Tempat Wisata

Planetarium Jakarta, Harga Tiket, Wahana, Atraksi dll

Wisata Edukasi Planetarium Jakarta Jakarta dianggap sebagai kota tersibuk di Indonesia. Hal ini terjadi karena kota Jakarta sebenarnya adalah pusat dari segalanya. Mulai dari pemerintahan, ekonomi, tempat hiburan dan tempat wisata.

Di sini Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata termasuk wisata edukasi yang lebih dikenal dengan Planetarium Jakarta.

Tempat wisata ini memiliki nilai pendidikan yang tinggi, terutama dalam bidang keilmuan astrologi dan astronomi. Berbagai informasi terkait demonstrasi disajikan dengan sangat jelas. Jadi tidak ada salahnya mengajak si kecil berlibur ke Planetarium Jakarta.

informasi Umum

  • Alamat: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini,, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10330
  • Jam buka: 08.00 – 15.00 WIB
  • Nomor telepon: 021-2305146
  • Harga tiket masuk: Rp5.000 – Rp12.000
  • Peta; Peta Google

Wisata Edukasi Planetarium Jakarta

Apa tema tempat wisata Planetarium Jakarta? Wisata Cikini mengusung tema pendidikan astronomi. Jadi secara garis besar berisi berbagai wahana simulasi astrologi serta beberapa benda langit lainnya yang sangat menarik untuk disaksikan.

Karena bertema pendidikan atau pembelajaran, pengunjung kawasan ini kebanyakan adalah pelajar. Bidang yang mempelajari astronomi bukanlah hal yang unik di Jakarta. Kota Bandung memiliki Observatorium Bosscha, Kota Yogyakarta memiliki planetarium di kawasan Taman Pintar. Mari kita telaah lebih detail agar pembaca mendapatkan informasi yang tidak membingungkan.

Sejarah Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta merupakan bangunan tua yang diprakarsai oleh Presiden Pertama Bapak Ir. Sukarno. Dibangun sekitar tahun 1964 dengan proses pembangunan yang berlangsung kurang lebih 4 tahun. Tujuan utama bangunan ini adalah untuk digunakan sebagai tempat pameran atau simulasi benda langit dan ilmu astronomi lainnya.

Setelah diresmikan pada tahun 1968, pengelolaan dan tanggung jawab diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah negara bagian DKI. Sejak saat itu, segala aktivitas yang berkaitan dengan penelitian atau pendokumentasian semua ilmu astronomi dilakukan di tempat ini.

Lokasi Planetarium TIM

lokasi Planetarium Jakarta terletak di pusat kota Jakarta yaitu di kawasan Taman Ismail Marzuki Cikini. Alamat lengkapnya adalah Jl. Cikini Raya No.73, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam kondisi normal, jam operasional Planetarium Cikini Tour dimulai dari pukul 08.00 hingga 15.00. Tempat ini juga buka setiap hari kecuali Senin (Selasa – Minggu).

Planetarium Jakarta, tiket masuk, wahana seruPlanetarium Jakarta, tiket masuk, wahana seru

Kunjungi juga: 39 taman bermain anak di Jakarta

Siapa yang tak kenal kawasan Cikini di Jakarta Pusat? Bagi Anda yang masih bingung mencari lokasi tempat wisata edukasi ini, tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan aplikasi peta di smartphone, cukup ikuti petunjuknya dan Anda akan tiba di lokasi.

Meskipun, Tempatwisataseru.com coba berikan gambaran rute berdasarkan arah kedatangan dan sarana transportasi yang digunakan. Berikut beberapa ilustrasi rute menuju Planetarium Jakarta.

1. Rute dari Bekasi / Bogor

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan aplikasi peta di smartphone Anda. Namun jika menggunakan KRL, silahkan cari kereta api jurusan Jakarta Kota dan turun di Stasiun Cikini.

Dari stasiun kereta api Cikini, silahkan dilanjutkan menggunakan ojek online (motor atau mobil) atau taksi. Jaraknya tidak terlalu jauh, sekitar 1 km. Namun dalam kondisi normal lalu lintas cukup padat.

2. Rute dari Tangerang

Berangkat dari Bekasi/Bogor hampir sama, jika menggunakan kendaraan pribadi tinggal ikuti petunjuk dari bantuan navigasi peta smartphone Anda. Pastikan titik bidiknya cocok, yaitu Taman Ismail Marzuki.

Kalau pakai KRL agak merepotkan karena harus transfer 3 kali kalau mau turun di stasiun Cikini. Pertama cari kereta ke Duri, lalu cari kereta ke Manggarai. Dari Manggarai, naik kereta jurusan Jakarta Kota dan turun di stasiun Cikini.

planetariumplanetarium

Tiket masuk Planetarium Jakarta

Anda akan dikenakan biaya untuk melihat atraksi atau semua koleksi yang ada di tempat wisata Cikini ini. Namun biayanya cukup murah karena Anda mendapatkan informasi dan pengetahuan yang luar biasa.

Harga tiket umum berkisar antara Rp 7.000 hingga Rp 12.000. Selain tiket umum, ada juga tiket star theater untuk rombongan. Anda akan dikenakan biaya Rp. 5.000 untuk pelajar dan biaya Rp 12.000 jika bukan pelajar. Setidaknya 100 orang diperlukan untuk berpartisipasi dalam kategori grup.

jam operasi

Informasi PENTING: Pertunjukan Planetarium dan Teater Bintang ditutup sementara menunggu informasi lebih lanjut.

