Tempat Wisata

Pulau Barrang Lompo – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya

Biaya Tur: Mulai dari Rp15.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Apakah Lompo, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; map: Cek lokasi

Pulau Barrang Lompo terkenal sebagai tujuan wisata di Sulawesi Selatan. Objek wisata ini memiliki keindahan bawah laut yang eksotis dengan ikan berwarna-warni dan terumbu karang yang indah. Para wisatawan yang datang bisa snorkeling atau menyelam untuk melihat pemandangan yang eksotis.

Meski cukup terkenal di kalangan pecinta hobi menyelam, destinasi wisata ini selalu menawarkan banyak atraksi. Panorama tempat wisata yang indah, asri dan eksotis ini mampu memanjakan mata setiap pengunjung yang datang.

Sangat direkomendasikan bagi anda yang mengunjungi kami untuk menikmati pemandangan bawah laut dan sunset yang terkenal dan mempesona. Tidak hanya itu, pengunjung Pulau Barrang Lompo juga dapat memanfaatkan segala fasilitas yang telah disediakan pengelola untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang datang menikmati pesona pulau ini.

Atraksi Pulau Barrang Lompo

Pemandangan Pulau Barrang LompoKredit foto: Instagram.com @jepretunderwater

Pulau Barrang Lompo adalah salah satu pulau di bagian utara Pulau Barrang Caddi. Para pengunjung yang datang dari berbagai daerah dan negara. Pulau ini dekat dengan beberapa destinasi wisata populer di pulau lain. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan laut lepas dan pemandangan bawah lautnya yang eksotis.

1. Pemandangan bawah laut

Destinasi wisata ini terkenal dengan terumbu karangnya yang indah dan mempesona. Ada berbagai jenis terumbu karang yang indah dan membuat mata terlihat indah. Ikan-ikannya yang berwarna-warni dengan berbagai jenis spesies juga dapat menambah eksotisme bawah lautnya.

Pemandangan bawah laut yang indah, asri dan eksotis menjadi salah satu daya tarik pulau Barrang Lompo ini. Sehingga banyak yang menyelam bersamanya untuk melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang sangat menakjubkan.

2. Lokasi peternakan kerang atau Kima

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki pulau ini adalah tempat pembudidayaan hewan laut yang disebut kima raksasa atau biasa disebut kima. Satwa laut ini biasanya berada di perairan Makassar dan dibudidayakan oleh penduduk sekitar pulau.

Bagi wisatawan yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara membudidayakan kerang raksasa ini, pemerintah kota atau pengelola dapat membantu Anda dengan pengetahuan mereka. Lokasi peternakan hewan laut ini juga bisa menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata bahari ini. Sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk belajar budidaya Bioata.

3. Masyarakat Barrang Lompo yang ramah

Pulau indah ini dihuni oleh penduduk sekitar 3000 orang. Penduduk setempat memiliki sikap ramah, mudah tersenyum dan baik. Melalui kepribadiannya, masyarakat pulau menerapkannya dengan selalu bersikap ramah, selalu tersenyum dan bersikap baik kepada para pengunjung yang datang ke pulau ini.

Dari settingnya, para wisatawan yang datang bisa merasa beruntung bisa berkunjung ke sana dan menikmatinya. Itu bisa menjadi salah satu daya tarik destinasi pulau ini.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau Barrang LompoKredit foto: Instagram Jamaluddin Tahuddin

Pulau Barrang Lompo merupakan salah satu pulau di Kota Makassar yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya sekitar 11 km dari pusat kota. Mengakses lokasi pulau ini sangat mudah karena disana telah disediakan kapal dari dermaga yang kemudian akan membawa anda ke pulau tersebut.

Jalan menuju tujuan dapat ditempuh dengan 2 moda transportasi yaitu udara dan air. Pengunjung yang menggunakan transportasi air Anda akan dikenakan biaya Rp 350.000. Sedangkan wisatawan yang menggunakan transportasi udara dikenakan tarif Rp 600.000. Untuk penerbangan Jakarta-Makassar atau dengan waktu tempuh 3 sampai 4 jam.

Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan dari dermaga kayu Bengkoa menuju lokasi pulau. Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk sampai ke Barrang Lompo. Bagi anda yang ingin kesana namun takut dengan kapal yang mereka gunakan, kini anda tidak perlu khawatir dan takut lagi karena fasilitas yang digunakan aman, kuat dan tahan terhadap gelombang air laut.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit foto: Instagram Suci Rahmadani

Saat Anda memasuki Pulau Barrang Lompo, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000 untuk wisatawan non lokal. Setelah itu, pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan dan suasana pulau ini dengan cara yang menyenangkan, nyaman dan damai.

Ada biaya parkir bagi anda yang membawa motor atau mobil. Dengan biaya parkir motor Rp 2.000 dan tempat parkir Rp 5.000. Dan bagi anda yang ingin menyelam, ada biaya sewa perahu sebesar Rp 10.000 per orang dengan sekali keberangkatan, serta biaya sewa alat selam yang ditentukan oleh pihak pengelola.

