Tak Berkategori

PULAU BERALA Keindahan pantai dan pulau eksotik Januari 2024

Pulau berhala

  • Biaya masuk: Gratis – Rp 585.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Kp.Singkep, Sabak Barat, Sabak Barat, Tanjung Jabung Timur, Indonesia, 36764

Pulau berhala merupakan salah satu aset wisata Provinsi Jambi yang terletak di Selat Berhala. Pulau eksotis ini memiliki pasir putih dan gugusan bebatuan besar di tepi pantainya. Air lautnya jernih kebiruan dan dihiasi terumbu karang indah di bawah permukaannya.

Pulau ini terkenal dengan alamnya yang indah, pantainya yang indah dan bersih serta penangkaran penyu. Destinasi wisata ini juga sarat dengan situs keramat dan peninggalan sejarah.

Biaya masuk ke Pulau Berhala

Untuk memasuki pulau dan kawasan pantai ini, pengunjung tidak memerlukan tiket masuk, artinya gratis. Biaya yang dikeluarkan adalah biaya sewa perahu menuju pulau.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Bebas
Biaya perjalanan ke Pulau Berhala Rp 585.000/orang

Harga tiket dan travel Pulau Berhala

Baca : GUNUNG KERINCI Wisata Gunung Api Tertinggi di Jambi

Jam buka Pulau Berhala

Durasi jam buka
Sehari-hari 24 jam

Jam buka Pulau Berhala

Eksotisme alam Pulau Berhala

Nikmati suasana sore hari di Pulau Berhala, Tanjung Jabung, Jambi Timur – PuluberhalajambiNikmati suasana sore hari di Pulau Berhala, Tanjung Jabung, Jambi Timur – PuluberhalajambiMenikmati suasana sore hari Pulau Berhala – Foto: Instagram/pulaberhalajambi

Pulau Berhala memiliki keindahan alam yang eksotik dengan potensi bahari yang kaya. Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai sambil berjalan menyusuri pantai berpasir putih. Berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan seperti berenang, snorkeling, dan menyelam.

Wisatawan disarankan untuk mematuhi aturan setempat yang berlaku. Beberapa mitos seperti larangan perbuatan asusila diduga mempunyai akibat yang fatal bagi pelakunya.

Baca: Berbagai Tempat Wisata Menarik di Jambi

Untuk mencapai wilayah pulau, wisatawan biasanya menggunakan angkutan laut berupa perahu (pompong) atau perahu cepat. Perjalanan dari Nipah Panjang atau Sadu memakan waktu sekitar dua jam tergantung jenis kendaraan dan kecepatan.

Menyeberangi perairan dengan speedboat menuju Pulau Berhala, Tanjung Jabung, Jambi Timur – Bhima WibawaMenyeberangi perairan dengan speedboat menuju Pulau Berhala, Tanjung Jabung, Jambi Timur – Bhima WibawaMenyeberangi perairan dengan speedboat menuju Pulau Berhala – Foto: GoogleMaps/Bhima Wibawa

Ada dua cara untuk menyeberang perahu cepat itu adalah perahu cepat tipe terbuka dan perahu cepat tipe tertutup. perahu cepat Tipe terbuka beratap terpal, sedangkan tipe tertutup dilengkapi dengan toilet, TV, dan lain-lain. Kapasitas keduanya lebih dari 30 orang per perjalanan.

Dari atas dek kapal, wisatawan bisa menikmati udara bersih dan segar. Langit di atas air tampak biru cerah dan burung-burung beterbangan. Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan hutan dan Sungai Batang Hari, sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

Baca: GUNUNG MASURAI masih alami dengan 4 buah danau

Mendarat di pantai yang eksotis

Pintu Masuk Pulau Berhala, Tanjung Jabung, Jambi Timur – PUTRI SARIPintu Masuk Pulau Berhala, Tanjung Jabung, Jambi Timur – PUTRI SARIPintu Masuk Pulau Berhala – Foto: GoogleMaps/PUTRI SARI

Wisatawan yang datang kesini akan disambut dengan pemandangan alam yang eksotis. Wisatawan harus melapor ke kantor TNI yang kehadirannya sangat membantu menjaga keaslian pulau ini. Sikap ramah staf terhadap seluruh pengunjung pulau menjamin suasana liburan yang menyenangkan dan aman.

