Tempat Wisata

Pesona Pulau Poncan, pulau eksotis penuh sejarah di Sibolga

Pesona Pulau Poncan, pulau eksotis penuh sejarah di Sibolga

Pulau Poncan memiliki pesona tersendiri. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kota ditambah dengan birunya air laut yang tenang membuatnya populer.

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pasar Belakang, Kec. Kota Sibolga, Kota Sibolga, Sumatera Utara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Sumatera Utara memang terkenal dengan pesona pantainya yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Pulau Poncan masih terdengar asing, namun akhir-akhir ini banyak dikunjungi wisatawan karena keindahannya. Anda rela berwisata ke Sumatera Utara hanya untuk menikmati keindahannya.

Pulau ini memang dekat dengan pelabuhan perikanan. Namun nama daratan kecil ini mengacu pada dua pulau yang memiliki iklim tropis dan berbeda satu sama lain. pulau tersebut adalah Poncan Ketek dan Poncan Gadang.

Keduanya memiliki pesona yang tidak boleh dianggap remeh. Selain itu, ada juga manfaat yang terkait dengan masing-masing pulau. Namun secara keseluruhan menawarkan pesona bahari Sumatera Utara yang luar biasa.

Daya Tarik Pulau Poncan

Atraksi di Pulau PoncanSumber gambar: Google Maps Wahyu Setiawan

Jika Anda ingin pergi ke tempat wisata, Anda perlu mengetahui atraksi apa yang dimilikinya. Itu cukup penting karena jika Anda tidak memiliki daya tarik, perjalanan jauh tidak sepadan. Pemandangan indah yang diharapkan bisa menyegarkan pikiran tidak tercapai. Langsung saja ya, berikut beberapa tempat wisata yang ada di Pulau Poncan :

1. Jauh dari teluk

Perlu diketahui bahwa memang tempat wisata ini memiliki konsep bahari. Namun posisinya jauh dari teluk dan secara geografis sangat aman dari pengaruh angin laut yang kencang. Sehingga wisatawan tidak akan merasakan ombak besar atau tsunami.

Tentunya hal ini juga menjadi pertimbangan sebelum wisatawan berangkat dari dermaga menuju resort utama yaitu Pulau Poncan.

2. Banyak makhluk laut dan tumbuhan

Jika diamati lebih dekat, pulau ini awalnya terbentuk dari sedimen hewan dan tumbuhan laut jutaan tahun yang lalu. Lebih khusus lagi, selama Miosen. Selain itu, wilayah Sumatera Utara sebenarnya berada di zona Eurasia dan Indo-Australia, sehingga banyak biota laut yang indah dapat ditemukan.

Warisan indah ini harus disyukuri oleh masyarakat Indonesia. Hampir sepanjang tahun, pesona tempat ini menarik perhatian para pelancong. Baik domestik maupun turis, meski masih jarang.

3. Kaya akan sejarah

Setiap tempat di Indonesia pasti punya ceritanya sendiri. Tak terkecuali Pulau Poncan. Misteri yang sering diceritakan masyarakat lisan adalah bahwa tempat ini dulunya merupakan benteng dan tempat tinggal tentara Jepang.

Ini dibuktikan dengan beberapa temuan mengejutkan dari tim khusus yang menjelajahi situs ini. Daya tarik di atas cukup membuat wisatawan ingin mengunjunginya bukan?

Atraksi di atas didukung oleh beberapa kegiatan yang bisa dilakukan. Jadi tinggal di diskusi kali ini!

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pulau PoncanSumber gambar: Google Maps Wahyu Setiawan

Nah, memang ini adalah era yang sangat menuntut, dimana Google Maps sudah ada dan siap mengantarkan wisatawan ke lokasi yang diinginkan. Namun, alamat manual tetap diperlukan sebagai informasi tambahan.

Pulau Poncan terletak di Desa Pasar Belakang, Kota Sibolga, Sumatera Utara. Jika wisatawan berdomisili di luar Kota Sibolga, sebaiknya memilih penerbangan yang mendarat di Bandara Pinang Sori untuk rute tersebut.

Setelah mendarat, perjalanan dilanjutkan menuju Kota Sibolga. Saat wisatawan tinggal di Kota Medan, sudah banyak bus yang bisa ditumpangi. Jadi harganya berkisar antara Rp 60.000 hingga Rp 120.000 per penumpang.

