suasana damai dan air laut jernih

Meski merupakan tempat wisata populer di Sulawesi Utara, namun sebenarnya sangat sepi dan damai. Selain itu, air lautnya yang biru jernih menjadikan tempat ini tempat yang populer untuk relaksasi dan liburan keluarga. Kondisinya yang masih asri membuat betah tinggal di tempat ini.

5. Tempat selfie

Saat mengunjungi tempat wisata, mengabadikan momen merupakan hal yang penting. Dari awal perjalanan menuju pantai anda akan disambut oleh penduduk yang ramah dan luasnya hutan. Kemudian Anda akan disambut di pantai dengan hamparan pasir yang sangat luas dengan pepohonan dan keindahan alam di bawah laut. Apalagi kini spot-spot tersebut dikerahkan untuk mengabadikan momen menjemur kursi dan tersibuk di depan papan nama Pantai Kampang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Kepulauan Kampa KonaweKredit foto: Google Maps Bro Ri

Destinasi wisata Pantai Kampa yang terletak di Desa Wawo Bili, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe ini tidaklah sulit karena berada tidak jauh dari pusat kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Namun demikian, Anda harus mencapai Langara, ibu kota Kepulauan Konawe, dengan feri atau kapal kayu dalam waktu sekitar 2 jam, dari mana pantai hanya berjarak sekitar 5 km.

Perjalanan Anda akan terbayar di tempat tujuan karena pesona alam yang diberikan tidak ada bandingannya dengan perjalanan yang dilakukan. Tiket masuk ke pantai ini juga sangat murah, turis mancanegara cukup membayar 20.000 dan 15.000 untuk turis domestik.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Kampa

Aktivitas seru di Pantai KampaKredit Foto: Google Maps Moh fahzrun l Fajrun

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di Pantai Kampa untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Kegiatan ini tentunya sangat menyenangkan dan aman di pantai ini. Sebagian besar kegiatan tersebut dilakukan oleh hampir semua pengunjung yang datang ke pantai ini.

1. Menikmati suasana pantai

Tujuan utama berwisata ke pantai adalah untuk menikmati keindahan alamnya dengan berbagai hal yang ada di dalamnya. Mulai dari pasir putih, fauna bawah laut dan juga terumbu karang Pantai Kampa yang memukau.

2. Berenang dan snorkeling

Anda juga bisa berenang di pantai ini sambil menikmati keindahan alam bawah laut yang mempesona. Jika Anda belum tahu cara berenang yang benar, sudah ada pemandu yang siap menemani Anda menikmati keindahan alam. Biasanya para pengunjung diajak ke spot-spot yang menjadi tempat utama terumbu karang dan fauna bawah laut.

Pantai Kampa juga banyak dijadikan spot snorkeling oleh pengunjung, terutama pengunjung mancanegara yang menyukai olahraga adrenalin. Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap dan juga murah.

3. Memancing

Ketika Anda mendengar kata pantai atau laut, memancing muncul di benak Anda. Di Pantai Kampa Anda juga bisa mempraktekkan kegiatan ini, baik itu di tengah laut maupun memancing di tepi pantai. Jika ingin mancing dari laut hanya perlu menyewa joran, namun jika berada di tengah pantai harus menyewa perahu.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai KampaSumber gambar: Google Maps Rahmat Phulu

Fasilitas Pantai Kampa bisa dibilang sangat lengkap. Karena pengelola sudah menyediakan persewaan peralatan, baik untuk snorkling, mancing, berenang dan lain sebagainya.

Tempat ini juga memiliki tim petugas yang tugasnya membantu pengunjung ketika terjadi kesalahan. Ketersediaan tempat sampah juga sangat banyak tersebar di seluruh pantai, tak heran jika pantai ini sangat bersih.

Pengunjung juga tidak akan kesulitan jika ingin mengisi perut yang lapar, karena sudah ada tempat khusus yang menawarkan berbagai jenis menu khas Sulawesi Tenggara.

Jadi mulailah merencanakan waktu liburan Anda bersama keluarga dan orang-orang tersayang di Pantai Kampa yang menawan di Kabupaten Kepulauan Konawe sekarang juga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button