Tempat Wisata

Pulau Abang Batam – Atraksi, Kegiatan Liburan, Tempat dan Biaya Tour

Pulau Abang Batam – Atraksi, Kegiatan Liburan, Tempat dan Biaya Tour
Biaya tur: Dari Rp 290.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Tentu kita semua tahu Kota Batam. Kota Batam merupakan salah satu kota di Indonesia. Anda bisa menemukan banyak tempat wisata eksotis di kota ini. Memang, keindahan tempat wisata ini mampu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu rekomendasi tempat wisata populer dan hits kekinian yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Abang. Keindahan yang dapat ditemukan di tempat ini begitu mempesona dan tidak dapat Anda temukan di tempat lain. Untuk itu, Anda sangat disarankan untuk mengunjungi pulau ini.

Saat ini pemerintah tengah fokus untuk menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata, khususnya untuk wisata bahari. Untuk lebih jelasnya berikut adalah atraksi, fasilitas, harga tiket dan hal-hal lain yang berkaitan dengan tempat wisata yang perlu Anda ketahui.

Daya Tarik Pulau Abang

Daya Tarik Pulau AbangSumber gambar: Google Maps Adi ATM

1. Panorama alam yang belum terjamah

Pulau Abang dikenal memiliki banyak keunikan yang tidak ditemukan di tempat wisata lainnya. Pesonanya bahkan menandingi Bunaken di Kota Manado. Bahkan, tak sedikit wisatawan yang membandingkan pesona pulau ini dengan pesona Raja Ampat yang begitu tersohor.

Saat berada di sana, Anda akan terpesona dengan panorama yang masih begitu alami. Seiring perkembangan zaman, pesona Pulau Abang juga semakin terekspos melalui media internet. Di media sosial Anda akan menemukan video dan foto keindahan alam yang masih alami dari pulau mempesona ini.

Pantainya masih begitu jernih dan bersih. Selain itu, pemandangan bawah lautnya dipenuhi terumbu karang warna-warni. Bawah air dipenuhi dengan terumbu karang.

Tempat ini benar-benar menjadi surga bagi para wisatawan, terutama bagi mereka yang menyukai aktivitas laut. Tak heran jika wisatawan mancanegara betah berada di tempat ini.

2. Panorama bawah laut yang begitu menakjubkan

Pulau Abang memang merupakan salah satu kawasan wisata yang tidak begitu populer dan terkenal dibandingkan dengan tempat lain. Anda dapat mengunjungi pulau kapan pun Anda mau.

Karena belum ada jam buka. Jangan lewatkan atraksi pemandangan bawah laut yang mempesona. Vegetasi terumbu karang di bagian bawah laut pulau ini merupakan surga bagi para penyelam. Apalagi disini buat kamu penggemar aktivitas snorkling dan diving.

Keberadaan terumbu karang yang masih begitu terjaga dan alami menyebabkan biota laut berkumpul. Oleh karena itu, menemukan keindahan alam di pulau ini tidaklah sulit.

3. Ada karang langka di Pulau Abang

Atraksi yang dimiliki oleh Pulau AbangSumber Gambar: Setiawan Lulu Google Maps

Daya tarik selanjutnya adalah Anda akan menemukan karang langka yang sulit ditemukan di tempat wisata lainnya. Karang-karang tersebut menjadi indikasi bahwa pulau ini masih sangat terawat dan juga belum banyak dijamah oleh wisatawan.

Begitu sampai di Pulau Abang, Anda akan langsung menyadari bahwa tempat ini memiliki air yang begitu jernih dan bersih. Itu salah satu kemewahan yang bisa ditemukan, terutama di era tercemar seperti ini. Terumbu karang langka yang ditemukan di perairan pulau ini disebut Blue Coral.

Pengembangan objek wisata karang biru saat ini dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Batam sendiri. Tidak hanya terbatas pada pulau ini saja, kawasan sekitarnya juga memiliki potensi Blue Coral yang juga indah dan menarik.

Selain karang langka, ikan teri hijau juga bisa ditemui di panorama bawah laut Pulau Abang. Tentunya Anda tidak boleh melewatkan keindahan pantai yang begitu memikat.

Karena pasir putihnya begitu lembut dan halus di tempat ini. Ada pemandangan pohon kelapa yang berjejer menambah asri suasana.

4. Sejarah pulau yang menarik

Sejarah Pulau Abang sendiri sangat menarik. Padahal potensi sejarah tempat ini belum banyak dieksplorasi. Sejarah sejarah pulau ini erat kaitannya dengan sebuah kerajaan di negara melayu. Begitu juga dengan penjajah pada jaman dahulu yaitu Belanda.

Seperti diketahui, keinginan para penjajah adalah selalu ingin menjadi penguasa. Akhirnya Belanda mulai memutuskan untuk berperang dan menyerang wilayah yang dikuasai Kerajaan Penyengat. Hal ini akhirnya menyebabkan beberapa anak raja melarikan diri dan pergi ke tempat yang jauh.