Ikuti rambu ke pelabuhan Sibolga. Di sana Anda bisa memilih perahu nelayan atau perahu wisata. Biasanya sistem pembayaran yang digunakan adalah sewa atau piagam. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 15 menit.

Sangat disarankan untuk pergi ke pulau eksotis ini di pagi atau sore hari karena perjalanan perahu tidak terlalu mahal. Selain itu, ombaknya juga terbilang tenang karena laut sedang surut. Pulau cantik ini tidak memiliki jam buka tetap. Semua turis dipersilakan 24 jam sehari.

Kabar baiknya, tidak ada biaya masuk untuk menikmati keindahan alam di wisata ini. Kecuali untuk tamu yang ingin menjelajahi seluruh Pulau Sibolga dan resor laut, ada biaya untuk masing-masing lokasi tersebut.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Poncan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau PoncanSumber gambar: Google Maps Wahyu Setiawan

Berlibur di tempat yang masih sepi dan menawarkan pemandangan indah adalah dambaan setiap orang. Apalagi jika ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sana. Saat berkunjung ke Pulau Poncan, wisatawan dapat melakukan kegiatan sebagai berikut:

1. Berenang dan snorkeling

Yang pertama adalah berenang dan snorkeling. Pasti sangat menyenangkan ketika Anda sudah lama membayangkan hanya pantai berpasir putih dengan air gradasi biru laut untuk bisa berenang dan snorkeling di ujung sana.

Seperti yang sudah disebutkan, di laut banyak terdapat hewan dan tumbuhan, sehingga tidak ada alasan untuk meragukan keindahannya. Kalau bisa dibandingkan, maka setelah membersihkan bak mandi, air yang ada di Poncan adalah air bersih.

Tetap tenang, tidak akan ditemukan hewan atau tumbuhan beracun. Bahkan menurut pengalaman traveler yang pernah berkunjung ke tempat ini, tidak ada nyamuk disini.

Padahal, terumbu karangnya tidak sebanyak di Kalimantan atau lainnya. Anda akan menemukan lebih banyak kerapu, bintang, dan kuda laut.

2. Berjalan-jalan di sekitar pulau

Pulau Poncan memang menawarkan panorama yang sangat indah, tentu sayang untuk dilewatkan. Wisatawan bisa berjalan-jalan di pantai. Anda juga bisa memanjat tebing untuk berfoto dengan latar belakang pulau dan bebatuan.

Namun, ada sebuah gua di pulau itu. Namun, tidak ada yang pernah berhasil di sana. Jadi jika ingin menjelajahi tempat tersebut harus bertanya kepada pemandu lokal agar tidak tersesat.

Menariknya, iklim di pulau ini sangat stabil. Suhunya hanya sekitar 22-23 derajat Celcius. Pada malam hari akan terasa sejuk karena angin laut akan membantu. Sejauh ini dapat dipahami dengan benar?

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau Sibolga PoncanKredit foto: Proyek Google Maps KM

Bicara soal fasilitas, tentunya wisatawan tidak berharap lebih ketika ke tempat bertema alam seperti Pulau Poncan. Satu-satunya yang dimilikinya adalah akses dermaga kapal untuk pergi ke pulau lain.

Namun, jika pengunjung ingin menginap di tempat yang layak, mereka dapat menyewa kamar di resor Sibolga. Namanya Sibolga Marine Resort. Harga per kamar untuk satu malam sekitar Rp 400.000.

Mengingat pulau ini cukup luas, sayang sekali jika hanya singgah sejenak. Alternatif jika ingin menginap adalah dengan membawa tenda dari rumah dengan segala perlengkapan masak, makanan dan minumannya.

Juga, tidak ada toilet. Jadi tempat ini memang sangat cocok bagi siapa saja yang ingin belajar bertahan hidup di alam liar. Namun saat bersama orang tersayang, suasananya akan semakin seru.

Pulau Poncan memang tidak ada habisnya jika dibicarakan. Pilihan terbaik adalah pergi langsung ke situs. Boleh atau tidaknya menggunakan pemandu wisata mengingat rutenya sudah dijelaskan di atas. Jika wisatawan ingin lebih aman, mereka bisa membayar warga setempat untuk menjadi pemandu wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button