Tempat Wisata

Pesona Pucok Krueng, Pemandian Alami Eksotis di Aceh Besar

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kab.Aceh Besar, Aceh.; map: Cek lokasi

Berbicara tentang keindahan alam Indonesia, dari Sabang hingga Merauke, keindahan alam bisa Anda temukan di banyak tempat. Provinsi Aceh sebagai salah satu provinsi di Indonesia juga memiliki potensi wisata alam yang luar biasa dan tidak kalah dengan daerah lainnya. Kali ini kita akan membahas salah satu tempat wisata alam di Aceh Besar yaitu Pucok Krueng.

Sesuai dengan namanya, Pucok Krueng – yang berarti “hulu sungai” dalam bahasa Indonesia – terletak di kabupaten Aceh Besar. Wisata alam ini merupakan wisata alam kolam renang alam dengan batuan karst tinggi yang mengelilinginya. Meski akses menuju tempat ini tidak terlalu sulit, akses jalan yang belum beraspal menjadi faktor rendahnya kehadiran tempat wisata ini.

Satu hal yang patut diacungi jempol di kawasan ini adalah pedesaannya yang masih alami. Meski belum banyak fasilitas pendukung di tempat wisata ini dan tidak banyak yang bisa dilakukan, namun pemandangan yang indah dan suhu udara yang sejuk menjadikan Pucok Krueng sebagai tempat wisata yang layak dikunjungi di Aceh.

Daya Tarik Pucok Krueng

Atraksi Pucok KruengKredit foto: Google Maps Irfan Munadi

1. Kolam Pirus Alami

Jika sebagian besar warna kolam alami adalah hijau tua, Anda akan menemukan kolam dengan warna pirus yang begitu mempesona di lokasi ini. Kolam ini menjadi salah satu daya tarik Pucok Krueng.

Kolam alami ini membentang cukup sedikit, meski luasnya masih jauh lebih kecil dari luas danau. Selain itu, ada juga bagian kolam yang terletak di bawah dua tebing runtuh. Meski menarik untuk dikunjungi, bagian kolam di bawah kedua tebing ini merupakan tempat rawan seseorang kehabisan oksigen saat berenang.

Karena bahayanya lebih besar daripada manfaatnya, ditambah dengan adanya kasus tenggelam yang pernah terjadi, pengunjung dilarang berenang selama beberapa tahun. Agar aman, tidak ada salahnya untuk mengindahkan peringatan terlampir.

2. Keanekaragaman formasi bentang alam

Tebing-tebing yang menjulang tinggi di tempat wisata ini merupakan bagian dari kawasan karst yang sering dikunjungi masyarakat. Karst sendiri secara singkat dapat diartikan sebagai kawasan batugamping. Tidak heran Anda bisa melihat berbagai bentang alam – mulai dari perbukitan, gua, dolina (kolam) hingga stalaktit dan stalagmit.

Gua-gua dan pemandangan alam yang berbeda inilah yang menjadi daya tarik selanjutnya di Pucok Krueng. Namun, untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai lanskap ini, Anda mungkin perlu menjelajahi wilayah tempat ini lebih dalam. Ini tidak disarankan karena tidak ada yang bisa menjamin keselamatan Anda saat menjelajahi daerah tersebut.

3. Lingkungan yang indah

Meski kawasan ini tidak begitu jauh dari kota besar seperti Banda Aceh, Anda tetap bisa menikmati kondisi alam yang begitu terjaga dengan baik di Pucok Krueng. Sebelum mencapai lokasi Anda akan dihadapkan dengan hamparan sawah dan perkebunan rakyat kemudian dilanjutkan ke kawasan hutan.

Sesampainya di tempat tersebut, Anda pasti akan dibuat takjub dengan keindahan tebing dan kolam berwarna biru kehijauan. Pepohonan berdiri di sana-sini, rerumputan ditata sedemikian rupa sehingga rasanya rugi jika tidak menggelar tikar piknik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pucok KruengKredit foto: Google Maps Zulfikar Coet

Pucok Krueng terletak di Mon Ikeun, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Anda tidak perlu menempuh jarak ratusan kilometer dari Banda Aceh, ibu kota provinsi Aceh. Anda hanya perlu menempuh jarak 18 kilometer melalui rute: Jl. Teuku Umar – Jl. Editing Nyak Dien – Jl. Banda Aceh-Calang – Jl. Banda Aceh-Meulaboh – Jl. PT Sai-Jl. Pucuk Krueng.

Anda bisa menggunakan peta online untuk menuju lokasi kolam alami di lokasi ini, namun jangan ragu untuk bertanya kepada masyarakat sekitar. Menurut tinjauan situs ini, peta online sering dianggap “menyesatkan” sehingga Anda disarankan untuk memeriksa petunjuk arah dengan kotamadya setempat.

Untuk menuju ke tempat tersebut sebaiknya membawa kendaraan pribadi baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika Anda meninggalkan kota, Anda mungkin dapat menggunakan layanan transportasi online. Namun, mendapatkan kendaraan untuk kembali ke kota bisa sangat sulit.

