Tempat Wisata

Pulau Bangka Ketawai Tengah – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya Tur: Mulai dari Rp20.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: kabupaten Kurau. Koba, Kab.Bangka Tengah, Kepulauan Bangka-Belitung; map: Cek lokasi

Anda yang berwisata ke Kepulauan Bangka Belitung tidak perlu repot memilih tempat wisata untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Karena gugusan Kepulauan Bangka Belitung tidak lagi mempersoalkan eksotismenya. Seperti Pulau Ketawai ini. Berlibur di gugusan Kepulauan Bangka Belitung ini akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda bagi wisatawan.

Pulau Ketawai terletak di Kabupaten Bangka Tengah dengan luas sekitar 30 hektar. Pemandangan eksotis pasir putih dan pohon kelapa yang menjulang tinggi dengan suasana asri dari hutan mangrove menjadikan pulau ini tempat liburan keluarga yang populer. Hamparan laut biru mudah ditemukan wisatawan saat berkunjung ke pulau ini.

Tidak hanya itu, wisatawan yang berkunjung juga dapat merasakan seperti berada di pulau pribadi karena pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Benar-benar menarik, bukan? Oleh karena itu, tidak heran jika pulau ini mampu menarik banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri. Dengan semua hal yang ditawarkan pulau ini, ini adalah favorit. Tertarik?

Pemandangan Pulau Ketawai

Tempat wisata di pulau ketawaiSumber gambar: Twitter bangka terbaru

Pulau Ketawai adalah pulau eksotis di Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni namun jika anda meminta pengunjung. Pulau ini dapat menarik wisatawan dari dalam maupun luar daerah. Banyak wisatawan yang rela datang dari luar daerah hanya untuk merasakan daya tarik yang sebenarnya dari pulau di Kepulauan Bangka Belitung ini.

1. Kesan eksotiknya lengket banget

Hamparan pasir putih yang luas berpadu dengan birunya lautan memberikan nuansa eksotis pada pulau ini. Selain itu, sambutan alam berupa deretan pohon kelapa yang menjulang menambah nuansa eksotis. Selain itu, wisatawan yang berkunjung juga akan disambut dengan semilir angin yang dibawa oleh ombak kecil lautan dan riak daun kelapa.

2. Kesendirian pulau menciptakan suasana yang tenang

Pulau Ketawai memiliki suasana yang tenang karena pulau yang merupakan bagian dari Kepulauan Bangka Belitung ini tidak berpenghuni. Mungkin lokasinya yang tenang merupakan kekecewaan tersendiri, tetapi bagi sebagian orang, suasana tenang pulau ini membuatnya menjadi daya tarik tersendiri. Wisatawan yang mengunjungi mereka akan merasa seperti berada di pulau pribadi mereka sendiri. Belum lagi kesan eksotisme yang ditawarkan.

3. Pemandangan indah biota laut yang sayang untuk dilewatkan

Pulau yang memiliki luas sekitar 30 hektar ini juga memiliki pemandangan alam bawah laut yang terkenal indah. Oleh karena itu, sangat disayangkan bagi Anda yang berwisata ke pulau ini tanpa menyaksikan keindahan biota lautnya. Berbagai jenis terumbu karang tersedia di sini dan merupakan bagian dari konservasi. Menyelam merupakan aktivitas yang sangat cocok jika dilakukan di pulau eksotis ini.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau KetawaiSumber gambar: Twitter Indonesia yang indah

Pulau Ketawai merupakan salah satu destinasi wisata alam berupa pulau eksotis yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Kabupaten Bangka Tengah, Desa Kurau. Pulau ini terletak 54 km dari pusat Provinsi Bangka Belitung. Meski jaraknya cukup jauh, wisatawan tidak akan kecewa jika menginjakkan kaki di sini. Karena eksotisme panorama yang dihadirkan sendiri memanjakan mata.

Sebelum mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengunjungi pulau ini, ada baiknya mengetahui rute yang akan ditempuh. Wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi pulau ini dapat melalui dua itinerari yaitu perjalanan darat dan perjalanan laut. Wisatawan juga tidak perlu bosan saat berwisata, karena kelezatan alam Bangka Belitung akan menghilangkan kejenuhan berwisata.

Akses jalan pertama yang dilalui adalah jalan akses yang dapat diakses dari Bandara Depati Amir. Setelah wisatawan tiba di Bandara Depati Amir, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan taksi atau angkutan umum untuk menuju Desa Kurau. Jarak dari Bandara Depati Amir ke Desa Kurau kurang lebih 35 km dengan waktu tempuh hanya 30 menit.

Setelah berkendara menuju Desa Kurau, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan laut menuju pulau tujuan. Wisatawan dapat menggunakan jasa sewa perahu nelayan milik masyarakat yang mengantar wisatawan ke pulau tujuan. Komitmen waktu adalah 1 jam. Wisatawan juga disarankan untuk memulai perjalanan pada pagi hari agar tidak menjumpai ombak yang besar, sehingga akan memudahkan para nelayan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau KetawaiSumber gambar: Twitter hai

Pulau Ketawai agak jauh dari Provinsi Bangka Belitung. Meski jauh dan akses jalan juga memiliki dua jalur, wisatawan yang berkunjung ke pulau eksotis ini tidak pernah merasa kehilangan waktu dan tenaga yang harus dicurahkan untuk berkunjung. Karena dengan keeksotisan yang ditawarkan pulau ini, seolah-olah Anda bisa membeli tenaga dan waktu untuk sampai ke sana.

