Berita Wisata

Pidato Gunung Batu Benau Bulungan untuk menjadi geopark, berpotensi mendongkrak pariwisata di Kalimantan Utara

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR – Tuturan Gunung Batu Benau di Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara sebagai Geopark.

Dan nantinya melalui pembentukan geopark tentunya akan menjadi potensi untuk menggairahkan wisata alam khas Kalimantan Utara.

Pollymaart Sijib, Asisten III Administrasi Publik Sekretariat Daerah Provinsi Kaltara menjelaskan, Pemprov Kaltara mengharapkan dukungan dari pemerintah pusat.

Yakni untuk menetapkan kawasan Gunung Batu Benau Sajau di Bulungan, Kaltara sebagai Geopark.

Baca Juga: Karst Sangkulirang-Mangkalihat Jadi Geopark, Diharapkan Sedot Turis Mancanegara

Pollymaart Sijuang mengatakan dengan ditetapkannya kawasan Gunung Batu Benau Sajau, maka kelestarian lingkungan di kawasan karst dapat terjaga.

Selain itu, dengan sebutan tersebut, kehidupan dan budaya suku Punan yang hidup di kawasan tersebut dapat terjaga.

Hal itu disampaikannya saat Workshop Launching Batu Benau Geopark Initiative di Girl Building, Tanjung Selor, Bulungan pada Selasa (6/11/2022).

“Kawasan ini memiliki banyak potensi. Selain sebagai geopark, tempat ini juga menjadi kawasan pemukiman bagi suku Punan Batu Benau,” ujar Pollymaart Sijuang.

Baca Juga: Dinas ESDM Kaltim Dukung Pendirian Geopark Sangkulirang, Ini Alasannya

Ia mengatakan, dengan ditetapkannya kawasan tersebut sebagai geopark, juga bisa dikembangkan sebagai objek wisata di Kalimantan Utara.

Karena unsur batuan di kawasan pegunungan karst memiliki keunikan tersendiri yang dapat dipelajari lebih dalam.

“Dalam jangka panjang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata yang memadukan unsur konservasi, pendidikan dan pengembangan pariwisata serta ekonomi kreatif,” ujarnya.

Untuk itu, dia berharap kementerian dan lembaga pemerintah pusat dapat memproses langkah-langkah verifikasi kawasan untuk mendapatkan predikat geopark.

“Kami berharap Badan Geologi Kementerian ESDM dapat membantu mempercepat proses verifikasi dan penetapan sehingga proses pengusulan Geopark dapat segera dilakukan pada tahun 2023,” ujarnya.

Baca Juga: Sangkulirang-Mangkalihat Penuh Orisinalitas Sebagai Geopark

“Dan juga kepada Kementerian PPN Bappenas, agar bisa masuk dalam Rencana Aksi Geopark Nasional dan memfasilitasi penyusunan Master Plan Pengelolaan Geopark Batu Benau,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com dengan judul Usulkan Gunung Batu Benau Sajau Sebagai Geopark, Pemprov Kaltara: Jaga Budaya Suku Punan

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button