Tempat Wisata

Pesona Pulau Bonetambu, spot terbaik pecinta snorkeling di Makassar

Pesona Pulau Bonetambu, spot terbaik pecinta snorkeling di Makassar
Biaya tur: Mulai Rp 15.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Barrang Caddy, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pulau Bonetambu merupakan salah satu pulau eksotis di antara gugusan pulau kecil di Makassar, Sulawesi Selatan. Penduduk setempat menyebut pulau ini “Sangkarang” atau sering disebut sebagai pulau yang kaya akan keanekaragaman hayati di bawah laut.

Pulau ini terletak di Desa Barang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar. Luas pulau ini dua kali luas lapangan sepak bola internasional, bisa dibilang pulau ini cukup kecil.

Pulau ini hanya dihuni 130 keluarga dan mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Pulau ini juga memiliki beragam keindahan yang bisa Anda nikmati untuk berlibur. Pulau ini juga sering dikunjungi saat libur nasional.

Selain itu, pulau ini juga relatif sepi pengunjung saat musim libur nasional, sehingga Anda bisa menikmati suasana dan keindahan pulau ini saat musim liburan. Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa keindahan dan aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau Bonetambu.

Daya Tarik Pulau Bonetambu

Daya Tarik Pulau BonetambuSumber Gambar: Saluran Google Maps ZK

1. Snorkeling dan Diving Terbaik

Pulau Bonetambu merupakan salah satu pulau yang menawarkan aktivitas snorkeling dan diving terbaik di Indonesia. Bahkan, pulau ini juga masuk dalam rangkaian pulau dengan Segitiga Terumbu Karang Dunia atau Coral Triangle.

Selain terumbu karang, sebagai turis Anda bisa melihat berbagai biota laut lainnya seperti cumi-cumi, bulu babi, bintang laut dan berbagai ikan kecil hingga ikan besar.

2. Kedalaman dangkal

Bagian barat Pulau Bonetambu memiliki kedalaman laut 5 hingga 18 meter. Dengan kedalaman tersebut, pulau ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin menyelam. Sedangkan bagian selatan memiliki kedalaman laut hingga 1 meter hingga 21 meter.

Selain pulau ini juga terdapat kedalaman dangkal yang cukup luas dan besar. Wisatawan menyebut kedalaman dangkal ini Bonebatang. Untuk menikmati keindahan Pulau Bonebatang, wisatawan harus menunggu air laut surut hingga pasir putih pantainya muncul ke permukaan.

3. Pohon kelapa di sekitar pantai

Keunikan lainnya adalah pulau ini hanya bisa ditanami pohon kelapa. Ada banyak pohon kelapa yang rindang di pulau cantik ini.

4. Kegiatan Menyelam di Pulau Bonetambu

Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Bonetambu adalah scuba diving. Saat scuba diving, Anda akan menemukan berbagai spesies laut yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Bisa saja bermain scuba diving, Anda akan menemukan spesies yang belum pernah Anda lihat sebelumnya, dan Anda bisa memegangnya dan melihatnya dari dekat. Tapi waspadalah terhadap makhluk laut.

Jika Anda pemula dalam scuba diving, tidak perlu khawatir karena ada area bermain khusus untuk pemula. Jadi anda tidak perlu takut untuk bermain di area pulau.

5. Bermain snorkeling di Pulau Bonetambu

Selain menyelam, Anda juga bisa bermain snorkeling di pulau ini. Pulau Bonetambu menawarkan spot yang tepat untuk snorkeling. Selain itu, Anda juga dapat menemukan dan melihat berbagai jenis makhluk laut.

Yang jelas, Anda akan menemukan beberapa hewan berbeda yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Jadi, snorkeling di pulau ini akan menambah pengalaman Anda dan menambah koleksi hewan yang pernah Anda lihat sebelumnya.

Bagi Anda yang ingin snorkeling atau menyelam di lepas pantai, Anda bisa menyewa perahu kecil 40 pk dengan harga bervariasi. Jika ingin menyewa di Pelabuhan Paotere harganya berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 1.000.000.

