Berita Wisata

Promo Kepulauan Seribu Mirip Maladewa, ajak wisatawan datang saat Natal dan Tahun Baru 2023

TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah Kabupaten pulau seribu pengetatan protokol kesehatan kedatangan dan keberangkatan wisatawan selama liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi dalam keterangannya di Jakarta Utara, Sabtu, 10 Desember 2022 mengatakan, pemantauan protokol kesehatan (prokes) dilakukan di setiap pelabuhan pemberangkatan dari Pelabuhan Kali Adem, Marina Ancol maupun dari pelabuhan Tanjung Pasir. dan pelabuhan Cituis, Rawasaban, Tangerang.

Pengawasan ini melibatkan unsur kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kementerian Perhubungan (Dishub), Kantor Otoritas Kesyahbandaran dan Kepelabuhanan (KSOP) serta Dinas Pariwisata. . Kelompok Kesadaran (Pokdarwis).

Junaedi meyakini wisatawan domestik dan mancanegara akan ramai berkunjung ke pulau wisata Kepulauan Seribu saat liburan Natal dan Tahun Baru.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu gencar mempromosikan wisata pusat perbelanjaan di kawasan Jabodetabek melalui “Jakarta Kepulauan Seribu Travel Fair” yang berakhir Jumat di Baywalk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

“Melalui Sudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu (Sudin Parekraf), mereka melakukan berbagai promosi di mall-mall Jabodetabek untuk menarik kunjungan wisatawan,” kata Junaedi.

Promosi wisata ini terus digencarkan agar masyarakat di luar Jakarta tahu bahwa ada tempat wisata bagus di Jakarta yang menyerupai Maldives atau Kepulauan Maladewa.

Meski demikian, Junaedi mengimbau wisatawan yang datang berlibur ke Kepulauan Seribu untuk menghormati protokol kesehatan. Saat ini, Jakarta masih berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Baca: Wisatawan Kembali Usai Libur Tahun Baru ke Pulau Seribu

Wisatawan Kepulauan Seribu ditargetkan mencapai 5.000 orang

Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu, Puji Hastuti optimistis lima ribu wisatawan akan datang berlibur ke Kepulauan Seribu saat liburan Natal dan Tahun Baru.

“Kami akan menggelar pentas musik pada malam tahun baru di Pulau Untung Jawa (Kepulauan Seribu Selatan) dan Pulau Panggang (Kepulauan Seribu Utara). Kami berharap bisa menarik wisatawan,” ujarnya.

Puji menambahkan, siswa SD, SMP, dan SMA juga tertarik datang ke Pulau Untung Jawa karena ramah anak dan keluarga.

Desa Pulau Untung Jawa juga menawarkan wisata edukasi sejarah dan religi seperti Pulau Onrust, Pulau Cipir, Pulau Kelor dan masih banyak lagi seperti tempat hiburan dan olahraga air.

Kecamatan ini juga memiliki puskesmas ramah anak dan kamar anak terpadu, Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Amiterdam dan Taman Arsa yang memiliki sarana dan fasilitas hiburan bagi penyandang disabilitas.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu juga mengkampanyekan pantai bebas asap rokok di beberapa tempat wisata, seperti di Pulau TidungKepulauan Seribu Selatan.

Baca Juga: Bupati Kepulauan Seribu Minta Heru Budi Masukkan Pulau Reklamasi PIK 2 ke Wilayahnya

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button