Perlu diingat juga bahwa jalan menuju lokasi (Jl. Pucuk Krueng) masih belum beraspal dan bisa berlumpur, terutama saat musim hujan. Disarankan juga untuk pulang sebelum matahari terbenam karena jalan menuju Pucok Krueng tidak menyala.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket masuk Pucok KruengKredit foto: Google Maps Muhammad Akbar

Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk untuk masuk ke tempat wisata Pucok Krueng. Hal ini dikarenakan belum adanya manajemen khusus yang mengelola kawasan wisata alam ini. Oleh karena itu, pengelolaan resor wisata ini diserahkan kepada pemerintah kota sekitarnya.

Namun, bukan berarti Anda tidak harus memasuki kawasan wisata ini sama sekali. Umumnya, Anda akan dikenakan biaya pembersihan sebesar Rp 5.000. Biaya parkir juga menggunakan nilai nominal yang sama. Namun, dengan biaya yang minim Anda bisa mendapatkan pemandangan yang sangat indah dan alami.

Kegiatan menarik di Pucok Krueng

Kegiatan menarik di Pucok KruengSumber gambar: Twitter Travellink Indonesia

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata alam di Aceh Besar ini, misalnya:

1. Nikmati pemandangan alam

Sebelum sampai di lokasi, Anda akan melewati hutan kecil yang didahului persawahan dan perkebunan warga. Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman berkendara di jalanan yang “berbeda” dengan jalanan perkotaan, jalan menuju Pucok Krueng bisa menjadi tempat latihan Anda. Tidak untuk off-road memang, tapi kamu tetap harus waspada saat melintasi jalanan yang sepi.

Setelah melewati jalan yang tidak begitu mulus, semua rasa lelah akan hilang saat melihat bebatuan karst yang lebat ditumbuhi pepohonan di sekitarnya. Ekosistem karst di tempat ini tidak perlu diragukan lagi, karena tempat wisatanya masih asri.

2. Piknik bersama keluarga

Meski tidak banyak fasilitas yang tersedia, Anda bisa bersantai di tempat wisata ini bersama keluarga atau orang tersayang. Suasana tenang di sekitar tempat wisata dan pemandangan indah di sekelilingnya pasti akan menghilangkan penat dan kejenuhan Anda.

3. Ambil foto Ria

Di era media sosial ini, mengunjungi tempat wisata tanpa menghabiskan waktu untuk berfoto terasa membosankan. Apalagi jika background untuk berfoto sebagus kolam alami dan bebatuan karst di Pucok Krueng. Warna hijau yang dipadukan dengan minimnya fasilitas buatan membuat tempat ini sangat cocok untuk hunting foto landscape.

4. Memancing

Meski tidak banyak orang yang melakukannya, terkadang Anda bisa menemukan orang memancing di kawasan wisata. Tidak ada biaya untuk memancing, tetapi pastikan Anda membawa peralatan dan izin Anda sendiri ke pengelola lokasi.

5. Berenang

Warna kolam alami di tempat ini adalah pirus dan terlihat begitu segar. Siapa pun yang suka berenang tentu akan segera tertarik ‘Bangunan’‘. Meski ada himbauan dari pihak kepolisian setempat untuk tidak berenang di sini, namun terkadang ada warga yang tertarik untuk berenang. Banding itu muncul setelah seorang korban tenggelam saat berenang.

Jika Anda ingin berenang di sini, berhati-hatilah untuk tidak berenang sejauh itu. Cobalah untuk menghindari kolam di celah tebing meskipun bagian ini sangat menarik untuk dijelajahi. Juga, hindari menyelam terlalu dalam. Tidak ada tim penyelamat di lokasi ini, jadi Anda bertanggung jawab atas keselamatan pribadi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pucok KruengSumber gambar: Google Maps Deppie Ixs

Padahal, tidak banyak fasilitas yang ditawarkan tempat wisata ini. Di pintu masuk pertama Anda pasti akan menemukan parkir campuran yang dikelola oleh kotamadya sekitarnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, siapkan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Harga untuk kendaraan roda dua dan roda empat dapat berbeda.

Selain itu, di tempat wisata Pucok Krueng, Anda akan menemukan warung-warung kecil dan tempat duduk yang mungkin tidak cukup. Bahkan tidak banyak makanan yang dijual di warung-warung yang tersedia, jadi sebaiknya Anda membawa makanan sendiri dari rumah.

Terdapat juga mushola terbuka (tanpa dinding) di kawasan lokasi wisata ini. Toilet sebagai salah satu fasilitas penting tersedia di lokasi. Kebersihan fasilitas di tempat ini bisa dikatakan baik, walaupun dibandingkan dengan fasilitas di tempat wisata lainnya, fasilitas wisata di tempat ini masih perlu banyak ditingkatkan.

Meski dengan fasilitas yang bisa dibilang “minimal”, tak ada salahnya jika Anda berkunjung ke Pucok Krueng untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota besar dan Pantai Lhoknga menjadikan destinasi alam ini layak untuk dikunjungi Daftar Keinginan dalam kunjungan ke Aceh Besar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button