Berita Wisata

Pokhara, kota wisata tempat pesawat jatuh di Nepal

Pokhara

Sebuah pesawat Yeti Airlines jatuh di kota Pokhara, Nepal. Di kota yang indah dan asri ini, para penumpang pesawat ATR-72 menghembuskan nafas terakhir dan tidur selamanya.

Pokhara adalah ibu kota provinsi Gandaki. Kota ini merupakan kota terpadat kedua di Nepal setelah Kathmandu, dengan 518.452 jiwa.

Sebagai kota metropolitan, Pokhara terletak 200 km sebelah barat Kathmandu. Pokhara berada di tepi Danau Phewa dan memiliki ketinggian sekitar 822 meter di atas permukaan laut.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Pokhara memiliki bandara internasional baru. Bandara ini diresmikan awal tahun ini.

Bandara Internasional Pokhara menyoroti bahwa Pokhara adalah salah satu tujuan wisata utama di Nepal. Bandara ini dibangun di dekat desa yang dikelilingi pegunungan dan sangat berkabut.

Kota Pokhara di NepalFoto kota Pokhara di Nepal: (Getty Images/iStockphoto/Motion Loop)
Kota Pokhara di NepalFoto kota Pokhara di Nepal: (Getty Images/iStockphoto/Motion Loop)

Itu sebabnya bandara internasional baru tidak kalah menuntut dari bandara lama. Angin di pegunungan dan sulitnya area pendaratan juga menjadi tantangan besar bagi para pilot.

Adapun Pokhara, nama kotanya sudah tidak asing lagi bagi para pendaki di seluruh dunia. Pokhara berfungsi sebagai basis bagi para trekker yang melakukan Sirkuit Annapurna melalui Kawasan Konservasi Annapurna.

Karena alasan inilah Pokhara menjadi ibu kota wisata Nepal.

Tidak hanya kepadatan penduduk di sana, frekuensi bencana alam pun tak kalah tinggi. Nepal Barat dianggap sebagai salah satu daerah paling rawan bencana di dunia.

Kota ini merupakan perpanjangan dari lembah Seti Gandaki yang terletak di pegunungan Himalaya. Ketinggian bervariasi dari lokasi geografis Pokhara, sehingga sering turun hujan.

Pokhara yang menawan juga sangat rawan banjir. Selain itu, hanya ada satu sungai yang mengalir di sana, Seti Gandaki.

Selain banjir, Pokhara juga rawan gempa. Yang terbesar yang pernah dicatat oleh sejarah pada tahun 2015.

Memiliki iklim subtropis yang lembab, Pokhara memiliki cuaca yang cukup sejuk di musim panas. Suhu tertinggi yang pernah tercatat adalah 38,5 derajat Celcius pada tahun 2013 dan suhu terendah 0,5 derajat Celcius pada tahun 2012.

Selain Annapurna, Pokhara memiliki beberapa tempat wisata seperti air terjun dan gua. Kota ini dilengkapi dengan 375 hotel standar dan kereta gantung Annapurna dari tepi danau ke Sarangkot.

Tonton video “Detik-detik Sebelum Kecelakaan Pesawat Nepal Terekam!”
[Gambas:Video 20detik]
(bulan/wanita)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button