Berita Wisata

PLN menanam ratusan pohon di pantai Ma’ruf Amin Pariaman

Pariaman (ANTARA) – PT. PLN (Persero) telah menanam 750 pohon di Pantai Ma’ruf Amin Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk mencegah bencana dan mendukung pariwisata.

“Jadi untuk penghijauan agar kawasan ini terhindar dari abrasi dan mengurangi dampak angin kencang terhadap rumah warga,” ujar Cipto Adi Sumartono, Senior Director of Communication and General Finance Unit Utama PLN Sumbar saat penanaman pohon di Paraman pada hari Senin.

Ia mengatakan, kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan kali ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan PLN di Pariaman, karena tahun lalu juga menanam 2.000 batang.

Ia menjelaskan, penanaman pohon yang dilakukan juga merupakan permintaan Pariaman baik dari nelayan maupun pemerintah daerah yang ingin menghijaukan pantai.

“Usulannya sudah kami terima dan kami sampaikan ke PLN pusat. PLN pusat yang memutuskan,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, penanaman pohon tidak hanya dimaksudkan untuk mitigasi bencana, tetapi juga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat, karena nantinya kawasan tersebut akan dinaungi dan menjadi tujuan wisata.

Selain itu, kawasan perkebunan adalah Pantai Ma’ruf Amin yang juga direncanakan menjadi kawasan wisata baru oleh pemerintah setempat.

Ia menjelaskan, hari ini dipilih sebagai kalender menanam pohon karena bertepatan dengan hari menanam pohon di Indonesia.

Pengerjaan penanaman juga dilakukan bekerjasama dengan nelayan setempat sehingga juga dapat memberikan dampak ekonomi bagi nelayan di daerah tersebut.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin mengatakan, pihaknya terus melakukan mitigasi dampak bencana di wilayah pesisir dengan menanam pohon.

“Jadi kegunaannya bukan hanya untuk meredupkan tapi juga untuk keindahan dan menciptakan suasana sejuk,” ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya kawasan pantai yang ditanami pohon ini akan mendatangkan wisatawan yang akan berdampak pada perekonomian masyarakat dari sektor pariwisata.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya berharap program penanaman pohon atau yang dapat mendukung pariwisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat PLN terus berlanjut.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Pariaman yang terus menggarap program penanaman pohon di pesisir pantai daerah tersebut.

Selama dua tahun terakhir, Pemkot Pariaman melalui DP3 telah melaksanakan program penanaman 6.000 pohon, meliputi 2.000 pada tahun 2021 dan 4.000 pada tahun 2022.

Jenis pohonnya adalah cemara laut, ketapang emas, kelapa, dan pinago.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button