Tempat Wisata

Pohon Pelangi Bondowoso, pohon unik dengan gradasi warna pelangi yang dikelilingi oleh jenis tumbuhan yang indah

Temukan keindahan unik pohon pelangi Bondowoso dengan gradasi warna pelangi yang menakjubkan dikelilingi berbagai jenis tanaman indah.

Harga tiket: Rp3.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Rejo Agung, Kec. Sumberwringin, Cab.Bondowoso, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Pohon pelangi Bondowoso kerap membuat kaget orang karena bentuknya yang sangat indah. Selain itu, pemandangan ini tidak mudah ditemukan di mana pun. Hal inilah yang pada akhirnya membuat masyarakat rela rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari untuk berlibur ke sini.

Pemandangan estetis, udara sejuk dan noda Foto-fotonya yang bervariasi akan menjadi beberapa daya tarik tempat ini yang wajib diketahui banyak wisatawan. Pohon pelangi ini juga sering disebut namanya kayu putih pelangikarena tampak seperti lukisan karya tangan Yang Maha Kuasa.

Sebelum anda mengunjungi destinasi wisata di Bondowoso yang sangat menarik ini, anda harus mengetahui terlebih dahulu alamat lengkap dan rute menuju tempat tersebut. Jadi Anda bisa menghabiskan liburan Anda di sini dengan lebih menyenangkan.

Daya tarik pohon pelangi Bondowoso

Objek Wisata Pohon Pelangi BondowosoFoto oleh Yuniar Prihanti di Google Maps

Orang biasanya meneliti tempat tujuan mereka sebelum mengunjunginya. Oleh karena itu disini kami juga berbagi informasi mengenai objek wisata Hutan Pelangi Bondowoso yang bisa membuat anda semakin aman saat berkunjung ke sini, yaitu:

1. Dilengkapi dengan berbagai jenis tanaman yang indah

Saat Anda berkunjung ke Pohon Pelangi di Bondowoso, Anda juga bisa mengagumi keindahan jenis tumbuhan lainnya, baik tumbuhan asal Indonesia maupun tumbuhan luar negeri. Terdapat berbagai jenis tumbuhan di sini yang tidak mudah kita temukan di kawasan tersebut. Oleh karena itu, Hutan Pelangi Bondowoso juga bisa dijadikan destinasi wisata keluarga.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tokopedia 12 12

Tokopedia 12 12

Dengan mengajak anak-anak ke sini, Anda bisa mengajarkan kepada mereka bahwa setiap jenis tanaman memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya terlihat cantik. Mulai dari pinus, mahoni, damar, kayu putih dan 59 jenis tumbuhan lainnya yang ada di hutan ini. Kehadiran tanaman tersebut membuat pemandangan di sini semakin indah.

2. Gradasi warna pohon pelangi yang menakjubkan

Tentu saja alasan utama orang datang ke Pohon Pelangi Bondowoso adalah untuk melihat sendiri keindahan unik dari pohon tersebut dengan gradasi warnanya yang indah. Indahnya warna pohon ini berasal dari getah yang keluar dari bagian dalamnya. Jus pertama menghasilkan warna biru yang indah sedangkan jus berikutnya menghasilkan warna berbeda.

Akibat proses keluarnya getah secara bergantian, batang pohon memperoleh warna biru, jingga, ungu, dan merah marun. Sebelum getah pohonnya keluar, kulit pohon ini sekaligus terkelupas. Jadi pola warna ini tidak muncul dalam sekejap.

3. Telah diusulkan untuk dimasukkan dalam UNESCO Global Geopark

Tak banyak yang tahu kalau hutan pohon pelangi ini pernah menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark. Pada tahun 2020, Hutan Pelangi Bondowoso diusulkan sebagai Taman Geologi Global kepada UNESCO. Sejak saat itu, nama hutan ini semakin akrab di telinga banyak wisatawan.

Oleh karena itu, masyarakat disarankan untuk datang ke Pohon Pelangi Bondowoso pada hari biasa. Jika Anda datang berlibur, Anda harus berhadapan dengan banyak wisatawan lainnya. Meski bagi sebagian orang hal ini tidak menjadi masalah, namun ada pula yang menganggap hal ini sebagai masalah yang patut dihindari.

