Berita Wisata

Polri menjamin keamanan tempat wisata selama Nataru

Polri menjamin keamanan tempat wisata dan pusat perbelanjaan selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Intinya, lokasi-lokasi tersebut, termasuk jalur balik, merupakan titik aman bahkan masuk dalam wilayah kerja satgas Ops Lilin 2022.

Divisi Humas Karopenmas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, jumlah pengunjung tempat wisata dan pusat perbelanjaan meningkat selama Nataru. Oleh karena itu, mereka menjadi pos pengamanan polisi.

“Fokus selain keselamatan jalur [mudik]tempat wisata, tempat keramaian seperti pertokoan dan sejenisnya,” ujarnya, Rabu (28/12).

Ramadhan berlanjut, arus lalu lintas di Jabodetabek dan jalur pulang juga meningkat selama Nataru. Puncak mobilitas masyarakat diperkirakan terjadi pada 30-31 Desember 2022.

“Kita akan laksanakan secara optimal bersama seluruh satgas terkait, termasuk satgas kehumasan, satgas penegakan hukum (kakkum), satgas kelancaran ketertiban lalu lintas”, ujar bintang jenderal ini.

Dia menjelaskan, keamanan bukan hanya mengantisipasi kekacauan atau ketidaknyamanan. Namun juga bertujuan untuk mengantisipasi bencana.

Guna meminimalisir risiko bencana, Polri mengerahkan pasukan dan sarana prasarana (sarpa) SAR. Selain itu, hujan lebat yang melanda berbagai wilayah Indonesia diperkirakan berlangsung hingga awal Januari 2023.

Penempatan staf dilakukan dari masing-masing daerah, bekerja dari lingkup sektor ke daerah, termasuk pemetaan daerah rawan bencana. Polri juga memiliki pasukan cadangan yang siap diterjunkan untuk menghadapi bencana alam, seperti penanganan gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button