Tak Berkategori

Pulau Bawean, wisata bahari di Gresik, dengan danau eksotis di tengah pulau

Pulau Bawean di Gresik merupakan destinasi wisata bahari yang aduhai dengan danau eksotis di tengah pulau yang menjanjikan pengalaman liburan menyenangkan.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kabupaten Sangkapura, Kab Gresik, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Di bawah pemerintahan Kabupaten Gresik, Pulau Bawean sering dipuji sebagai surga bahari, sebuah julukan yang sangat tepat. Karena walaupun kecil, pulau ini dikelilingi oleh sejumlah pulau kecil lainnya seperti Pulau Selayar, Gili, Cina, Noko, Karangbila, dan Pulau Nusa.

Luasnya sekitar 120 kilometer persegi dan terletak di utara Gresik, pulau ini terbagi menjadi dua kecamatan yang terdiri dari 30 desa dan 143 dusun, menjadikannya destinasi yang menarik untuk dijelajahi.

Bagi sebagian orang nama Pulau Bawean mungkin masih asing. Namun pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan keunikan tersendiri sehingga menarik untuk dikunjungi.

Pemandangan Pulau Bawean

Pemandangan Pulau BaweanFoto oleh Afrizal Samsul di Google Maps

Pulau di Indonesia yang satu ini mempunyai keindahan yang luar biasa dan bisa menjadi tujuan menarik para wisatawan. Pasalnya keindahan panorama lautnya tidak kalah dengan destinasi wisata terkenal seperti Bali atau Lombok.

1. Suasana pantai yang menawan

Pantai-pantai di pulau ini juga memiliki pasir putih yang seperti kebanyakan pantai lainnya, tetap terjaga kebersihannya. Kualitas air laut yang jernih dengan warna kebiruan memberikan kesan indah, sehingga panorama bawah laut terlihat jelas.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Suasana tenang di tepi pantai menjamin pengalaman bermain game yang tak terlupakan. Pengunjung bisa menikmati bermain air dan pasir tanpa takut mengganggu pengunjung lain karena suasana pantai ini memungkinkan mereka untuk bersantai dengan leluasa.

2. Memiliki danau di tengah pulau

Selain keindahan pantainya, pulau ini juga menawarkan pengalaman di Danau Kastoba, sebuah danau besar yang berada di tengah pulau.

Danau ini terletak di puncak bukit dan menawarkan pemandangan yang sangat indah. Untuk sampai ke danau, pertama-tama Anda harus mendaki bukit dengan berjalan kaki.

Setelah sampai di lokasi, Anda bisa menikmati kebebasan berenang dan bermain air di tepi danau sambil menikmati sejuknya suasana dan keindahan alam wisata Pulau Bawean.

3. Dasar laut yang menakjubkan di Pantai Pulau Noko Selayar

Pulau Noko Selayar terletak sekitar 4,5 kilometer dari Pulau Bawean Gresik dan dapat dicapai dengan menggunakan perahu. Meski terpisah secara geografis, pulau ini tetap berada dalam wilayah administratif yang sama dengan Sangkapura, khususnya Desa Sungairujing.

Daya tarik terbesar dari pantai ini terletak pada keajaiban alam bawah lautnya. Seperti kita ketahui, keindahan terumbu karang di sini sangat mempesona dan terawat.

Beragam jenis ikan dan biota laut dengan warna cerah menambah pesona panorama bawah laut di pantai ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat di Pulau BaweanFoto oleh Fitriyah Sidik di Google Maps

Resor wisata Pulau Bawean terbagi menjadi dua kecamatan utama Jawa Timur, yaitu Tambak dan Sangkapura. bAda dua pilihan perjalanan yang tersedia: melalui udara atau laut. Perjalanan udara langsung dari Surabaya bisa menjadi pilihan.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan perahu, dengan kemungkinan menyewa perahu, perjalanan menuju pulau ini memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam.

Untuk kenyamanan, pengunjung diperbolehkan membawa kendaraan pribadi dan menggunakan jasa kapal feri untuk penyeberangan. Perjalanan melalui perairan ini memakan waktu antara 4 hingga 9 jam, tergantung cuaca.

Biaya masuk dan jam buka

Pulau Bawean Gresik tidak memungut biaya masuk untuk menikmati keindahan alamnya. Namun jika mengunjungi wisata ini Anda perlu menyewa perahu atau naik pesawat yang merupakan biaya transportasi awal.

Penting untuk mempertimbangkan biaya kembali ke Gresik setelah menikmati waktu liburan di pulau ini. Faktor biaya lainnya termasuk akomodasi.

Untuk menginap, pilihlah akomodasi yang murah namun lokasinya strategis dengan fasilitas yang memadai. Beberapa tempat wisata di pulau ini mungkin memerlukan biaya masuk.

Untuk destinasi yang tidak memungut biaya masuk, pengeluaran Anda mungkin hanya mencakup biaya parkir dan transportasi. Biaya transportasi yang dimaksud meliputi biaya sewa kendaraan, baik untuk perjalanan darat maupun penyeberangan laut.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pulau BaweanFoto oleh Afrizal Samsul di Google Maps

Sebagai salah satu destinasi terpopuler di Gresik, pulau ini menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa Anda nikmati selama berkunjung. Berikut beberapa aktivitas menyenangkannya:

Snorkeling dan menyelam

Keindahan bawah laut Pulau Bawean menjadikannya tujuan populer bagi pengunjung yang ingin snorkeling dan menyelam. Salah satu tempat terpopuler untuk kedua aktivitas tersebut adalah pulau Gili Noko dan Noko Selayar.

Pulau Noko Selayar dan Pulau Gili Noko yang mengelilingi pulau menawarkan keindahan bawah laut dengan beragam biota laut yang menakjubkan. Pastikan untuk membawa peralatan bersama Anda Snorkeling Dan Menyelam lengkap serta kamera bawah air untuk mendokumentasikan pengalaman Anda.

Mengamati dan memberi makan rusa di Pulau Bawean

Kawasan wisata Pulau Bawean merupakan rumah bagi rusa, salah satu satwa endemik khas daerah ini. Mereka kecil dan memiliki bulu berwarna coklat. Sayangnya, spesies rusa ini terancam punah akibat perburuan liar.

Rusa hidup berkelompok dan lebih aktif pada malam hari. Rusa bawean termasuk dalam kategori satwa yang dilindungi dan merupakan salah satu kekayaan hayati Indonesia yang harus dijaga kelestariannya.

Saat Anda berkunjung ke sini, Anda bisa melihat rusa-rusa ini dari kejauhan. Meski sulit untuk didekati karena rusa ini sangat lincah dan takut terhadap manusia, Anda tetap bisa memberinya makanan sebagai bentuk interaksi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau BaweanFoto oleh Zaiyadi Ar di Google Maps

Meski merupakan pulau kecil, namun fasilitas wisata di sini cukup lengkap. Akomodasi dan restoran yang menyajikan kuliner khas Jawa Timur mudah ditemukan di seluruh pulau, termasuk di Pulau Gili.

Pulau ini dilengkapi dengan pelabuhan dan bandara sendiri sehingga akses menuju pulau menjadi lebih mudah. Jaringan jalan di sekitar pulau juga sangat baik dan cocok untuk berbagai jenis kendaraan.

Untuk penggemar Snorkeling atau MenyelamAnda tidak perlu khawatir untuk membawa perlengkapan sendiri. Pulau Bawean menyediakan jaket pelampung dan perlengkapannya Snorkeling lainnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button