4. Karakter pohon yang unik

Berbeda dengan jenis pohon lain yang ada di hutan ini, pohon pelangi Bondowoso tidak mempunyai cabang dan ranting pada sisinya. Jadi perbedaan pohon ini dengan jenis pohon lainnya tidak hanya terlihat pada warnanya saja, tetapi juga pada bentuk batangnya yang lurus dan menjulang tinggi.

Namun ada juga beberapa pengunjung yang mengaku melihat dahan di pohon tersebut. Namun ukuran dan jumlah cabangnya tidak sebesar pohon pada umumnya. Oleh karena itu, keunikan pohon ini mungkin menjadi alasan orang ingin berlibur ke sini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pohon Pelangi BondowosoFoto oleh Najmi F Shidqi di Google Maps

Banyak wisatawan yang lebih memilih wisata alam yang unik dibandingkan wisata alam yang serupa dengan tempat wisata lainnya. Oleh karena itu, tak heran jika objek wisata di Hutan Pelangi ini semakin banyak dikunjungi wisatawan. Namun sebelum datang ke sini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu alamat lengkap dan rutenya.

Wisata Pohon Pelangi Bondowoso berlangsung di Kawasan Hutan Tujuan Khusus (KHDTK) Sumberwringin, tepatnya di Desa Wringinanom, Kecamatan Sukosari, Bondowoso, Jawa Timur. Jarak objek wisata alam ini dengan Alun-Alun Bondowoso sekitar 30 km dengan waktu tempuh 45 menit.

Karena letak objek wisata alam ini tidak terlalu jauh dari Alun-Alun Bondowoso, maka bisa dikunjungi menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Sedangkan wisatawan yang berangkat dari Jember harus menempuh jarak sekitar 60 km dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

PerabotFoto dari Google Street View di Google Maps

Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) tempat pohon pelangi berada di Bondowoso telah dijadikan sebagai pusat penelitian dan konservasi beberapa jenis tumbuhan lainnya. Oleh karena itu tidak heran jika tempat ini memiliki berbagai fasilitas yang memadai seperti:

  • Toilet
  • paviliun
  • Tempat parkir yang luas
  • Warung makan
  • Pekerjaan foto yang menarik

Tips Mengunjungi Pohon Pelangi Bondowoso

Tips Pohon Pelangi BondowosoFoto oleh Khasan Abdillah di Google Maps

Kebersihan dan keindahan harus selalu dijaga dengan baik di sini agar pepohonan dan tanaman lainnya dapat hidup dengan nyaman. Jika makhluk-makhluk tersebut dapat hidup dengan nyaman di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang lebih indah. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang harus diikuti ketika berkunjung ke tempat ini, yaitu:

Jangan lupa membawa perbekalan dari rumah

Meski di sekitar Pohon Pelangi Bondowoso terdapat warung makan yang menjual menu-menu lezat, namun jaraknya cukup berjauhan. Agar lebih aman, Anda bisa membawa perbekalan dari rumah. Tips ini menjadi lebih wajib bagi wisatawan yang juga membawa anak-anaknya.

Datang pagi atau sore hari

Untuk menghindari terik matahari, wisatawan disarankan datang pada pagi atau sore hari. Pemandangan alam di sini akan terlihat semakin indah saat ini. Apalagi jika Anda datang sesaat sebelum matahari terbenam, pemandangan indah ini tentunya akan selalu meninggalkan kesan mendalam dan menjadi pengalaman liburan yang tak akan segera Anda lupakan.

Selalu jaga kebersihan area sekitar

Pengunjung destinasi wisata ini tidak boleh membuang sampah sembarangan demi menjaga keindahan pepohonan dan tanaman yang ada di kawasan tersebut. Pengunjung yang melihat pengunjung lain membuang sampah sembarangan dapat melaporkan hal ini kepada pengelola situs.

Karena Pohon Pelangi di Bondowoso dapat dilihat secara gratis oleh semua wisatawan, maka selalu ramai pengunjung. Namun jumlah pengunjung tempat ini pada akhir pekan dan hari libur lebih banyak dibandingkan jumlah pengunjung pada hari biasa. Jadi pastikan Anda memilih hari liburan yang tepat demi kenyamanan keluarga Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button