Setiap wisatawan harus mematuhi aturan perlindungan pulau yang ketat. Antara lain, di pulau ini dilarang merusak tumbuhan dan membunuh hewan. Selain itu, dilarang juga melakukan perbuatan maksiat, membawa senjata tajam, dan meminum minuman beralkohol.

Baca: Tiket Masuk JAMBI PARADISE dan Wahana Seru

Sepanjang pantai

Pantai berpasir putih dengan laut biru kehijauanPantai berpasir putih dengan laut biru kehijauanBersantai di Pantai Pulau Berhala – Foto: GoogleMaps/Rahayu Widiastuti

Pulau Berhala memiliki pantai alami berpasir putih yang tidak tercemar. Gugusan bebatuan besar di beberapa pantai membuat pemandangan pulau ini semakin eksotis. Di sepanjang pantai banyak terdapat kerikil berwarna indah dan pohon palem yang tinggi menambah pesonanya.

Pulau ini dikelilingi oleh beberapa pulau kecil dengan pantai yang landai dan air laut yang jernih. Saking jelasnya, wisatawan bisa melihat gradasi air laut dari hijau toska hingga biru muda.

Pulau Berhala dikenal wisatawan sebagai tempat perlindungan sementara dari hiruk pikuk kota besar. Kedamaian hanya dapat ditemukan di pulau ini.

Baca: Gratis Tiket Masuk DANAU SIPIN, Banyak Kegiatan Menariknya

Mandi

Segarnya berenang di jernihnya air laut Pulau Berhala, Tanjung Jabung, Jambi Timur – Pulau BerhalajambiSegarnya berenang di jernihnya air laut Pulau Berhala, Tanjung Jabung, Jambi Timur – Pulau BerhalajambiSegarnya berenang di jernihnya air laut di sekitar pulau – Foto: Instagram/pulaberhalajambi

Pantai di sini memiliki kontur yang landai dengan air laut yang bersih dan jernih. Kedalamannya yang relatif dangkal dan pasirnya yang putih membuat gradasi warna airnya tampak indah.

Banyak wisatawan yang menikmati kesegaran air dengan berenang di perairan dangkal. Wisatawan juga bisa mandi atau bermain air di tepi pantai.

Menikmati pemandangan dari atas bukit

Garis pantai di sekitar pulauGaris pantai di sekitar pulauMenikmati keindahan panorama laut – Foto: Instagram/ Pulauberhalajambi

Pulau Berhala tidak hanya memiliki pasir putih dan bebatuan eksotik, namun juga perbukitan hijau. Negara ini berbukit-bukit dan berhutan lebat serta menjadi habitat bagi berbagai spesies hewan, termasuk biawak dan rusa.

Dari puncak bukit, wisatawan bisa menikmati pemandangan laut dari ketinggian. Anda akan menikmati panorama laut dengan pantainya serta keindahan beberapa pulau kecil di sekitar pulau.

Untuk mencapai bukit tersebut, wisatawan dapat mencapainya dengan berjalan kaki. Perjalanan menanjak hanya memakan waktu sekitar dua puluh menit. Dari sini wisatawan juga bisa menikmati semilir angin sepoi-sepoi yang menguarkan aroma laut.

Snorkeling dan Diving di Pulau Berhala

Snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan alam bawah lautSnorkeling dan diving untuk menikmati keindahan alam bawah lautSnorkeling menikmati keindahan alam bawah laut – Foto: Instagram/pulaberhalajambi

Pulau Berhala menawarkan panorama laut yang masih mempertahankan keasliannya. Pulau ini juga terkenal dengan melimpahnya hutan Akar Bahar dan berbagai jenis terumbu karang. Sebanyak 22 jenis dan jenis ikan karang dilindungi di ekosistem alami.

Pantainya yang putih bersih dan lautnya yang jernih sangat ideal untuk wisata bahari. Snorkeling dan menyelam sangat populer di kalangan wisatawan. Berendam di perairannya membawa wisatawan bersentuhan dengan keindahan pemandangan alam bawah laut.

