Berita Wisata

Potensi Wisata Perkebunan Kopi dan Air Terjun di Desa Sukorejo Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso

Perkebunan Kopi Robusta terletak di Desa Sukorejo Kabupaten Bondowoso

JournalPost.com – Bicara objek wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan wisata, mulai dari wisata alam hingga wisata buatan. Padahal, banyak sekali potensi wisata di Indonesia yang indah dan sedap dipandang mata, namun sayangnya sedikit yang diketahui masyarakat. Contohnya adalah destinasi wisata yang terletak di Desa Sukorejo, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso. Setiap desa memiliki keunikan dan potensi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian setiap kepala keluarga, serta dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan sehari-hari.

Salah satu Program Kerja Bina Desa Tahun 2022 yang dilaksanakan Prodi Komunikasi Veteran FISIP UPN Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso adalah melakukan pengkajian kebutuhan untuk memetakan potensi wisata desa di Desa Sukorejo Kecamatan Sumberwringin. Pengembangan desa yang dipimpin oleh mahasiswa dan pembimbing lapangan meliputi kegiatan focus group yang melibatkan Dinas Pariwisata Kabupaten Bondowoso dan Diskoperindag, serta perangkat desa dan warga desa Sukorejo. Selain itu, dalam rangka mewujudkan pembangunan desa, para mahasiswa juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM kopi di desa tersebut.

Bondowoso dikenal dengan potensi wisatanya yaitu kopi yang sudah tersebar di seluruh dunia antara lain kopi Arabica, kopi Robusta, kopi Luwak dan berbagai jenis kopi lainnya. Bahkan karena kafe inilah maka Bondowoso memiliki julukan yaitu Republik Kopi Bondowoso. Kopi telah menjadi sumber daya alam yang dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Bondowoso. Hal ini juga dibuktikan dengan sebagian besar masyarakat yang tinggal di lereng Gunung Ijen, khususnya masyarakat desa Sukorejo, berprofesi sebagai petani kopi, mulai dari remaja hingga orang tua.

Perkebunan Kopi Robusta di Desa Sukorejo

Kualitas kopi Bondowoso tidak diragukan lagi, kopi Bondowoso dari desa Sukorejo adalah yang terbaik di Indonesia. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Yang pertama adalah hamparan perkebunan kopi yang luasnya lebih dari 10.000 ha dan berada di lereng Gunung Ijen dan Gunung Raung. Kemudian biji kopi tersebut dikelola oleh masyarakat desa Sukorejo yang telah bekerja sebagai petani kopi secara turun temurun. Dengan luas lahan yang demikian, ditambah dengan perawatan kopi yang maksimal oleh para profesional kopi, maka terciptalah biji kopi kelas dunia.

Luasnya perkebunan kopi yang ada merupakan potensi wisata bagi Desa Sukorejo yaitu pendidikan wisata kopi. Dimana eduwisata artinya desa yang dapat menjadi tujuan wisata dengan tema utama meningkatkan potensi yang ada di desa dan dapat dijadikan sebagai tempat pembelajaran bagi wisatawan yang datang ke desa tersebut. Wisatawan yang akan ke Gunung Ijen terutama akan melewati desa Sukorejo ini, dimana wisatawan bisa berhenti sejenak sambil menikmati kopi, alam, dan juga merasakan bagaimana kopi terbaik di Indonesia diolah mulai dari merawat tanaman, memanennya biji kopi, pengolahan menjadi biji kopi siap minum Potensi edukasi wisata kopi dapat memberikan pengalaman menarik dan pembelajaran baru bagi wisatawan yang berkunjung.

Mahasiswa pengabdian masyarakat pembangunan desa mengunjungi Air Terjun Puloagung
Dengan masyarakat setempat

Tak hanya bicara kualitas kopinya, potensi wisata desa Sukorejo juga ada di air terjun. Saat ini terdapat tiga air terjun cantik di desa Sukorejo, diantaranya air terjun Puloagung, Sukosawah dan Pondok Jeruk.

Air Terjun Puloagung, Desa Sukerjo,
Kabupaten Bondowoso

Perpaduan pemandangan alam yang indah, perkebunan dan hutan disekitarnya, serta udara yang segar dan segar membuatnya layak untuk dikunjungi. Air Terjun Puloagung merupakan air terjun terdekat yang bisa dikunjungi dari Dusun Kluncing di Desa Sukorejo. Sedangkan nama air terjun Sukosawah dan Pondok Jeruk diambil dari nama dusun tempat air terjun tersebut berada.

Penulis: Carissa, Alfian, Jasmine, Atha, Shinta, Ratih

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button