Berita Wisata

Pria Berpura-pura Mati Lalu Hidup Kembali Diketahui Punya Utang Rp 1,5 Miliar – Cakaplah

Bogor (CAKAPLAH) – Urip Saputra (40), alias warga Amerika, pria yang pura-pura mati lalu hidup kembali untuk menghindari kejaran debt collector, ternyata punya utang hingga Rp 1,5 miliar.

Hal itu disampaikan Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin usai melakukan pemeriksaan terhadap nama samaran AS Urip Saputra di Mapolres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (19/11/2022).

“Gagasan pura-pura mati datang dari Amerika Serikat untuk menghindari pembayaran utang dari tempat kerjanya sebesar Rp 1,5 miliar,” kata Iman kepada wartawan.

Iman mengungkapkan, semua rekayasa kematian dan kemudian kelahiran kembali itu bermula karena US malu memiliki utang di tempat kerjanya. Selain itu, ia memiliki posisi tertentu dalam organisasi. Karena itu, dia bertekad untuk bertindak sebentar berpura-pura mengalami kematian dan kemudian hidup kembali. Pertama dengan memesan ambulans, lalu peti mati, hingga naskah hidup di rumahnya.

“Hasil review yang kami lakukan memastikan bahwa Amerika Serikat tidak pernah mengalami kematian. Keluar (hidup lagi) dari peti itu direncanakan oleh Amerika Serikat,” kata Iman.

Bagi penyidik, kata Iman, naskah rekayasa kematiannya dibuat di Jakarta. Ide pura-pura mati muncul sesaat setelah Amerika Serikat kembali dari Semarang. Saat itu, ia dan istrinya tidak langsung menuju rumahnya di Rancabungur, Kabupaten Bogor. Namun, AS dan istrinya bermalam di Jakarta.

Di sinilah ide bermain mati dieksekusi atau direncanakan dengan hati-hati. Sang istri sempat memperingatkan bahwa perbuatan tersebut berdampak atau akan menimbulkan kegaduhan dan kegaduhan di masyarakat. Karena tidak ada pilihan lain, istrinya akhirnya terpaksa mengikuti keinginan Amerika.

“Jadi, memikirkan kewajibannya (membayar utang), jalan pendek muncul atau dia memikirkannya (dia mati dan kemudian hidup kembali),” katanya.

“Jadi utang itu untuk kebutuhan pribadinya dan sebagian dibeli untuk harta benda,” pungkas Iman.

Nama samaran Amerika Urip Saputra (40), pria yang pura-pura hidup setelah dinyatakan meninggal, diketahui menyerahkan diri ke Polres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/11/2022).

Urip menyerahkan diri setelah diburu karena diduga memanipulasi kematiannya untuk menghindari debt collector. “Ya, yang bersangkutan menyerahkan diri tadi malam (ke Polres Bogor),” kata Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Yohannes Redhoi Sigiro. ***

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silahkan menghubungi melalui email: [email protected]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button