Pada hari biasa Anda bisa mengunjungi objek wisata edukasi planetarium ini dari Selasa hingga Minggu, kecuali Senin dengan jam buka:

Jam buka Planetarium Jakarta
Selasa Minggu 08.00 – 15.00 WIB

Sedangkan waktu pertunjukan dibagi menjadi 3 shift setiap harinya, jika Anda datang dengan jumlah banyak, Anda bisa request jadwal pertunjukan. Berikut detail waktunya:

Jadwal pertunjukan planetarium Jakarta
1 pertunjukan 2 pertunjukan 3 pertunjukan
Grup (Selasa – Jumat) 09.30 13.30
Perorangan (Sabtu, Minggu, Hari Libur dan Libur Nasional) 09.00 12.00 15.00

Pertunjukan Teater Bintang berlangsung sekitar 50 – 60 menit per sesi.

Aktivitas seru di Planetarium Jakarta

Jangan berharap mendapatkan game drive seperti di Dufan atau tempat hiburan lainnya. Atraksi atau pertunjukan lebih seru di sini karena sangat jarang ditemui di tempat lain. Selain itu, atraksi yang ditampilkan memiliki nilai edukasi yang tinggi. Berikut adalah beberapa atraksi menarik dari Jakarta Planetarium Tour.

1. Teater Bintang

Fasilitas ruang audiovisual menampilkan pertunjukan teater bintangFasilitas ruang audiovisual menampilkan pertunjukan teater bintang

Teater Bintang adalah pertunjukan di ruangan besar. Bedanya, layar pertunjukan ini berada di atap berbentuk kubah. Sehingga penonton akan merasakan pemandangan di langit.

Agar terlihat jelas, kondisi langit dibuat seolah-olah sudah malam. Beragam informasi ditampilkan di sini, mulai informasi tentang tata surya, gerhana, pembentukan galaksi, planet, bulan, dan beberapa benda langit lainnya. Anda dapat menikmati pertunjukan selama sekitar 50 menit.

Sekedar informasi, jika Anda datang ke sini sendiri atau tidak dalam jumlah banyak, Anda tidak bisa menikmati Teater Bintang ini pada hari kerja, karena Teater Bintang ini biasanya hanya buka pada akhir pekan dengan dua jadwal yaitu jam 10 pagi dan jam 2 siang. Sedangkan pertunjukan teater pada hari biasa (Selasa – Jumat) hanya menampilkan pertunjukan untuk wisatawan yang datang dengan jumlah banyak.

Kunjungi juga: 46 Tempat Wisata di Jakarta Timur

2. Teleskop observasi

Teleskop observatorium untuk mengamati benda langitTeleskop observatorium untuk mengamati benda langit

Selain pertunjukkan yang telah disiapkan jauh-jauh hari, Anda juga bisa menyaksikan atau menikmati benda langit secara langsung. Tentunya kondisi cuaca juga harus mendukung yaitu tidak mendung pada cuaca cerah.

Anda dapat melihat benda langit menggunakan alat seperti teropong yang disebut teleskop. Ada berbagai jenis teleskop di tempat ini. Berikut beberapa jenisnya.

  • Teleskop ASKO
    Teleskop ini merupakan teleskop refleksi dengan diameter 31 cm.
  • Teleskop Takahashi
    Teleskop Takahashi adalah teleskop Newtonian dengan diameter cermin 16 cm.
  • Teleskop kode
    Teropong dengan diameter cermin 15 cm.

3. Galeri Astronomi

Galeri astronomi menampilkan thumbnail dan semua informasi tentang foto luar angkasa oleh Rani SyafrilaGaleri astronomi menampilkan thumbnail dan semua informasi tentang foto luar angkasa oleh Rani Syafrila

Pada titik ini ada berbagai foto yang berhubungan dengan luar angkasa. Tentu ini adalah informasi atau pengetahuan yang langka, karena tidak semua orang bisa mendapatkan foto segala sesuatu tentang luar angkasa.

Tentunya yang paling menakjubkan dan didambakan adalah foto meteorit yang melanda Indonesia sekitar tahun 1975.

Fasilitas Penunjang

Sebagai tempat wisata bertema edukasi, fasilitas yang ada sudah cukup memadai. Ada tempat parkir yang luas karena lebih banyak pengunjung rombongan mahasiswa yang menggunakan bus besar. Selain itu, toiletnya bersih dan tidak bau.

Jika Anda sedang menunggu pertunjukan teater, tersedia ruang tunggu untuk menonton film tentang astronomi. Semua ruang di sini ber-AC, jadi Anda tidak perlu khawatir kepanasan, bahkan di tempat yang ramai.

Menyimpulkan

Demikian ulasan tentang Wisata Edukasi Planetarium Jakarta yang wajib Anda kunjungi. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Masih banyak lagi tempat wisata edukasi menarik lainnya yang akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Temukan informasi tempat wisata terbaik lainnya di Indonesia dan mancanegara dengan terus mengunjungi Tempatwisataseru.com.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keamanan bersama agar tempat wisata yang kita kunjungi selalu terjaga kebersihannya. Sehingga tetap terjaga untuk anak cucu di masa yang akan datang. Selain kebersihan, kita semua harus berupaya agar mereka bebas dari perusakan atau coretan pada objek wisata.

Kunjungi juga: 40 Tempat Wisata di Jakarta Selatan

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button