Tempat Wisata

Pulau Bair Maluku – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Tour

Biaya tur: Dari Rp 10.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Dullah Laut, Kec. Pulau Dullah Utara, Kota Tual, Maluku; map: pemeriksaan situs

Pulau Bair merupakan salah satu destinasi wisata di Kepulauan Maluku Tenggara yang memiliki sejuta wisata alam. Pulau cantik ini terkenal dengan pemandangan puncak bukitnya yang mempesona. Selain itu, air lautnya yang berwarna biru kehijauan menambah eksotisme pulau ini. Tidak banyak orang yang mengetahui tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan luar biasa ini.

Pulau yang mempesona ini memperlihatkan pesona alamnya yang masih terjaga, sehingga tidak heran jika banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan pulau ini. Banyak pengunjung menyebut pulau ini mirip dengan Raja Ampat. Keindahan pulau yang masih asri ini akan membuat setiap orang terpesona.

Fasilitas di Pulau Bair cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti berenang, memancing, dan snorkeling. Selain itu, pengunjung juga sangat disarankan untuk menjelajahi pulau cantik ini dengan menyewa perahu.

Daya tarik yang dimiliki Pulau Bair

Obyek wisata Pulau BairKredit foto: Google Maps Muhammad Usmar Arif

Sebagai kawasan wisata yang menampilkan pesona alamnya, pulau cantik ini memiliki banyak daya tarik tersendiri. Mulai dari air lautnya yang identik dengan warna biru kehijauan, hingga tebing-tebing menjulang tinggi yang mengelilingi pulau ini. Air laut yang masih jernih menandakan bahwa Pulau Bair yang indah ini sangat bersih.

1. Pemandangan alam yang mempesona

Memang kawasan wisata pulau yang indah ini menyuguhkan sejuta pesona alam yang masih asri. Pulau cantik ini memiliki keunikan tersendiri yang tentunya berbeda dengan pulau lainnya. Salah satunya adalah adanya dua teluk yang diketahui airnya jernih. Mengunjungi tempat wisata ini, pengunjung dapat dengan jelas melihat biota laut.

Tak hanya itu, lautnya yang tenang menambah daya tarik pulau ini. Selain itu pemandangan dari atas tebing yang menjulang tinggi seperti di kawasan wisata Raja Ampat. Ditambah dengan latar belakang hutan mangrove yang hijau, tentu sangat menyegarkan mata para pengunjung.

2. Memiliki ombak yang ideal untuk olahraga air

Daya tarik selanjutnya dari Pulau Bair adalah ombak yang ideal untuk olahraga air. Bagi wisatawan yang hobi berenang sangat cocok mengunjungi tempat wisata ini. Identik dengan ombak yang tenang, tentunya pengunjung bisa memanfaatkannya untuk berenang atau sekedar bermain air.

Kemudian pengunjung juga bisa menikmati aktivitas lain seperti snorkeling dan diving. Dengan mencoba aktivitas ini, pengunjung bisa melihat keindahan surga bawah laut pulau cantik ini. Karena air lautnya jernih dan bersih, pengunjung merasa aman untuk mencoba olahraga air tersebut.

3. Menjelajahi gang-gang orang mati yang mempesona

Pulau cantik ini memiliki cul-de-sac yang sangat menawan. Salah satu daya tarik pulau cantik ini adalah adanya dua tebing yang disebut Alley of the Dead. Tebing menjulang tinggi membentuk sudut sempit sehingga perahu pun tidak bisa melewati terowongan ini.

Untuk menjelajahi keindahan Totengasse, wisatawan hanya perlu berenang. Di balik namanya yang seram terdapat pesona gang ini. Pengunjung dapat menikmati keindahan tebing yang ditumbuhi tumbuhan hijau dan merasakan jernihnya air laut yang sangat mempesona.

4. Memiliki hutan bakau yang indah

Daya tarik selanjutnya adalah keindahan hutan bakau di kawasan eksotik Pulau Bair ini. Adanya tumbuhan bakau membuat udara di tempat wisata ini sangat sejuk. Saat berkunjung, wisatawan akan merasakan segarnya udara di pulau ini. Selain itu, disandingkan dengan pemandangan laut biru, tentunya sangat menyegarkan mata.

5. Dapat melihat hiu ujung hitam

Atraksi lain yang jarang ditemukan di pulau cantik ini adalah pengunjung bisa melihat hiu blacktip. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat spesies hiu ini sambil berjalan menembus hutan bakau di pulau cantik ini. Banyak pengunjung percaya bahwa kawasan bakau adalah rumah bagi hiu blacktip.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat langsung berbagai spesies ikan lainnya. Mengingat jernihnya air laut, setiap orang yang datang bisa melihat keanekaragaman dan keindahan biota laut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Pulau BairSumber Gambar: Google Maps Uragapati

Pulau Bair merupakan destinasi wisata di Kota Tual di Maluku Tenggara. Akses menuju tempat wisata ini cukup mudah bagi wisatawan. Sepanjang jalan, pengunjung akan menemukan banyak petunjuk arah untuk menuju kawasan wisata eksotik ini. Jalan yang akan dilalui cukup dapat dilalui kendaraan pribadi maupun umum.

