Berita Wisata

PMM di Obyek Wisata, Mahasiswa UMM Menggali Informasi Sejarah Sirra

Kabupaten Malang, spiritnews.co.id Meski pandemi Covid-19 telah dinyatakan berakhir, masyarakat tetap disarankan untuk mengutamakan protokol kesehatan sesuai anjuran WHO (World Health Organization).

Hal ini diterapkan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang melakukan pengabdian kepada masyarakat (PMM) di salah satu destinasi wisata di Sumber Sira, Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Kelompok 20 Gelombang 11 Anggota Mahasiswa Pembimbing Lapangan (DPL) Mohamad Irkham Mamungkas, ST., MT menghimbau kepada masyarakat khususnya pengunjung objek wisata ini untuk tetap menjaga kesehatan.

“Kami membantu melengkapi fasilitas yaitu dengan memberikan sabun cair ke setiap wastafel di lingkungan wisata Sumber Sira dan memperjelas rambu-rambu jalan yang menuju ke tempat wisata,” kata Caesaruddin Bima, salah satu mahasiswa, dalam keterangan tertulisnya. dikirim ke editor spiritnews. .co.id, Jumat (28/10/2022).

Selain itu, mereka juga mencari informasi dari pimpinan Sumber Sira. Menurut informasi, ada seorang pengembara Demak Bintoro bernama Mbah Sirajudin, ia adalah seorang abdi dalem Kesultanan Demak dan berlatih meditasi di balik pohon besar di tengah Sumber Sira.

Masyarakat setempat juga percaya bahwa makam Mbah Sirajudin berada di balik pohon besar yang kemungkinan kini tertutup akar besar dan tenggelam di Sumber Sira.

Sedangkan Sumber Sira dimaknai dari dua sudut pandang yang berbeda. Pertama, diambil dari seorang petapa bernama Mbah Sirajudin (diberi nama Sira). Kedua, Sira dalam bahasa Jawa diartikan sebagai kepala yang merupakan gambaran mata air yang menjadi mata air yang memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.(rls/merah/pak)

Penerbit: Lassarus Samosir, SE

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button