Tempat Wisata

Pulau Asu di Nias: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Negara kita, Indonesia, sebenarnya sangat beruntung dengan bentuk negara kepulauannya. Karena letak geografis tersebut, terdapat banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi dengan tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang yang hanya menganggap Bali adalah tempat yang tepat untuk berlibur, namun nyatanya bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa, Jawa Timur juga merupakan surga tersendiri bagi para pecinta travel. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata antara lain taman bermain, taman air, museum, candi, air terjun, pantai dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk merencanakan liburan Anda ketika Anda dapat menemukan tempat-tempat menarik di dekat Anda. Seperti Pulau Nias di Sumatera Utara, ada satu objek wisata yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Pulau Asu.

Destinasi wisata Pulau Asu sendiri tepatnya berada di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara. Bagi anda yang sedang merencanakan perjalanan ke pulau sumatera lebih tepatnya sumatera utara banyak tempat yang sangat bagus untuk dikunjungi terutama untuk wisata alam. Nah, bagi pecinta wisata yang menyukai hal-hal yang berbau alam, dijamin akan sangat dimanjakan dengan kekayaan wisata alam yang ada di wilayah Sumatera Utara. Dan Pulau Asu sendiri dianggap banyak orang sebagai tempat wisata terindah di Pulau Nias.

Suasana tenang dan angin sepoi-sepoi yang membawa aroma lautan akan menyambut Anda begitu memasuki Pulau Asu. Pulau yang luasnya hanya sekitar 18 km ini juga dihuni sekitar 20 kepala keluarga. Sepanjang pantai Anda bisa bermain voli di atas pasir putih yang terasa empuk di kaki Anda atau sekadar bermain pasir bersama anak-anak Anda. Kemudian warna lautnya mirip dengan birunya langit, apalagi saat air laut ini berkilauan terkena sinar matahari. Membuat siapa saja yang melihatnya tidak ingin kemana-mana.

Ada juga berbagai aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung disana, seperti fun snorkeling bagi anda yang ingin merasakan segarnya air laut dan melihat pemandangan bawah laut, serta ombak yang tinggi disana juga cocok untuk pengunjung yang hobi surfing. Berlibur di Pulau Asu memang seperti menginap di surga pribadi yang indah tersembunyi.

Fasilitas di Pulau Asu

Sedangkan fasilitas objek wisata Pulau Asu tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa Anda temukan seperti:

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Berjam-jam bermain di pantai pasti akan membuat perut Anda lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar pantai Anda akan menemukan warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– pondok

Karena di sana dibangun pondok-pondok, Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan air laut yang biru, pasir putih yang indah, dan pepohonan di sekitarnya.

– Akomodasi

Di sekitar kawasan pantai, bagi Anda yang membutuhkan penginapan bisa memilih homestay di rumah penduduk. Harganya juga bisa dinegosiasikan terlebih dahulu.

– Tempat peristirahatan umum

Ada juga salah satu fasilitas penting ini di sana, tetapi agak jauh karena berada di pemukiman penduduk.

Berburu foto di pulau Asu

Saat berlibur, jangan lupa untuk membawa beberapa perlengkapan fotografi, seperti kamera handphone atau bahkan kamera professional. Karena ketika seseorang datang ke suatu tempat wisata yang menarik, maka akan dijumpai pemandangan alam yang berbeda-beda, dan tentunya kamera dapat membantu untuk mengabadikannya, dan juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk diperlihatkan kepada kerabat di rumah. Bagi pecinta foto pemandangan alam, ada banyak spot foto keren di objek wisata Pulau Asu. Misalnya di pantai saat Anda bermain voli bersama teman lalu berfoto dengan latar belakang laut biru yang indah. Anda juga bisa menggunakan pepohonan di sekitarnya sebagai spot foto. Dan jika Anda membawa kamera tahan air, Anda bisa mengabadikan momen seru dengan aktivitas snorkeling yang menyenangkan dan membawa pulang foto pemandangan bawah laut yang indah.

Bagaimana menuju ke Pulau Asu

Sesampainya di Bandara Binaka, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke kota Sirombu dengan kendaraan bermotor. Rutenya adalah: Jl. Raya Pelud Binaka – Arah Nias Tengah – Jl. Tuhembuasi-Jl. Raya Tuwuna-Jl. Prof. M. Yamin – Loholia Mandrehe Bar – Jl. Fabaliwa-Sirombu. Dari kota Sirombu, tinggal naik perahu menuju Pulau Asu.

• Melalui Laut : Sesampainya di Pelabuhan Gunungsitoli, Anda dapat langsung melanjutkan perjalanan ke kota Sirombu dengan kendaraan bermotor. Rutenya adalah: Jl. Kartini-Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo-Jl. Sudirman-Jl. Pancasila-Jl. Sutomo-Jl. Arah AW Harefa – Nias Tengah – Jl. Tuhembuasi-Jl. Raya Tuwuna-Jl. Prof. M. Yamin – Loholia Mandrehe Bar – Jl. Fabaliwa-Sirombu. Dari kota Sirombu, tinggal naik perahu menuju Pulau Asu.

• Jalur darat: Dari pusat kota Gunungsitoli, Anda tinggal melanjutkan ke kota Sirombu melalui jalur berikut: Jl. Sutomo-Jl. Arah AW Harefa – Nias Tengah – Jl. Tuhembuasi-Jl. Raya Tuwuna-Jl. Prof. M. Yamin – Loholia Mandrehe Bar – Jl. Fabaliwa-Sirombu. Dari kota Sirombu, tinggal naik perahu menuju Pulau Asu.

Biaya masuk ke Pulau Asu

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Namun, ingatlah bahwa Anda harus menyeberangi Pulau Asu dengan perahu untuk mengunjunginya.

(Diperbarui Mei 2023)

Jam operasional Pulau Asu

Buka 24 jam sehari

Peta Pulau Asu

Tips mengunjungi Pulau Asu

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pulau Asu semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Asu adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pulau Asu bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa agen perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pulau Asu.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima selama berlibur di Pulau Asu.

Galeri Pulau Asu di Nias

Akses dari pelabuhan ke Pulau Asupantai berpasirpantai berbatupilihan akomodasifasilitas istirahatkeindahan lautMatahari terbenam di Pulau Asu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button