Tempat Wisata

Posong Temanggung, nikmati matahari terbit keemasan dan matahari terbenam yang menakjubkan!

Posong Temanggung, nikmati matahari terbit keemasan dan matahari terbenam yang menakjubkan!

Posong Temanggung – Ada tempat wisata alam di Kabupaten Temanggung yang “mendadak” populer belakangan ini. Tren pengguna media sosial yang “cerewet” membawa banyak manfaat bagi tempat-tempat wisata yang sebelumnya kurang terekspos.

Apalagi ada pengguna media sosial yang suka eksis dan sedikit memotret. Hal ini tentu membuat tempat wisata yang mereka kunjungi semakin populer, apalagi jika mereka memiliki banyak pengikut atau teman di media sosial. Karena boomingnya yang tiba-tiba, objek wisata ini langsung populer. Sebaik Posong Temanggung Itu. Makin populer karena banyaknya foto-foto keren yang diunggah ke akun media sosial pribadi wisatawan.

Jadi bagi anda yang berdomisili di Jawa Tengah atau sedang berlibur ke Jawa Tengah sebagai wisatawan, jangan lewatkan keindahan objek wisata alam Posong Temanggung. Tempat wisata terbaru di Temanggung ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona dari ketinggian.

Di sini kita bisa menyaksikan keindahan alam pegunungan yang unik dan sangat memanjakan mata. Lokasinya di Padang Safana Kledung. Padang Safana sendiri merupakan bagian tengah antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang terlihat indah dari Kawasan Wisata Alam Posong Temanggung.

Keindahan Objek Wisata Posong TemanggungKeindahan Objek Wisata Posong Temanggung

Dari sini kita bisa menikmati indahnya matahari terbit ala pegunungan. Usahakan datang saat cuaca sedang cerah. Saat cuaca cerah, kita bisa menyaksikan matahari terbenam berwarna keemasan dengan pancaran sinarnya membelah kedua gunung tersebut.

Objek wisata ini buka mulai pukul 04.00 WIB. Jadi jika tidak ingin melewatkan pemandangan matahari terbenam yang mempesona, datanglah lebih awal karena kita sama-sama harus tahu bahwa jarak dari gerbang menuju Alun-Alun Pesong di Temanggung membutuhkan waktu berkendara sekitar satu jam.

Waktu untuk menikmati Golden Sunrise adalah pada pukul 06:00 WIB. Jadi usahakan membawa minuman hangat sendiri sembari menunggu munculnya matahari keemasan di paviliun yang disediakan. Kenakan juga jaket tebal, sarung tangan, topi, celana olahraga, dan kaus kaki. Suhu di Posong sudah cukup dingin.

Proses menuju munculnya Golden Sunrise. Pukul 05.45 WIB Anda akan disuguhi pemandangan terbenamnya matahari di Gunung Sumbing. Perlahan-lahan bayangan Merbabu, Merapi, Telomoyo, Muria dan Ungaran mulai terlihat. Jika Anda gemar fotografi, siapkan kamera SLR/DSLR dan tripod serta sesuaikan pengaturannya secara manual untuk mendapatkan gambar yang sempurna.

Pemandangan Golden Sunrise di Posong TemanggungPemandangan Golden Sunrise di Posong Temanggung

Rasakan dan nikmati hangatnya Golden Sunrise pada pukul 06.00 WIB. Jika beruntung, Anda akan melihat lautan awan dan pada sore hari Anda akan melihat pemandangan cerah bebas awan. Pemandangan puncak Merbabu, Merapi, Telomoyo, Ungaran, Muria, Sumbing dan Sindoro. Dari atas sini kita bisa melihat 7 puncak.

Sarana Wisata Alam di Posong Temanggung

Guna menambah kenyamanan wisatawan yang datang, juga tersedia pendopo untuk relaksasi sehingga wisatawan semakin nyaman dan menikmati indahnya panorama di sekitar objek wisata alam Posong.

Selain pendopo, di kawasan tersebut juga terdapat Flying Fox. Anda akan menikmati sensasi meluncur di udara sejuk pegunungan yang dihiasi hijaunya pepohonan dan tanaman masyarakat sekitar. Toilet juga tersedia di sini sebagai fasilitas penunjang pengunjung.

Camping di Posong TemanggungCamping di Posong Temanggung

Biaya Masuk Wisata Alam Posong Temanggung

Untuk biaya masuk tempat wisata alam di Posong ini kita hanya perlu membayar sebesar Rp. 7000. Harga tersebut sudah termasuk parkir untuk kendaraan roda dua. #Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Tempat wisata alam Posong Temanggung

Objek wisata Posong Temanggung terletak di Jl. Raya Parakan Wonosobo Km.9, Kecamatan. Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia 56264
Telepon: 0813-9297-3130
Jam buka: Buka hari ini · 3 pagi – 5 sore

Wisata Alam Posong Kledung TemanggungWisata Alam Posong Kledung Temanggung

Rute Menuju Wisata Alam Posong Temanggung

Saat Anda bepergian dari arah semarang Ambil jalur Pantura. Jalur Pantura Semarang Yogya melewati pertigaan Bawen, Ambarawa dan terakhir pertigaan Secang.

Setelah itu belok kanan dan ikuti jalan menuju Alun-Alun Kota Temanggung. Jika dari arah JogjaAmbil jalur Pantura Yogya-Semarang, lewati Magelang dan terakhir simpang Secang, belok kiri dan ikuti jalan tersebut hingga bertemu Alun-Alun Kota Temanggung.

Jika sudah sampai di Alun-alun Temanggung, menuju Wonosobo lewat Parakan. Sesampainya di Pasar Parakan, lurus saja menyusuri jalan menanjak menuju Kecamatan Kledung.