Namun bagi pengunjung yang datang dari luar pulau, bisa juga menuju ke Langgur, ibu kota Kabupaten Maluku Utara. Sesampainya di kota ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor untuk menuju tempat wisata pulau cantik ini. Layanan perjalanan juga tersedia jika pengunjung tidak membawa kendaraan pribadi.

Wisatawan yang ingin menggunakan kendaraan pribadi dapat mengambil jalur menuju Dullah Barat. Setelah sampai di kawasan tersebut, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke kawasan pulau dengan menggunakan speedboat yang disediakan pengelola setempat di Dermaga Dullah Barat.

Waktu yang dibutuhkan wisatawan sekitar 2 jam. Setelah itu, pengunjung bisa menikmati keindahan Raja Ampat versi mini ini. Perjalanan panjang yang harus ditempuh pasti akan terbayar dengan sejuta pesona pulau yang mempesona ini.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket wisata Pulau BairSumber Gambar: Google Maps Ndarupraset

Untuk masuk dan menikmati keindahan Pulau Bair, pengunjung dikenakan biaya mulai dari transportasi hingga akomodasi. Jika Anda berasal dari luar daerah maka Anda harus membayar biaya transportasi menuju kawasan wisata ini. Biaya pesawat yang dikeluarkan pengunjung berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta tergantung maskapai yang dipilih.

Jika pengunjung menggunakan jasa sewa kendaraan pribadi seperti mobil akan dikenakan biaya sekitar Rp300.000 hingga Rp500.000 per hari. Namun, jika pengunjung ingin menggunakan transportasi umum, akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Wisatawan yang datang akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 hingga Rp 75.000 untuk naik speedboat.

Kawasan wisata pulau ini juga menawarkan penginapan atau resort bagi pengunjung. Tentunya tergantung akomodasi yang dipilih, akan dikenakan biaya saat berkunjung ke wisata pulau eksotik ini. Sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin merasakan keindahan pulau ini.

Aktivitas seru di Pulau Bair

Kegiatan wisata di Pulau BairSumber gambar: Google Maps Ely Agustina

1. Nikmati pemandangan pulau yang eksotis

Tidak ada alasan untuk meragukan keindahan Pulau Bair, pesona alamnya yang memukau akan membuat pengunjung betah berada di kawasan wisata ini. Selain itu, pemandangan alamnya sangat mempesona jika dilihat dari atas tebing. Namun, wisatawan juga perlu berhati-hati saat menjelajahi tebing yang agak terjal di pulau ini.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan pulau cantik ini dari atas Coral Hill. Menariknya, ada wisatawan yang bisa menjelajahi setiap keindahan pulau ini dengan menyewa perahu yang disediakan pengelola setempat.

2. Bersantai dan berjemur

Mengunjungi pulau yang terkenal dengan pantai berpasirnya yang bersih belum lengkap rasanya jika tidak berjemur di atasnya. Wisatawan asing dapat menikmati perasaan bersantai dan berjemur di atas pasir yang bersih. Selain itu, teriknya matahari di pulau ini sangat cocok untuk kegiatan yang satu ini juga.

3. Berenang dan bermain air

Hal menarik lainnya yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pulau Bair adalah berenang dan bermain air. Air laut yang bersih dan jernih menggoda pengunjung untuk berenang atau sekedar bermain air. Pengunjung dapat dengan aman melakukan kegiatan ini karena ombak di pulau ini dinilai sangat tenang.

4. Menyelam dan snorkeling

Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas Menyelam tetap snorkel bisa coba di pulau cantik ini. Selain itu, kawasan wisata ini masih alami sehingga keindahan bawah lautnya masih terjaga dengan baik. Pengunjung bisa melihat keindahan biota laut seperti di negeri dongeng.

5. Ambil foto

Kegiatan menarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur di pulau eksotis ini adalah fotografi. Segala keindahan pulau cantik ini patut diabadikan dalam rekaman kamera. Selain itu, terdapat banyak spot menarik dengan background landscape terbuka yang akan membuat hasil foto Anda semakin berwarna.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Wisata Pulau BairKredit foto: Google Maps Bro Ri

Sebagai kawasan pulau wisata yang menyuguhkan beragam keindahan alam, fasilitas yang disediakan tentunya cukup memadai untuk menunjang aktivitas pengunjung. Pengelola Pulau Bair telah menyediakan berbagai fasilitas untuk melengkapi segala kegiatan wisata. Dengan begitu, wisatawan akan betah berada di tempat wisata ini.

Penyewaan perlengkapan merupakan salah satu fasilitas umum yang disediakan bagi pengunjung Menyelam atau terserah snorkel ke perahu speedboat juga tersedia. Tentunya fasilitas tersebut disediakan bagi setiap pengunjung yang ingin menikmati keindahan panorama pulau eksotik ini.

Itulah beberapa daya tarik fasilitas yang ada di Pulau Bair di Maluku Tenggara. Pengunjung bisa memanfaatkan berbagai fasilitas untuk menikmati keindahan pesona pulau ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button