Berita Wisata

Pj Walikota Sabang Promosikan Jaboi ke Tim Jelajah Influencer Aceh

Pj Walikota Sabang Promosikan Jaboi ke Tim Jelajah Influencer Aceh

Sabang | Pj Walikota Sabang Reza Fahlevi mempresentasikan keunikan dan potensi wisata Kota Sabang kepada Tim Eksplorasi Influencer Aceh yang saat ini sedang dalam program penjajakan wisata di Kota Sabang selama dua hari dari Rabu hingga Kamis 16-17 November. 2022. Secara khusus, Reza menyambut kedatangan puluhan influencer di lokasi geowisata Gunung Api Jaboi di Gampong Jaboi, Kabupaten Sukajaya, Rabu (16/11) sore.

Reza menjelaskan, Kota Sabang yang letak geografisnya tidak terlalu tersebar memiliki potensi wisata yang menjanjikan dan lengkap. Meski Sabang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia, nyatanya pulau ini tidak hanya memiliki pantai yang indah, tetapi juga gunung berapi, air terjun, dan danau.

“Kalau keindahan Sabang sudah dikenal luas, bahkan dive site kita di Sabang termasuk salah satu dive site kelas dunia, surganya para diver. di laut, yang di darat ada di Jaboi,” kata Reza.

Secara visual, kawasan Gunung Api Jaboi memang sangat unik. Itu terletak di kawasan hutan lindung yang mencakup lebih dari 150 hektar. Ada empat kawah yang menarik wisatawan. Namun yang sering dikunjungi biasanya hanya kawah satu dan dua karena jaraknya lebih mudah dijangkau.

Kandungan belerang yang tinggi di kawasan kawah mengeringkan dahan pohon di sekitarnya karena tidak terjadi proses penguraian oleh mikroorganisme. Alhasil, dahan dan pepohonan tampak seperti tumbuhan yang diawetkan. Berbeda dengan kondisi sekitarnya yang hijau dan biasanya dipenuhi vegetasi berupa pepohonan yang menjulang tinggi. Diantaranya pohon nibung, durian hutan, bupadi dan kandeh.

“Kawasan Gunung Api Jaboi berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, bahkan ada kelompok sadar wisata di sini yang mengelola tempat ini. Untuk menambah daya tarik, ada juga sepeda motor ATV yang bisa dicoba pengunjung,” kata Reza lagi.

Reza mengatakan, dikenalnya berbagai destinasi wisata di Sabang tidak lepas dari peran masyarakat luas, terutama para influencer atau anak muda yang mencintai teknologi dan rela mempromosikannya di berbagai platform media. Padahal, bukan hanya Sabang, tapi juga objek wisata lain di Aceh.

Hanya saja, kata Reza, selain pentingnya menyebarkan berbagai konten berupa foto atau video, juga harus diperkuat dengan cerita-cerita yang informatif dan mendidik. Dengan demikian, calon wisatawan yang ingin datang ke Sabang dapat mengetahui sisi lain dari objek-objek tersebut. Terlepas dari konteksnya, kata Reza, nilai sebuah keistimewaan itulah yang akan membuat wisatawan terkesan saat mengunjungi suatu daerah.

Selama empat hari, Tim Jelajah Influencer Aceh berkesempatan menjelajahi sejumlah lokasi wisata dan ekonomi kreatif di Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar dan kota asal Sabang. Kegiatan ini berlangsung dari Senin hingga Kamis, 14 hingga 17 November 2022. Diharapkan konten yang mereka hasilkan selama eksplorasi dapat disebarluaskan di jejaring sosial sehingga minat wisatawan untuk datang ke Aceh meningkat.** *

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button