Aktivitas Seru di Pulau Barrang Lompo

Aktivitas Seru di Pulau Barrang LompoKredit foto: Instagram miftahul akhyar

1. Bermain snorkeling atau scuba diving

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sana adalah snorkeling atau diving. Lokasi pulau yang menawarkan panorama indah ini kaya akan terumbu karang dan ikan dari berbagai spesies.

Sulit dibayangkan, banyak penggemar diving yang memanfaatkan waktunya di sini untuk merasakan keindahan alam bawah laut. Anda bisa melakukan aktivitas menarik di pulau ini bersama keluarga atau bahkan teman-teman Anda.

2. Belajar mengolah Kima atau Kerang Besar

Kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Pulau Barrang Lompo adalah mempelajari cara budidaya kerang besar atau biasa disebut kerang. Budidaya makhluk laut dipraktekkan oleh orang-orang yang tinggal di pulau itu. Nantinya bagi pengunjung yang ingin belajar bercocok tanam, warga sekitar atau pengelola akan dengan senang hati membantu.

3. Belajar tentang biota

Para wisatawan yang datang ke pulau cantik ini berkesempatan untuk belajar tentang kehidupan laut. Nantinya kamu akan banyak belajar tentang berbagai macam makhluk laut hingga tumbuhan yang ada di dalamnya. Tentu saja aktivitas menarik ini hanya bisa ditemukan di pulau ini dan direkomendasikan bagi Anda yang ingin menyelam.

Aktivitas di Pulau Barrang LompoKredit foto: Instagram.com @anugrah_magfira_halim

4. Memotret

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi tempat ini adalah fotografi. Di sana Anda bisa mengabadikan momen Anda dengan berfoto di dalam air dengan latar belakang pemandangan bawah laut yang indah. Dihiasi dengan terumbu karang yang indah dan berbagai jenis ikan.

Anda tidak hanya bisa berfoto di bawah air, tapi juga mengabadikan momen indah matahari terbenam. Latar belakang yang eksotis membuat subjek foto yang diambil lebih menonjol dan terlihat menarik.

Jadi sayang sekali jika tidak mengabadikannya dan memiliki kenangan berharga dari suatu tempat yang pernah dikunjunginya termasuk masa-masanya di Barrang Lompo.

5. Menikmati matahari terbenam

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menikmati pemandangan matahari terbenam. Pulau ini memiliki sunset yang sangat indah dan mempesona. Tak terbayangkan banyak orang yang menunggu momen ini untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Akomodasi terdekat dari Lokasi Pulau

Akomodasi di Pulau Barrang LompoKredit foto: Tripadvisor.co.id

Stasiun Angkatan Laut Pertama

Akomodasi di Marine Station memiliki berbagai fasilitas yang mereka tawarkan seperti; B. tempat ibadah, ATM, food court dan masih banyak lagi. Dengan pelayanan prima dan akomodasi yang bersih, penginapan ini menawarkan akomodasi dengan harga terjangkau. Recommended buat kamu yang mau menginap disini.

2. OYO 637 Yasmin Hotel

Akomodasi kedua yang bisa Anda gunakan jika berencana bermalam di pulau ini adalah OYO 637 Yasmin Hotel. Memiliki berbagai fasilitas dan keuntungan yang ditawarkan seperti; B. WiFi, kamar nyaman, AC dan lain sebagainya. Sedangkan keuntungan yang ditawarkan adalah 1 kali sarapan setiap pagi.

3. Whiz Prime Hotel

Tempat terakhir untuk menginap adalah Whiz Prime Hotel. Seperti akomodasi lainnya, penginapan ini menawarkan berbagai fasilitas. Namun ada kelebihan yang hanya ditawarkan Whiz Prime Hotel yaitu menawarkan kamar yang sangat luas atau bisa digunakan untuk dua orang dengan kenyamanan dan kebersihan.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Barrang Lompo

Fasilitas di Pulau Barrang LompoKredit foto: Instagram.com @nunie_srie

Tentunya sebagai salah satu pulau yang paling terkenal di Makassar, keberadaan fasilitas sangat penting dan diperlukan. Oleh karena itu, pengelola tempat ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dan bisa digunakan untuk pengunjung.

Fasilitas penunjang terdiri dari persewaan alat selam, persewaan perahu dan lainnya. Semua fasilitas tersedia, aman dan disediakan dengan baik. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan.

Fasilitas penunjang, tempat parkir, tempat ibadah, restoran, sarana transportasi air bagi wisatawan, akomodasi mudah ditemukan di kawasan wisata ini. Biarkan pengunjung menikmati wisata dengan lebih nyaman di area ini.

Ini adalah beberapa atraksi, fasilitas dan rute menuju kawasan wisata Pulau Barrang Lompo. Sarana dan prasarana di pulau yang indah ini tentunya sangat lengkap sehingga memungkinkan wisatawan untuk berlibur dan menikmati pulau lebih nyaman dan menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button