Tempat Wisata

Pulau Beras Basah: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kalimantan sebenarnya memiliki sejumlah tempat wisata yang mempesona. Salah satunya adalah Pulau Beras Basah. Ya, di tengah rutinitas yang seolah tiada habisnya, liburan bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda tidak perlu bepergian ke luar negeri untuk menikmati pemandangan yang indah. Banyak tempat yang masih sangat indah dan layak untuk dikunjungi.

Mengingat panorama yang ditawarkan, tak heran tempat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan lokal. Sekarang kami akan mencoba merangkum pulau ini secara lengkap. Mulai dari lokasi tepatnya, tiket masuk dan hal lainnya tentang pulau ini. Ini lebih banyak!

Asal Usul dan Keajaiban Alam Pulau Beras Basah

Pulau beras basahPulau Beras Basah Sumber: instagram.com/aldiriandana

Nama unik pulau ini tak kalah menarik untuk dijelajahi. Pulau Beras Basah terbagi menjadi dua suku kata yaitu “nasi” dan “basah”. Jadi bagaimana nama ini muncul? Sebuah kapal dari Kesultanan Kutai disebutkan telah mengelilingi Selat Makassar. Kapal ini membawa muatan sembako dan salah satunya beras.

Tapi tanpa diduga, kapal itu tenggelam, menghancurkan semua yang ada di dalamnya. Namun, tempat tenggelamnya kapal tersebut berada di perairan dangkal. Agar beras yang tumpah dari kapal tidak tenggelam. Karena banyaknya makanan yang diangkut, tumpahan ini menyerupai bukit.

Semakin panjang bukit, berubah menjadi pulau kecil yang indah dengan pasir putih yang mengingatkan pada nasi. Selama ini banyak orang yang mengatakan Pulau Beras Basah terlihat indah di tengah lautan. Dibalik keunikannya terdapat keindahan alam yang menakjubkan di pulau ini. Deretan terumbu karang sehingga warna-warni hewan di bawah laut menambah keindahan.

Lokasi Pulau Beras Basah

Lokasi Pulau Beras BasahPulau Nasi Basah Sumber: instagram.com/fransiskahutabarat

Pulau kecil ini terletak persis di bagian pulau Kalimantan yang terletak di Selat Makassar Timur. Secara administratif, pulau ini berada di bawah pemerintahan kota Bonang. Ada beberapa cara untuk menuju pulau ini. Akses super cepat melalui Dermaga Badak NGL.

Jika Anda menyewa speedboat, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Namun jika ingin menggunakan akses lain, bisa juga melalui dermaga Tanjung Limau atau Tanjung Laut di Kota Bontang. Jika menggunakan perahu kecil, paling tidak memakan waktu lama, sekitar 1 jam.

Biaya masuk ke Pulau Basah Beras

  1. Biaya masuk: Rp 50.000

(Diperbarui April 2023)

Jam operasional Rice Wet Island

Untungnya, pengunjung bisa menikmati pemandangan pulau ini setiap hari. Bisnis pulau membuka area ini untuk umum setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00. Pulau ini biasanya terlihat lebih ramai pada akhir pekan atau hari libur nasional.

Peta lokasi Pulau Beras Basah

Fasilitas menarik Pulau Beras Basah

Fasilitas menarik Pulau Beras BasahPulau Nasi Basah Sumber: instagram.com/mahakam_explore

Jika berbicara tentang tempat wisata, maka fasilitas yang ditawarkan pengelola harus diperhatikan. Jika Anda ingin mengunjungi pulau ini, Anda tidak perlu khawatir. Tersedia fasilitas lengkap seperti :

  • Musholla

  • paviliun

  • ruang ganti

  • Toilet

Menariknya, di tengah pulau terdapat sebuah gubuk besar dan luas yang biasa digunakan untuk menyimpan barang.

Spot foto keren dan tempat wisata di pulau Beras Basah

Spot foto keren dan tempat wisata di pulau Beras BasahPulau Beras Basah Sumber: instagram.com/rivaldiramadani

Memotret adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Menariknya, ada banyak spot foto keren di pulau ini. beberapa dari mereka:

1.Panorama Matahari Terbenam

Salah satu daya tarik yang sulit dilupakan adalah pemandangan sunset. Sayang sekali jika Anda berkunjung ke destinasi ini jika tidak mengabadikan momen berharga menyaksikan keindahan sunset. Di sisi pulau juga terdapat mercusuar yang berfungsi sebagai tiang lampu bagi para nelayan di malam hari.

2. Hamparan pasir putih yang luas

Setibanya di pulau ini, pengunjung akan disambut oleh sekilas pasir putih yang bersih dan lembut. Selain itu, kawasan sekitar pulau juga terlihat bersih dan asri. Deretan pohon kelapa menambah keindahan suasana pulau.

3. Pemandangan laut yang mempesona

Selain luasnya pantai berpasir putih, destinasi ini juga cocok untuk Anda yang hobi diving atau snorkeling. Pasalnya, pemandangan bawah laut pulau ini tak kalah menarik. Sejumlah terumbu karang masih terlihat sangat alami.

Ditambah dengan pemandangan ikan-ikan kecil yang berenang dengan gembira di antara karang-karang. Anda akan melihat beberapa karang cangkok yang sengaja dibuat oleh pemerintah setempat untuk menjaga kealamian laut. Jika ingin membilas badan dengan air tawar, beberapa nelayan juga menawarkan air tawar sekedar untuk membilas badan.

4. Wahana Banana Boat

Ada beberapa wahana di pulau ini yang bisa digunakan. Seperti permainan Banana Boat. Jika Anda ingin menantang adrenalin Anda, tidak ada salahnya mencoba permainan yang satu ini. Tiket wahana ini juga tidak terlalu mahal. Pengelola hanya mematok harga sekitar Rp 25.000 per orang.

5. Paralayang di pesawat terbang

Apakah Anda pernah terbang bebas di atas laut? Jika belum, cobalah wahana tersebut terjun payung bisa menjadi pilihan yang tepat. Ya, di pulau ini juga pengunjung disuguhi permainan yang tak kalah menantang untuk buah hati. Dari atas Anda bisa melihat suasana laut.

Inilah review Pulau Beras Basah yang hampir tidak ada yang tahu. Semoga uraian ini bisa menjadi referensi sebelum Anda memutuskan untuk berkunjung. Masalah keuangan bukan alasan untuk menikmati beragam keindahan negeri ini. Adanya tempat wisata tersebut membuktikan bahwa semua orang bisa merasakan kenikmatan yang sama.

Gambar dan foto Pulau Beras Basah di Kalimantan

Pulau beras basahDermaga di Pulau Beras BasahPantai Pulau Beras BasahKeindahan pantai di Pulau Beras BasahPemandangan dari Pantai Pulau Beras BasahBangunan apartemen warna-warni di Pulau Beras Basah

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button