Alamat, lokasi rute dan biaya wisata pulau

Retribusi Wisata Pulau BonetambuKredit foto: Google Maps Ryan Leonard

Pulau eksotis ini terletak di Desa Barang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Hampir mirip dengan Pulau Sanane, Anda harus menyeberang dengan perahu untuk mendarat di pulau ini. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam dan bisa lebih lama dari pelabuhan utama yaitu Pelabuhan Paotere.

Ongkos menyeberang ke Pulau Bonetambu juga murah, sekitar Rp 15.000-20.000. Selain itu, Anda juga dapat menyewa perahu di Pelabuhan Paotere dengan biaya sekitar Rp 600.000-1.000.000.

Untuk liburan di pulau ini, harga tiket per orang bisa saja berubah. Harga yang diiklankan berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per orang. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Aktivitas seru di Pulau Bonetambu

Aktivitas seru di Pulau BonetambuKredit foto: Google Maps 18_Vivi Alfiansyah

Mungkin Anda salah satu wisatawan yang tidak suka snorkeling atau diving, namun keindahan pulau ini bisa Anda nikmati dengan beberapa aktivitas sederhana lainnya seperti bermain air di pantai, berfoto selfie, duduk di tepi pantai atau bermain dengan putih. pasir.

Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Bonetambu jika Anda tidak menyukai aktivitas air di atas.

1. Bermain air di pantai

Aktivitas mudah yang bisa Anda lakukan adalah bermain air di pantai. Kegiatan ini tidak membutuhkan banyak tenaga dan bisa dilakukan dengan santai.

Bermain di pantai juga bisa melihat berbagai biota laut bertebaran di sekitar rumput laut yang bergoyang.

2. Berfoto selfie di pantai

Selain aktivitas air di atas, Anda juga bisa berfoto selfie di pantai. Pulau Bonetambu memiliki keindahan yang mungkin tidak akan Anda lihat dua kali. Jadi aktivitas yang disarankan adalah Selfie.

Pantai ini memiliki banyak spot foto seperti di atas jembatan, di atas perahu atau di samping perahu, di sekitar pohon kelapa dan tempat-tempat indah lainnya.

3. Berkemah di Pulau Bonetambu

Meski terdapat beberapa jenis akomodasi di pulau cantik ini, sebagian besar wisatawan lebih memilih untuk bermalam di tenda. Karena mereka lebih suka bermalam di tenda.

Ditambah dengan angin laut yang sejuk dan pemandangan yang indah, wisatawan memilih untuk menginap di tenda.

Ombak dari pantai-pantai di kawasan pulau juga tidak terlalu kencang sehingga wisatawan merasa tenang dan nyaman mendengarkan suara ombak pantai.

4. Akomodasi di Pulau Bonetambu

Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada penginapan di sekitar Pulau Bonetambu? Jawabannya ada. Meski bukan hotel mewah, Anda bisa menginap di pulau ini.

Harga penginapan yang diiklankan juga relatif murah lho. Harga akomodasi yang disediakan tergantung pada jumlah rombongan yang datang dan lama menginap.

Harga yang diiklankan relatif murah, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Sangat murah bukan? Meski begitu, perbandingan wisatawan yang menginap jauh lebih besar dibandingkan dengan yang menginap di penginapan.

Namun kembali ke pilihan Anda apakah akan lebih nyaman di penginapan atau di tenda.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau BonetambuKredit foto: Google Maps Ryan Leonard

Fasilitas umum yang ada di pulau ini adalah :

  • Kapal,
  • Toilet,
  • Masjid,
  • restoran
  • dan beberapa badan publik lainnya.

Tempat ini juga bagus untuk berkemah.

Itulah beberapa aktivitas dan keindahan Pulau Bonetambu. Apakah Anda tertarik mengunjungi pulau ini? Nikmati keindahan pulau di Makassar ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button