Berita Wisata

Pesta akhir tahun di Lagoi 2023 bersiap mendatangkan banyak wisatawan mancanegara

BINTAN, SIJORITODAY.com – – Ribuan orang merayakan pergantian tahun di kawasan wisata Lagoi. Beragam hiburan berlangsung sejak Sabtu malam (31/12) hingga malam tahun baru.

Tidak kurang dari 380 pelari berpartisipasi dalam acara KasmaRun 2022. KasmaRun dimulai pukul 16:00 dengan lari santai sejauh 5 km di trek yang sangat bagus. Keseruan lainnya, para peserta mengumpulkan 6 stiker di sepanjang rute untuk mendapatkan doorprize menarik.

Peserta juga mengabadikan foto selfie di beberapa spot foto di lintasan KasmaRun seperti patung Hang Tuah, Laksamana Cheng Ho, Gadjah Mada, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro dan Sang Nila Utama yang berdiri megah di tepi teluk Danau Lagoi.

Foto peserta harus diunggah ke saluran Instagram peserta untuk mendapatkan like terbanyak. Tiga orang yang beruntung akan menerima voucher Rs 200.000 di Kampung Peranakan di area Lagoi Bay.

Perayaan lainnya juga disuguhkan dengan makan malam yang menyenangkan sambil menikmati penampilan dari Street Magician, Street Drum Performance, penampilan dari band Roadroots dan DJ AnQ sebelum Countdown dan pesta kembang api untuk menyambut Tahun Baru 2023.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengapresiasi langkah PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Lagoi untuk terus berinovasi dalam menggelar event-event menarik. KasmaRun 2022, kata dia, merupakan upaya menarik minat wisatawan untuk datang ke Bintan dan menghabiskan waktu di kawasan wisata Lagoi.

“Mari berharap 3 tahun pandemi benar-benar bisa berakhir. Juga, kemarin kita belajar dari Presiden bahwa PPKM telah dicabut di seluruh Indonesia, yang semoga tahun 2023 benar-benar menjadi tahun kebangkitan ekonomi kerakyatan,” jelasnya.

Dengan adanya kerjasama ini, Roby yakin di tahun 2023 antusiasme wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bintan akan kembali bangkit. “Kita lihat (data kunjungan turis mancanegara) dalam 3 bulan terakhir, okupansi hotel di Lagoi meningkat signifikan,” jelasnya.

Dengan kemajuan tersebut, Roby yakin PAD Bintan akan kembali seperti sebelum pandemi Covid-19 melanda. “Target kami PAD sektor pariwisata mencapai Rp 200 miliar,” katanya.

Sementara itu, jelas GGM PT BRC Abdul Wahab, berbagai upaya untuk menarik wisatawan mancanegara terus dilakukan. Selain itu, saat ini tersedia 2.500 kamar dan akan ditambah 1.000 kamar lagi untuk menampung kedatangan wisatawan mancanegara di kawasan wisata Lagoi.

Bahkan, kata dia, pihaknya bersama Pemprov Kepri dan Pemkab Bintan akan menerapkan sistem flight card bagi kedatangan wisatawan asal China. Dalam sehari, 1.000 wisatawan asal negeri tirai bambu itu akan masuk ke Indonesia melalui pintu masuk Batam dan Tanjungpinang.

“Dan itu akan menambah hampir 1.000 tamu setiap harinya karena 5 charter per charter flight 200 orang satu hari akan mendatangkan seribu orang,” jelasnya.

Saat ini, 40.000 tamu datang, terutama dari Singapura, dan akan terus bertambah di masa mendatang. Wahab meyakini jika kunjungan berjalan seperti hari ini, pariwisata Bintan 2023 akan kembali normal.

“Harapan kami, pesawat charter yang lebih awal bisa mendarat di Tanjungpinang dan melakukan perjalanan ke kawasan Lagoi dan sekitarnya,” harapnya. (oksi)

Versi cetak, PDF, dan email

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button