Berita Wisata

Pesona pantai Koka Maumere yang luar biasa, cocok untuk liburan

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Kristin Adal

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE- Pesona Pantai Koka di Maumere, Kabupaten Sikka memang tak perlu diragukan lagi. Pemandangan alamnya memukau wisatawan yang berkunjung. Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang berlibur di Pulau Flores.

Surga tersembunyi di Pulau Flores ini terletak di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Rute perjalanan Anda menuju Pantai Koka dimulai dari Kota Maumere dengan jarak sekitar 48 kilometer ke arah barat. Namun jalan menuju pintu masuk pantai Koka Maumere belum diaspal dan rusak.

Kondisi jalan ini bisa membuat Anda lelah. Tenang saja, sesampainya di Pantai Koka, pengunjung atau wisatawan disuguhi pemandangan pantai yang menawan ini.

Baca Juga: Wisata Maumere, Menikmati Pesona Pantai Ogor Paret di Waihama Doreng Sikka

Hamparan pasir putih nan lembut memanjakan telapak kaki pengunjung. Ada dua sisi pantai yang berbeda. Di sisi barat terdapat hamparan pasir putih sepanjang 100 meter sedangkan di sisi selatan terdapat hamparan pasir putih dengan panjang 200 meter.

Ada depresi membentuk tanjung kecil di setiap sisi. Air lautnya yang jernih dan berwarna biru kehijauan meramu keindahan. Tak salah jika Pantai Koka kerap dijuluki The Dream Beach atau pantai impian.

Kekhasan kawasan Pantai Koka adalah tebing yang mengelilingi Pantai Koka sangat luas dan memiliki dua bukit hijau sebagai latar belakangnya. Kedua bukit kecil berwarna hijau ini diberi nama Perbukitan Ndate Sare di pesisir timur dan Perbukitan Rodja di sebelah barat.

Di bukit Rodja terdapat sebuah tebing dengan ketinggian sekitar 100 meter. Tak jauh dari bibir pantai, terdapat sebuah batu besar menyerupai kuda. Dinamakan Watu Jara (Batu Kuda), bagian kepalanya terendam air, sedangkan ekornya terkubur dalam pasir. Bagi Anda yang menyukai foto, setiap jahitannya Instagrammable dan estetis.

Di sini pengunjung bisa snorkeling, tapi di sekitar bibir. Pemandangan bawah laut Pantai Koka juga sangat mempesona. Ada berbagai terumbu karang hidup dan biota laut yang tidak boleh dilewatkan oleh para penyelam scuba.

Ombak di Pantai Koka bisa mencapai 1,5 meter dengan dampak yang kuat. Bagi yang suka berselancar, Anda bisa menguji nyali di Pantai Koka.

Jauh dari keramaian dan tanpa polusi. Di Pantai Koka, Anda bisa melihat kawanan burung terbang bebas dan hinggap di pepohonan sekitar pantai.

Suasana tenang dan angin sepoi-sepoi dari pantai memungkinkan Anda mengisi ulang baterai dengan nyaman selama liburan. Bersantai di bawah pohon dan berbaring di atas pasir.

Tiket masuk ke pantai ini berlaku untuk wisatawan. Biaya masuk per orang adalah Rp 10.000 per orang. Jika membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir, Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Travelers tidak perlu khawatir jika haus atau lapar. warung sederhana dan kecil menyiapkan menu sederhana dan ramah pengguna. Ada kelapa muda, kopi, teh, pisang goreng, jagung muda dan aneka jajanan.

Ada beberapa gazebo sederhana buatan warga. Lopo ini bisa kita gunakan untuk berteduh atau bersantai. Fasilitas pendukung di Pantai Koka kurang memadai, seperti akomodasi. Ingat, ingat untuk selalu menjaga kebersihan di Pantai Koka.

Berita perjalanan lainnya

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button