Hati-hati di jalur ini, berkelok-kelok dan rawan kecelakaan. Ikuti jalan menuju Wonosobo sekitar 5 hingga 7 km. Di sisi kanan jalan Anda akan menemukan gerbang wisata alam Posong

Tetap konsentrasi hingga menemukan gerbang kecil bertanda “Posong” di sisi kanan jalan. Gerbang ini akan Anda temukan setelah melewati jembatan 1 (jembatan kembar), lalu ada jembatan lagi lalu belok kanan. Tepat di lerengnya Anda bisa melihat gapura dengan tulisan “Posong” di sisi kanan jalan.

Wisatawan juga bisa mendirikan tenda di sini berkemah. Dari sini kita bisa menikmati keindahan malam yang mempesona. Pada malam hari terdapat milyaran bintang tepat di atas kepala kita, atau disebut Bima Sakti.

Pastikan untuk mengunjungi objek wisata Posong Temanggung saat musim kemarau. Pokoknya saat musim hujan hanya ada kabut. Namun hal yang sama juga berlaku di sini: faktor cuaca tidak bisa dijadikan patokan karena sudah tidak bisa diprediksi lagi. Terkadang musim berganti.

Sebagai pecinta alam, tentunya sudah menjadi tugas kita semua untuk menjaga dan merawat lingkungan demi anda, anak cucu kita.

Tempat wisata alam posong di Temanggung

Tempat wisata alam posong di TemanggungTempat wisata alam posong di Temanggung

Keindahan objek wisata di Posong ini menjadi daya tarik yang luar biasa bagi para netizen, sehingga tidak jarang pengunjung datang ke sini untuk mengabadikan momen indah di berbagai lokasi yang disediakan pemerintah.

Dengan mengunggah foto-foto cantiknya di media sosial, mereka menambah ketenaran tempat ini. Pengunjung mengabadikan momen di tempat sejuk ini dengan pemandangan pegunungan yang mempesona dan berbagai spot buatan.

Tempat kupu-kupu posong

Bagi yang berada di Temanggung dan sekitarnya, sayang sekali jika tidak mampir ke tempat ini karena pemandangan indahnya yang sangat luar biasa sehingga sayang untuk dilewatkan.

Dari informasi yang beredar di masyarakat, nampaknya nama objek wisata ini mempunyai arti kata “kosong”. Awalnya objek wisata ini merupakan sebuah pos kosong yang pernah digunakan oleh Pangeran Diponegoro.

Pos ini sengaja digunakan untuk mengelabui penguasa kolonial Belanda agar melakukan penyergapan terhadap pos yang kosong tersebut. Seiring berjalannya waktu, tempat ini tidak lagi sepi seperti dulu karena kawasan pos ini telah berubah menjadi kawasan yang sangat terawat dengan pemandangan keindahan alam yang dihadirkan disini untuk memuaskan para wisatawan yang datang kesini.

Tanda PosongTanda Posong

Letaknya yang berada di lereng Gunung Sindoro menjadikan objek wisata ini sangat menarik karena wisatawan disuguhkan keindahan pemandangan alam yang mempesona.

Apalagi wisatawan yang menyukai wisata alam disuguhi pemandangan matahari terbit yang mempesona. Jika ingin mengejar matahari terbit, sebaiknya datang ke sini saat fajar.

Meski udara masih dingin, Anda bisa datang ke sini dengan nyaman karena ditemani secangkir kopi hangat dan gorengan renyah. Tunggu hingga matahari berangsur terbit di balik Gunung Sumbing. Bahkan, tidak jarang kita bisa melihat pemandangan lanskap lautan awan yang menakjubkan.

Bukan hanya momen matahari terbit saja yang dinantikan wisatawan, matahari terbenam pun tak kalah indahnya lho. Anda akan disuguhkan dengan pesona matahari terbenam berwarna keemasan yang tiada tara, dimana keindahan sinarnya membelah dua gunung. Jika ingin menikmati pesona matahari terbenam, sebaiknya datang ke sini saat cuaca sedang cerah.

Puncak Posong TemanggungPuncak Posong

Bagi yang ingin liburan lebih berkesan jangan lupa untuk menginap di dekat objek wisata di Posong ini, khususnya bagi wisatawan yang bukan berasal dari kota Temanggung.

Ada banyak akomodasi yang siap melayani wisatawan. Sehingga kami merasa lebih puas lagi saat datang ke sini. Apalagi jika Anda suka berkemah, tidak ada salahnya membawa tenda dan perlengkapannya dari rumah. Jika kita menginap di dekat objek wisata ini, kita bisa menikmati momen berharga Posong Sunset dan Posong Sunrise di Temanggung.

posong kulinerkuliner posong

Biasanya waktu terbaik untuk menikmati matahari terbit adalah sebelum pukul 06.00 WIB. Di titik ini Anda akan disuguhkan momen Golden Sunrise.

Jika beruntung, Anda akan disuguhi pemandangan lautan awan yang menakjubkan dan, pada siang hari, panorama alam yang jernih dan bebas awan. Dari puncak Posong, traveler bisa melihat dengan jelas keindahan tujuh puncak sekaligus yaitu Ungaran, Merapi, Telomoyo, Merbabu, Sumbing, Muria dan Sumbing.

Menutup

Bagaimana? Anda ingin menikmati matahari terbit emas Posong Temanggung? Langsung saja ke TKP. Demikian ulasan yang bisa tiketwisataseru.com berikan untuk anda mengenai tempat wisata yang sedang hits banget di Temanggung. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Jangan lewatkan juga 21 tempat wisata di Dieng terpopuler

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button