Tempat Wisata

Peta, Jalur Pendakian Merbabu Lewat Selo, Hanya Butuh Waktu 8 Jam!

Peta, Jalur Pendakian Merbabu Lewat Selo, Hanya Butuh Waktu 8 Jam!

Pendakian Merbabu lewat Selo – Mendaki Gunung Merbabu ternyata bisa mendatangkan kepuasan tersendiri bagi para pendaki. Dari sekian banyak gunung yang ada di Jawa Tengah, Gunung Merbabu menjadi salah satu gunung yang paling digemari para pendaki, khususnya pemula. Pasalnya, jalur pendakian menuju Gunung Merbabu dikenal cukup mudah dan banyak pilihan jalur yang bisa dipilih.

Peta Salatiga SeloPeta Salatiga Selo

Saat ini terdapat 5 jalur pendakian di Gunung Merbabu. Di antaranya jalur Selo lewat Boyolali dan empat jalur lainnya di Magelang yakni jalur Cunthel, jalur Swanting, jalur Thekelan, dan jalur Wekas.

Jalur yang paling populer di kalangan pendaki adalah jalur Selo melalui Kabupaten Boyolali. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jalur pendakian Gunung Merbabu yang melewati jalur Selo di kabupaten tersebut. Boyolali.

Jalur pendakian menuju Gunung Merbabu melalui Selo

Jalur pendakian menuju Gunung Merbabu melalui SeloJalur pendakian menuju Gunung Merbabu melalui Selo

Jalur Selo merupakan jalur yang paling mudah dan ramah, ditambah lagi banyak pemandangan alam indah yang akan Anda jumpai di sepanjang perjalanan saat melewati jalur ini. Karena itulah jalur Selo menjadi favorit banyak pendaki.

Taklukkan juga: 14 gunung terindah di jawa tengah

Untuk masuk jalur Selo harus ke Boyolali terlebih dahulu. Jika Anda bisa naik bus dari Magelang menuju kawasan Selo di Boyolali, Anda bisa turun di Polsek Selo. Setelahnya Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Basecamp Pendakian Gunung Merbabu.

Peta Merbabu_Jalur_SeloPeta jalur Merbabu-Selo

Base camp pendakian Gunung Merbabu

Jalur pendakian menuju Gunung Merbabu dimulai dari base camp pendakian pertama. Daftar disini. Anda akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 15.000 per orang. Jika membawa kendaraan sendiri harus dititipkan dan biaya penitipan sebesar Rp 5.000 per sepeda motor. Jangan lupa membawa KTP atau SIM ID Card untuk mendaftar.

Pos pertama

Pos 1 rute SeloPos 1 rute Selo

Dari base camp Anda akan memulai perjalanan menuju Pos Pertama. Jalur pendakian Gunung Merbabu menuju pos pertama melewati hutan pinus yang cukup lebat. Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat perkemahan para pelajar.

Setelah satu jam pendakian Anda sampai di pos pertama. Di sini Anda bisa beristirahat sejenak untuk melepas dahaga dan penat sebelum melanjutkan pendakian.

Posting kedua

Pos 2 Pandean SeloPos 2 Pandean Selo

Jalur menuju pos kedua cukup sulit, Anda akan menemui beberapa tanjakan terjal yang licin dan berbatu. Namun kelebihan berwisata ke pos kedua ini adalah pemandangan alam hutan tropis di kiri dan kanan yang cukup rindang dan sejuk. Perjalanan menuju pos kedua juga memakan waktu 1 jam.

Pos ketiga

Pos 3 SeloPos 3 Selo

Setelah sampai di pos kedua, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pos ketiga. Di sini Anda akan menemukan jalur pendakian yang lebih terbuka. Luasnya lembah sudah terlihat di bawah kaki gunung.

Bunga Edelweis juga tumbuh di sini di tebing dan lereng sepanjang jalur pendakian. Sesampainya di pos ketiga ini, pemandangan Gunung Merapi sudah menanti.

Pos keempat

Jalur pendakian Gunung Merbabu terletak di sebelah Pos Keempat. Perjalanan dari pos ketiga ke pos keempat memakan waktu 1 jam. Ini adalah cara yang paling sulit diantara semua postingan yang ada.

sabana 1sabana 1

Sebagian besar jalan setapak yang tertutup tanah berwarna merah, sangat licin saat hujan namun penuh debu saat kemarau. Pos keempat berada di padang savana yang sangat luas, disini angin sudah mulai bertiup sangat kencang.

Pos kelima

Pendakian selanjutnya mengarah ke pos kelima. Inilah pos terakhir jalur pendakian Gunung Merbabu. Pos kelima ini sering disebut dengan Savannah 2 karena letaknya juga di padang savana yang luas. Perjalanan menuju pos kelima memakan waktu sekitar setengah jam.

Sesampainya di sana, Anda akan menemukan sabana luas yang mirip dengan yang ada di pos keempat. Di sini Anda akan bermalam sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak.

puncak

Foto di Puncak MerbabuFoto di Puncak Merbabu

Jalur pendakian Gunung Merbabu selanjutnya setelah camping di pos kelima adalah perjalanan menuju puncak. Itu adalah perjalanan yang paling menyenangkan. Di sepanjang jalur pendakian terdapat pemandangan indah bunga edelweis yang tumbuh subur di ketinggian menuju puncak ini.

Jalur pendakian menuju puncak berada di area yang lebih terbuka sehingga angin akan sangat kencang. Perjalanan menuju puncak memakan waktu sekitar 1 jam.

Perkiraan total waktu pendakian

Untuk mencapai puncak, berikut perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak:

  • Base Camp – Pos I (2,5 jam)
  • Kontribusi I – Kontribusi II (30 menit)
  • Pos II – Savana I (2,5 jam)
  • Savana I – Pos III (1 jam)
  • Pos III – Savana II (30 menit)
  • Sabana II – Puncak Kenteng Songo (1 jam)
  • Puncak Kenteng Songo – Puncak Syarif (30 menit)
  • SECARA KESELURUHAN = 8 jam 30 menit sekali jalan.

Karena penurunan pada umumnya lebih cepat dibandingkan pendakian, biasanya diperlukan waktu hingga 50-40% waktu pendakian, sehingga penurunan kembali ke base camp memakan waktu sekitar 4 hingga 6 jam. (kecuali istirahat dan membongkar tenda)

Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Merbabu lewat Selo adalah mulai pukul 10.00 atau 13.00 dari base camp. Kemudian mendirikan tenda di Savannah 1. Jika ingin melihat matahari terbit, Anda perlu mendirikan tenda di Savannah 2. Kemudian pada pukul 3 atau 4 Anda akan memulai perjalanan pendakian menuju puncak.

Alternatifnya, ada juga pilihan pendakian di malam hari. Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Merbabu lewat Selo biasanya adalah pukul 19.00.

* * *

Di balik segala keindahan dan keindahan Gunung Merbabu, Anda perlu mempersiapkan perlengkapan pendakian yang lengkap serta menjaga kekuatan fisik dan mental. Ikuti semua peraturan yang berlaku dan selalu ikuti jalur pendakian Gunung Merbabu yang diperbolehkan. Selamat mendaki dan tetap bersih.

Lihat juga: 7 Jalur Pendakian Gunung Sindoro Terpopuler

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button