Berita Wisata

Polres Belu menggagalkan penyelundupan 1,5 ton minyak tanah ke Timor Leste

Emmanuel Lodja | Rabu 30/11/2022 16:09 WIB

Bripka Samuel Y. Nakamnanu, Kepala Satpol Airud Polres Belu menggagalkan upaya penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) jenis minyak tanah ke negara Timor Leste.
Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto menyerahkan penghargaan atau hadiah kepada personel berprestasi, Kasubag Satpol Airud Patwal Air, Bripka Samuel Y. Nakamnanu di Mapolres Belu, Rabu (30/11/2022).

KATANTT.COM–Bripka Samuel Y. Nakamnanu, Kepala Satpol Airud Polres Belu menggagalkan upaya penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) jenis minyak tanah ke negara Timor Leste.

Kegagalan ini terjadi di pesisir Pantai Pasir Putih, Desa Kenebib, Kecamatan Kakulukmesak, Kabupaten Belu beberapa waktu lalu. Saat itu, dia sedang berpatroli di pantai.

Satpol PP Satpol PP Airud Belu menemukan perahu yang terparkir di pinggir pantai dengan muatan mencurigakan.

Merasa curiga, polisi tersebut langsung memeriksa isi perahu dan menemukan bahan bakar dalam jumlah besar yang tersimpan di puluhan jerigen.

Barang bukti juga diperoleh, yakni minyak tanah sebanyak 1.560 liter yang diangkut menggunakan 78 jerigen ukuran 22 liter, terdiri dari 63 jerigen putih dan 15 jerigen kuning.

Setiap jerigen diisi 20 liter bahan bakar, sehingga totalnya menjadi 1.560 liter atau 1,5 ton. Modus yang dilakukan tersangka dalam kasus ini adalah menyambut dan menunggu di pantai untuk dijemput oleh orang Timor Leste.

Selain mengamankan BBM, polisi juga mengamankan tersangka tersangka di sekitar Pantai Putih serta barang bukti berupa perahu kayu berwarna biru dan kuning dengan panjang 6 meter dan lebar 1,26 meter tanpa menggunakan motor bermotor. .

Kapolres Belu AKBP Yoseph Krisbiyanto SIK mengakui kasus tersebut sudah masuk tahap penyidikan. “Kami sudah menetapkan 1 tersangka berinisial NP,” ujarnya.

Tawarkan hadiah

Guna memotivasi anggotanya untuk menjalankan tugas secara profesional dan lebih baik lagi di masa mendatang, Kapolres Belu AKBP Yosep Krisbiyanto, SIK menganugerahinya dengan penyerahan penghargaan atau hadiah kepada personel yang berprestasi, Kasubdit Patwal Air Sat Pol Airud, Bripka Samuel Y. Nakamnanu pada Rabu (30/11/2022).

Penyerahan penghargaan ditandai dengan penyerahan penghargaan di Taman Apel Polres Belu.

Kapolres Belu AKBP Yosep Krisbiyanto, SIK mengapresiasi kinerja Bripka Samuel Y. yang menggagalkan upaya penyelundupan 1.560 liter BBM jenis minyak tanah ke wilayah Timor Leste.

Penghargaan ini diberikan sebagai motivasi bagi para anggota untuk bekerja dengan baik di masa mendatang dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Disebutkan, Bripka Samuel saat berpatroli menemukan adanya upaya penyelundupan BBM berton-ton tambahan melalui jalur laut.

“Apa yang dilakukan beberapa hari yang lalu bukanlah hal yang biasa tapi sebuah prestasi, maka dari itu kami memberikan reward sebagai motivasi agar kedepannya kami dapat bekerja dengan lebih baik lagi di bidang pekerjaan kami”, ujar Yosep Krisbiyanto.

Kapolres Belu AKBP Yosep Krisbiyanto berharap apa yang dilakukan Samuel bisa menjadi contoh. “Minimal kita harus bisa melakukan kegiatan seperti ini, jangan sampai kita menjadi bagian dari pelanggaran yang melukai hati masyarakat,” ujarnya.

TAGS : Penyelundupan Minyak Tanah Satpolair Polres Belu

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button