Tempat Wisata

Pinus Kita Gemaharjo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kita bersyukur hidup di negeri yang sangat kaya akan sumber daya alam di berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Maka dari itu, tidak heran jika banyak destinasi wisata menarik di Indonesia, baik yang buatan maupun yang alami. Di Provinsi Jawa Timur terdapat sebuah kabupaten yang terkenal dengan guanya, yaitu Pacitan. Salah satu destinasi liburan favorit masyarakat, Pacitan memiliki banyak tempat wisata dan pesonanya tak terbantahkan. Letaknya yang berada di dataran tinggi juga memberikan nuansa sejuk dan sejuk di kota ini, membuat banyak orang betah tinggal di Pacitan. Salah satu tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan adalah Pinus Kita Gemaharjo.

Pinus Kita Gemaharjo merupakan tempat rekreasi yang dapat dikunjungi di Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Destinasi wisata berbentuk pohon pinus ini sungguh menakjubkan. Tentunya hal ini tidak mengherankan bila banyak orang terutama anak muda yang datang ke sana.

Hutan pinus ini menawarkan pemandangan indah yang menarik untuk diabadikan. Ketika seseorang berada di tanah yang cukup tinggi, ia ingin berlama-lama di sini. Udara di Pinus Kita Gemaharjo sejuk, bebas polusi dan segar.

Dari sini pengunjung bisa melihat alam hijau yang didominasi oleh pohon pinus dan perbukitan. Gardu pandang di titik ini berada di atas pohon pinus yang cukup tua dan memiliki batang pohon yang besar sehingga sangat aman dan stabil untuk didaki. Sebuah tangga setinggi sekitar 7 meter membawa Anda ke sudut pandang kayu berdiameter sekitar 2 meter. Perhatian harus diberikan pada kewaspadaan pengunjung yang mendaki titik ini, karena tidak ada keamanan di puncak.

Selain lookout di pepohonan yang populer di kalangan pengunjung, Anda bisa berjalan tidak jauh dari sana menuju jembatan kecil yang fungsinya hampir sama dengan lookout, hanya saja Anda tidak perlu menaiki tangga untuk melihat pemandangan yang indah. Selain itu, jika anak-anak ingin berfoto dengan latar belakang pohon pinus, tidak perlu menaiki gardu pandang. Selain itu, Anda tidak hanya bisa menikmati panorama hutan pinus, tetapi juga bermain ayunan dan bersantai di hammock, yaitu tempat tidur ayunan yang terbuat dari kain elastis yang dipasang di antara dua batang pohon.

Fasilitas di Pinus Kita Gemaharjo

Sedangkan fasilitas objek wisata Pinus Kita Gemaharjo tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda jumpai seperti;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Berjam-jam bermain di pantai dijamin bikin lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sana Anda akan menemukan warung dan kantin penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang didirikan di sana, Anda dapat duduk dan bersantai sambil menikmati pemandangan pohon pinus, pemandangan luas dari ketinggian yang indah dan langit biru.

– Akomodasi

Di daerah tersebut, Anda yang membutuhkan akomodasi dapat menemukan akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar kawasan pantai.

– Ayunan atau tempat tidur gantung

Sambil menikmati pemandangan pohon pinus setempat, Anda bisa bersantai di kursi goyang yang biasa disebut hammock.

– sudut pandang

Untuk menikmati panorama lebih baik lagi dari ketinggian, viewpoint telah disiapkan bagi Anda yang menginginkan akses ke pemandangan yang menakjubkan. Pastikan Anda tidak takut ketinggian.

Berburu foto di Pinus Kita Gemaharjo

Tentunya bagi Anda yang menggemari seni fotografi, kamera merupakan salah satu aksesoris yang wajib dibawa saat bepergian. Di Pinus Kita Gemaharjo Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri karena terletak di dataran tinggi. Setibanya Anda akan disambut oleh bermil-mil pohon pinus. Pemandangan ini tentunya sangat cocok untuk membidik kamera Anda. Bersama keluarga atau teman, Anda bisa berfoto di sekitar hutan pinus dengan latar belakang panorama hijau. Selain itu, Anda bisa berjalan langsung ke lookout point untuk melihat pemandangan dari ketinggian dimana pegunungan dan pemandangan kota Pacitan tidak ada duanya. Jangan lupa untuk mengunggah foto-foto Anda di berbagai media sosial Anda agar orang-orang lebih mengenal tempat ini.

Baca Juga: Pantai Soge, Wisata Sambil Memancing

Akses jalan menuju Pinus Kita Gemaharjo

Jika Anda perlu menempuh jarak sekitar 25 mil dari Kota Pacitan, pergilah ke timur laut atau gunakan jalur Pacitan Ponorogo. Sesampainya di Gemahrejo, Anda akan disambut oleh pohon pinus di sepanjang jalan. Sebenarnya ada beberapa petunjuk arah menuju Pinus Kita dari sini, namun jika bingung jangan sungkan untuk bertanya langsung ke warga sekitar agar tidak tersesat. Pinus Kita berada tepat di pinggir jalan Ponorogo Pacitan, sehingga menemukannya begitu sampai di desa Gemahrejo tidaklah terlalu sulit.

Jam buka dan biaya masuk Pinus Kita Gemaharjo

Jam buka objek wisata ini adalah WIB mulai pukul 08:00 hingga 17:00 setiap hari, termasuk akhir pekan dan hari libur nasional. Tiketnya sendiri sangat murah, hanya Rp 2.000 per orang.

Tips liburan di Pinus Kita, Gemaharjo

  • Persiapkan kendaraan Anda
  • Persiapkan daya tahan tubuh Anda
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Bawa kamera
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Buanglah sampah pada tempatnya

Galeri foto Pinus Kita Gemaharjo

hutan pinus GemaharjoMenikmati pemandangan dari atas pohon

Tempat foto kekinianPotret hutan dari atas pohonTempat foto terbaik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button