Berita Wisata

PJ Bupati Aceh Barat mendukung penuh Air Terjun Pungki sebagai obyek wisata baru

Bimcmedia.com, Meulaboh: Pemerintah Kabupaten (pemkab) Aceh Barat dan masyarakat Seulangke giat melakukan wisata lingkungan di kawasan wisata Pucok pungki, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat. Mengunjungi air terjun Pucok pungki merupakan tempat wisata baru di Sungai Mas, kata PJ Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi berkunjung Jumat (13/1/2023).

Kawasan ini masih terbilang baru, sehingga perlu dilakukan perbaikan di semua area, khususnya jalur akses menuju lokasi dan fasilitas pendukung lainnya seperti warung, tempat parkir mobil, mushola dan toilet. . Menurutnya, fasilitas pendukung ini sangat penting untuk mempersiapkan kenyamanan wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke kawasan wisata ini

Mahdi mengatakan, Pemkab Aceh Barat sangat mendukung kawasan ini menjadi objek wisata baru, “dengan adanya kawasan wisata ini diharapkan pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat.

Selain mempromosikan pariwisata, Bupati PJ beserta perangkat daerahnya juga melakukan penanaman pohon di kawasan wisata Air Terjun Pucok Pungki untuk menjaga kelestarian alam dan penghijauan untuk menjaga aliran air di kawasan wisata.

Dikatakannya: Penghijauan di kawasan wisata Pucok Pungki akan menambah keindahan hutan di kawasan wisata tersebut. Selain mencegah erosi, diharapkan juga dapat melindungi habitat berbagai satwa dan tumbuh kembang berbagai flora. Sehingga akan menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Pucok pungki, selain menikmati keindahan air terjunnya,” jelasnya.

Menurutnya, sudah banyak bibit pohon yang ditanam, didominasi pohon buah-buahan seperti petai, durian, jengkol dan mangga. Panggil Mahdi Efendi.

“Diharapkan dengan adanya pohon-pohon tersebut dapat menghijaukan kawasan wisata Air Terjun Pucok Pungki. Kawasan wisata yang nyaman dan asri pasti dapat membuat wisatawan senang. Sehingga tidak segan-segan untuk kembali berkunjung,” pungkasnya. .

Melihat hal itu, Ketua Komunitas Seulangke Yussan mengatakan, pihaknya mendukung penuh program pengembangan kawasan Pucok Pungki menjadi lokasi baru kawasan wisata air terjun, berharap wisatawan lokal maupun mancanegara bisa datang menikmati keindahan alam. Pucok Pungki dengan pemandangan alam yang terbuka tak lepas dari dukungan pemerintah setempat, dengan membangun sarana dan prasarana yang memadai diyakini akan meningkatkan sumber ekonomi masyarakat setempat.

Ia mengatakan rencananya menanam hingga 1.000 bibit pohon di kawasan wisata Air Terjun Pucok Pungki.

“Kami semangat menjaga sumber air. Jangan mewariskan air mata kepada generasi mendatang karena kekurangan air. Diharapkan penanaman pohon ini dapat meningkatkan debit air di masa depan,” ujar Yussan.

***

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button