Tujuannya adalah tempat yang tidak bisa dijangkau oleh pasukan Belanda. Akhirnya mereka membawa seluruh keluarga bersama mereka. Nama rajanya adalah Raja Teleng dan Raja Tak. Mereka akhirnya mulai memutuskan untuk tinggal di kawasan paling selatan, Pulau Abang Besar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau AbangSumber gambar: Google Maps Haris Subagya

Pulau Abang terletak di sebelah selatan Kota Batam, tepatnya di Provinsi Kepulauan Riau. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Batam, dibutuhkan waktu setidaknya 2 jam untuk mencapai pulau tersebut.

Karena akses jalan menuju pulau ini sangat bagus, Anda tidak perlu repot mencari sarana transportasi. Anda juga bisa menuju ke arah Jembatan Balerang. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2 jam. Setelah melakukan perjalanan, perlu menyeberang ke wilayah pulau. Penyeberangan itu sendiri memakan waktu setidaknya 30 menit.

Untuk dapat melakukan penyeberangan, alat transportasi yang digunakan adalah kapal pompong. Dari Jembatan Barelang sendiri jaraknya kurang lebih 12 km. Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan fungsi Google Maps.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Estimasi biaya perjalanan ke Pulau AbangKredit foto: Google Maps Krishnendu Sarma

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Pulau Abang, tidak perlu khawatir dengan berapa harga tiket yang harus Anda keluarkan. Disarankan untuk menggunakan jasa travel dan tour serta memanfaatkan paket-paket tertentu.

Tentunya dengan menggunakan jasa tour and travel akan membuat liburan anda semakin seru. Pulau Abang sendiri merupakan salah satu tempat wisata murah. Dibandingkan tempat wisata lain di Kota Batam, berkunjung ke pulau ini relatif terjangkau.

Untuk menggunakan layanan ini, Anda harus menyiapkan setidaknya biaya sekitar Rp 290.000. Dengan biaya tersebut Anda sudah bisa memesan paket perjalanan seharian penuh.

Aktivitas seru di Pulau Abang

Aktivitas seru di Pulau AbangKredit foto: Google Maps samsi cembre11

1. Memancing di area pulau

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di pulau Abang Besar. Salah satu kegiatan tersebut adalah memancing. Kawasan ini memang sangat cocok jika digunakan untuk memancing. Hal ini dikarenakan banyaknya terumbu karang yang menjadi habitat ikan di tempat ini. Dan tentu saja ini adalah surga bagi para nelayan.

2. Nikmati menyelam di bawah laut

Sepertinya seperti yang sudah disebutkan di atas, kegiatan yang juga sangat menarik dan tidak boleh dilewatkan adalah scuba diving. Pulau Abang dan sekitarnya memang tempat yang sangat cocok untuk kegiatan diving ini. Pemandangan bawah laut yang tak terlupakan dari Purwakarta.

3. Temukan dan nikmati keindahan alam

Aktivitas seru di Pulau AbangKredit foto: Google Maps Anita Windey

Setelah Anda melakukan kegiatan-kegiatan yang disarankan di atas, maka tidak ada salahnya untuk sekedar menjelajah atau menikmati keindahan alam yang ada di sekitar Anda. Suasananya begitu asri, alami dan jauh dari polusi sehingga Anda bisa dengan mudah bersantai di pulau ini.

4. Berburu foto

Mengingat keindahan yang ditawarkan pulau hits ini, wajar jika banyak spot foto menarik yang bisa ditemukan. Oleh karena itu, jika ingin berkunjung ke tempat ini, jangan lupa membawa kamera.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di Pulau AbangSumber gambar: Google Maps Haris Subagya

Pulau Abang merupakan salah satu tempat wisata yang masih terbilang baru. Oleh karena itu, cukup sulit menemukan fasilitas di tempat ini. Jika Anda berencana untuk datang ke tempat ini, sebaiknya Anda memesan paket wisata untuk mendapatkan fasilitas yang lebih mudah.

Akomodasi tersedia bagi Anda yang ingin bermalam. Harga semalam juga relatif murah. Namun, harga ini akan disesuaikan untuk mengakomodasi akomodasi semalam yang disediakan nanti.

Jika Anda mengunjungi kami, Anda harus datang ke sini pada bulan Maret dan Agustus. Atau bisa juga memilih di bulan September dan November. Padahal, cuaca di pulau itu sangat mendukung wisatawan selama bulan-bulan tersebut.

Itu tadi gambaran lengkap Pulau Abang di Kota Batam yang wajib Anda ketahui. Jika Anda mengetahui atraksi, fasilitas, harga tiket, aktivitas seru dan hal-hal lain yang berkaitan dengan tempat wisata, Anda akan lebih mudah untuk datang ke tempat ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button