Berita Wisata

Pesona tempat wisata Situ Gede di balik legenda besar Eyang Prabudilaya

BERITA SWASTA – Situ Gede merupakan salah satu objek wisata alam kota Tasikmalaya yang sangat terkenal. Pesona danau yang memiliki luas 47 hektar ini ternyata memiliki legenda besar di Priangan Timur yaitu legenda Eyang Prabudilaya.

Seperti yang diceritakan Kunci Kunci (Kuncen) Situ Gede Mbah Herman, Situ Gede memiliki legenda terkait meninggalnya raja muda Sumedang Larang, yaitu Eyang Prabudilaya atau Prabu Adilaya.

“Di tengahnya ada pulau, ada makom Prabu Adilaya yang dikenal dengan Prabudilaya, dia sosok raja muda mahkota Sumedang Larang,” kata Mbah Herman saat diwawancarai, Selasa, 3 Januari 2018. 2023.

Baca juga: Gempa Berkekuatan 4,9 Skala Richter Terjadi di Pangandaran, Warga Merasakan Getarannya Cukup Lama

Mbah Herman adalah wali atau kuncen dari pewaris ketiga Situ Gede. Dia diangkat pada tahun 2005 pada pertemuan Wali Jawa Barat.

“Saya mulai jadi kuncen tahun 2005, banyak peziarah yang datang, terutama dari Banten, Jakarta, Jawa Timur. Biasanya kirim doa, tapi ada juga yang minta hadiah kaya, tapi saya larang,” ujarnya.

Ia mengatakan legenda kematian Eyang Prabudilaya dibunuh oleh istrinya karena kecemburuan dan kesalahpahaman.

Baca Juga: Cara Mencari Acara TV RCTI, MNCTV dan Global di Apple DVD T2 Matrix Top Box

“Ceritanya Eyang Prabudilaya dibunuh oleh kedua istrinya, yaitu Nyi Mas Karembong dan Nyi Mas Siliwati, Nenek dibunuh karena lalai memenuhi kewajibannya menafkahi spritualnya, karena nenek fokus belajar ilmu Kanuragan dan Islam. ,” dia berkata.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button