Suaka Penyu Pulau Berhala

Pasir putih dan laut biru kehijauan Pulau Berhala Tanjung Jabung Timur Jambiarlan – Foto: GoogleMaps/dahriPasir putih dan laut biru kehijauan Pulau Berhala Tanjung Jabung Timur Jambiarlan – Foto: GoogleMaps/dahriPasir putih dan laut biru kehijauan Pulau Berhala Tanjung Jabung Timur Jambiarlan – Foto: GoogleMaps/dahri

Pulau Telur merupakan salah satu pulau yang dekat dengan Pulau Berhala. Kawasan tersebut merupakan tempat bersarangnya penyu pada musimnya. Pulau dengan luas sekitar 2,5 km2 ini juga menjadi tempat penangkaran penyu.

Pada awal dan akhir tahun, pantai di sini menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur. Hewan ini bertelur untuk berkembang biak. Musim hujan adalah waktu terbaik untuk melihat penyu.

Kunjungan ke pulau mercusuar

Pulau MercusuarPulau MercusuarMercusuar berfungsi sebagai pemandu kapal di sekitar Pulau Berhala – Foto: GoogleMaps/Misbah Asror

Pulau Berhala merupakan wisata pantai berbasis pulau karena lokasinya dikelilingi gugusan pulau-pulau kecil. Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa melihat mercusuar yang kokoh.

Mercusuar di pulau ini dibangun sebagai landmark bagi kapal-kapal yang berlayar di Selat Berhala. Pulau Mercusuar, inilah pulau tempat mercusuar berada di kawasan Pulau Berhala.

Mengikuti jejak sejarah pulau itu

Tempat pemakaman suci Datuk Paduka BerrrhalaTempat pemakaman suci Datuk Paduka BerrrhalaMakam Suci Datuk Paduka Berrrhala – Foto: GoogleMaps/Bhima Wibawa

Pulau Berhala merupakan kawasan bersejarah dengan potensi arkeologi yang sangat berharga. Terdapat kuburan suci, dapur, dan meriam sisa Jepang pada Perang Dunia II. Ketiganya merupakan situs cagar budaya yang berada di bawah pengawasan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar.

Nama pulau ini diambil dari nama raja Jambi zaman dahulu, Datuk Paduka Berhala. Di pulau ini terdapat makam tokoh cikal bakal sejarah Islam Jambi. Untuk menuju ke sana, wisatawan harus menaiki anak tangga sepanjang 20 meter.

Pada 19 September 2018, sejumlah aset budaya kembali ditemukan. Benda-benda tersebut antara lain gelas, mangkok, gelas besar dan kecil, serta gelang pecah. Temuan tersebut dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Lingga dan disimpan di Museum Lingga Cahaya Lingga.

Menyaksikan momen matahari terbenam

Menikmati matahari terbenam di pantai Pulau BerhalaMenikmati matahari terbenam di pantai Pulau BerhalaMenikmati indahnya matahari terbenam – Foto: Instagram/ Pulauberhalajambi

Dari Pulau Berhala anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Di penghujung hari, wisatawan biasanya bersantai dan menikmati keindahan matahari terbenam.

Salah satu tempat yang paling populer ada di bagian barat pulau yaitu Pantai Lekuk di Medan. Di dekatnya terdapat bukit berbatu tempat Anda bisa menikmati matahari terbenam di cakrawala laut. Tempat ini adalah tempat yang tepat untuk fotografi matahari terbenam untuk pecinta foto.

Bermalam di Pulau Berhala

Banyak wisatawan yang memilih bermalam untuk menikmati liburan lebih lama di pulau ini. Menikmati suasana pantai di malam hari terasa begitu romantis.

Tinggal di tenda di sekitar pantaiTinggal di tenda di sekitar pantaiBagi wisatawan yang ingin bermalam, mendirikan tenda menjadi salah satu alternatif – Foto: GoogleMaps/Ikmal Akbar

Ada banyak akomodasi untuk wisatawan Tinggal di rumah apa yang ditawarkan. Atau wisatawan juga bisa mendirikan tenda di pinggir pantai dan menyalakan api unggun.

Tempat wisata di pulau Berhala

Objek wisata ini terletak di Kp.Singkep, Kecamatan. Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi 36764.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button