Berita Wisata

Pesona Wisata Alam Air Terjun Cunca Lega di Rahong Manggarai

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Kristin Adal

TRIBUNFLORES.COM, Maumere- Keindahan alam Manggarai, Nusa Tenggara Timur menawarkan pesona tersendiri sebagai bagian dari pariwisata di Pulau Flores.

Salah satunya adalah pesona keindahan alam Air Terjun Cunca Lega di Desa Tebo, Dusun Pasah, Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahong Utara. Wisata alam ini memiliki nuansa tersendiri saat dijelajahi.

Kekayaan alam yang melimpah mulai dari hutan, gunung dan sawah menghidupi masyarakatnya, khususnya masyarakat Desa Tebo. Air Terjun Cunca Lega yang juga dikenal dengan nama Air Terjun Tengku Lese merupakan air terjun bertingkat dua dengan ketinggian sekitar 25 meter.

Air dari air terjun ini mengairi sawah-sawah milik para petani di tempat ini. Datang saat musim membajak, Anda akan melihat para petani membajak sawah menggunakan kerbau. Karena jalur yang ditempuh menyusuri persawahan.

Panorama alam ini bisa Anda lihat saat berkunjung ke air terjun Cunca Lega. Untuk melihat keindahan Air Terjun Cunca Lega, Anda harus melalui jalan dari Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai.

Waktu tempuh sekitar 2 jam dan bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Rute terpendek yang bisa ditempuh adalah Liang Bua, 15 km dari cunca Lega.

Baca Juga: Nikmati Wisata Flores, Turis Asing Jelajah Rute Pantai Utara Flores dengan Sepeda


Kendaraan Anda hanya bisa sampai di Kampung Nanu, Desa Buar-Rahong Utara. Dari desa ini perjalanan yang sulit dimulai, Anda harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer menuju desa Tebo.

Melewati jalan tanah dan bebatuan akan memberikan sensasi petualangan yang mendebarkan. Pemandangan alam di lokasi air terjun ini sangat indah dan megah.

Jalur perjalanan yang landai dan melewati tembok irigasi menantang perjalanan Anda. Kondisi ini tak akan membuat nyali Anda ciut karena perbukitan hijau, hutan rimbun, dan sawah berundak yang eksotik memanjakan mata.

Sawah di kaki air terjun Cunca LegaTeras sawah di kaki air terjun Cunca Lega (TRIBUNFLORES.COM/ANDREAS DOS SANTOS)

Sesampainya di kaki air terjun Cunca Lega, Anda langsung disambut oleh gemuruh air terjun bertingkat dua ini. Pada musim hujan debit air terjun Cunca Lega besar dan deras, namun pada musim kemarau debit airnya tidak sebesar pada musim hujan. Saat musim hujan, pengunjung disarankan untuk tidak mandi karena arus air sangat deras.

Selain merasakan kesejukan air terjun ini, Anda akan dapat melihat keindahan sawah berundak yang terus menerus bertingkat di lahan miring.

Area hutan hijau di sekitar air terjun membuat udara semakin sejuk. Berada di tempat ini sebentar akan menghilangkan rasa lelah dan memberikan suasana hati yang tenang.

Di Kawasan Wisata Alam Cunca Lega tidak terdapat rest area atau pertokoan yang menjual makanan atau minuman.

Sebelum datang, jangan lupa untuk mempersiapkan dan membawa bekal. Satu hal lagi, kita harus menjaga kelestarian alam di tempat ini.

Berita perjalanan lainnya

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button