Lokasinya yang eksotis dengan berbagai atraksi akan menarik setiap orang untuk mengunjungi pulau di Kepulauan Bangka Belitung ini. Dengan menyediakan dana sebesar Rp20.000 untuk transportasi darat dengan angkutan umum, wisatawan dapat melakukan perjalanan dari bandara menuju Desa Kurau. Seperti, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi pulau ini?

Aktivitas Seru di Pulau Ketawai

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di Pulau KetawaiKredit foto: Instagram silviaherlina

1. Bersantai di tengah panorama yang eksotis

Bersantai adalah yang terbaik di Pulau Ketawai. Pulau ini menawarkan perpaduan atraksi dan pemandangan eksotis yang pasti sangat menarik bagi wisatawan. Wisatawan yang berkunjung ke sana bisa merasa santai di tengah panorama eksotis ditemani semilir angin lembut yang tercipta dari gulungan ombak kecil dan daun kelapa.

2. Nikmati sunset dalam suasana yang tenang

Jangan pernah menilai matahari terbenam yang ditawarkan pulau ini. Karena sajian sunset yang ditawarkan khusus bagi pengunjung pulau ini begitu memesona. Wisatawan bisa merasakan hangatnya pancaran sinar matahari sore sambil ditemani suara deburan ombak. Suasana tenang karena jauh dari hiruk pikuk kota turut membantu menikmati sunset di sini.

3. Menyelam di atas dunia bawah laut yang indah

Selain bersantai dan menikmati sunset, wisatawan sangat disarankan untuk mencoba scuba diving di perairan laut Pulau Ketawai ini. Ini menyajikan kehidupan laut yang begitu terpikat oleh berbagai jenis terumbu karang yang sayang untuk dilewatkan. Air laut yang jernih akan menemani pengalaman menyelam para wisatawan. Menyelam di sini, wisatawan akan mengalami momen menyelam yang tak terlupakan.

Penginapan murah di sekitar pulau

Fox Harris Hotel PangkalpinangSumber gambar: Twitter LuxuryTravelChannel

1. Homestay di Pantai Batu Merah Emas

Homestay Pantai Batu Merah Emas ini menawarkan akomodasi yang luas di dekat Pulau Ketawai. Meski masih dalam proses penyempurnaan fasilitas, daya tariknya dalam menarik pengunjung untuk menginap tidak perlu diragukan lagi. Wisatawan yang menginap disini akan merasakan pengalaman menginap yang sangat cocok karena lokasinya yang dekat dengan tempat tujuan.

2. Fox Harris Hotel Pangkalpinang

Hotel ini menjadi favorit para pelancong. Dengan pelayanan yang baik didukung oleh staf yang ramah dan rasa makanan yang lezat, Fox Harris Hotel Pangkalpinang dipuja oleh wisatawan yang menginap di sini. Fasilitas yang ditawarkan juga beragam mulai dari kolam renang, parkir, WiFi, sarapan hingga resepsionis 24 jam.

3. Bravo Residence

Tidak ada kata lain selain sempurna yang pantas untuk diberikan kepada Bravo Residence. Pelayanannya sangat dipuji oleh pengunjung, karena stafnya yang ramah menjadikan Bravo Residence tempat yang tepat untuk bermalam setelah lelah berlibur di tempat tujuan. Penginapannya juga terbilang bersih dengan fasilitas Wi-Fi hingga kamar ber-AC. Tak heran jika penginapan ini Bravo! ditelepon.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Ketawai

Fasilitas di Pulau KetawaiKredit foto: Instagram Dachriyanto Toto

Letaknya yang agak jauh dari Provinsi Bangka Belitung, dan rute yang direncanakan sedikit tidak nyaman, membuat fasilitas yang tersedia di pulau ini kurang memadai. Luas wilayah yang kecil dan minimnya jumlah penduduk menjadi alasan lain minimnya fasilitas di pulau ini. Meski demikian, eksotisme panorama alam yang dihadirkan mampu memikat semua orang.

Fasilitas yang tersedia disini memang kurang memadai, fasilitas umum yang ada seperti toilet umum dan pendopo masih sedikit. Wisatawan dapat menggunakan kamar kecil untuk keperluan pribadi atau berganti pakaian sebelum dan sesudah berenang di perairan pulau ini. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir dengan keberadaan toilet di sini.

Selain toilet, pulau ini juga memiliki fasilitas paviliun untuk digunakan pengunjung. Wisatawan yang datang bisa makan di atas pendopo atau piknik kecil bersama keluarga. Piknik di sini, wisatawan merasakan semilir angin yang dibawa oleh deburan ombak dan sejuknya suasana pohon kelapa yang menjulang tinggi. Jadi paviliun di sini sangat berguna.

Itulah beberapa hal menarik tentang Pulau Ketawai di Bangka Tengah. Meski letak pulau ini agak jauh dari provinsi Bangka Belitung, namun pemandangan alamnya yang eksotis tak kalah indah dengan destinasi wisata lainnya. Pulau ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi liburan untuk Anda dan keluarga. Karena atraksinya yang beragam, wisatawan keluarga harus mengunjunginya. Apakah Anda ingin datang ke sini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button