Berita Wisata

Pesona pulau Maitara Ternate, lokasi asli uang kertas pecahan Rp 1.000 kuno

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, Pulau Maitara yang tercantum dalam uang kertas 1.000 rupee terbitan 2000 menjadi salah satu daya tarik wisata utama Kota Ternate di Maluku Utara.

Pemandangan di balik uang kertas Rp 1.000 memperlihatkan lukisan keindahan alam Pulau Tidore dan Pulau Maitara yang menakjubkan.

Baca juga :

“Saya melihat keindahan di salah satu puncak tertinggi Ternate, menghadap ke Pulau Maitara dan Tidore,” kata Sandiaga dalam keterangan resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Lanjutnya, tempat melihat persis sama dengan yang ada pada uang pecahan Rp 1.000 lama.

Menariknya, dari Telaga Ngade di desa Fitu, wisatawan bisa melihat pemandangan yang lebih istimewa dari sebuah telaga yang tidak ada di lukisan uang kertas seribu rupiah.

Wisatawan menikmati pemandangan Pulau Maitara, Pulau Tidore, dan Danau Laguna di Desa Fitu, Ternate, Maluku Utara, Minggu (28/05/2017).  Tampak belakang uang kertas seribu rupiah memperlihatkan lukisan Pulau Tidore, Pulau Maitara dan aktivitas nelayan menangkap ikan untuk menambah sisi humanistik lukisan uang kertas seribu rupiah.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Wisatawan menikmati pemandangan Pulau Maitara, Pulau Tidore dan Danau Laguna di Desa Fitu, Ternate, Maluku Utara, Minggu (28/05/2017). Tampak belakang uang kertas seribu rupiah memperlihatkan lukisan Pulau Tidore, Pulau Maitara dan aktivitas nelayan menangkap ikan untuk menambah sisi humanistik lukisan uang kertas seribu rupiah.

“Tapi ada yang lebih istimewa lagi. Di titik ini kita bisa melihat Pulau Maitara persis seperti uang pecahan 1.000 rupee plus danau laguna di depannya,” kata Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan, awalnya lahan destinasi wisata ini adalah milik warga. Masyarakat pun melihat potensi wisata di sana kemudian mengembangkannya sedemikian rupa hingga menjadi tujuan wisata.

Baca juga: TMII Dibuka Kembali, Sandiaga Uno Apresiasi Angkutan Listrik

“Yang menarik, tanah ini milik warga, milik Pak Ajid dan Bu Rusdian, yang awalnya bukan tujuan wisata,” kata Sandiaga.

Oleh karena itu, lanjutnya, karena masyarakat melihat potensi tersebut dan banyak warga yang berfoto sebelum pernikahanakhirnya tempat ini menjadi tujuan wisata yang penuh dengan inovasi.

Lukisan pulau maitara di uang kertas 1000 rupiah.dokumentasi lukisan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pulau Maitara dalam uang pecahan 1.000 rupee

Mengenai akses ke Danau Ngade, Anda bisa menempuh jarak 10 kilometer dari kota Ternate dan memakan waktu sekitar 30 hingga 45 menit menggunakan kendaraan roda dua atau mobil untuk sampai ke sana.

Saat tiba, wisatawan cukup membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button