Tempat Wisata

Pulau Berhala di Sumatera Utara: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Berhala merupakan salah satu destinasi wisata menarik di Sumatera Utara yang belum banyak diketahui orang. Dari sekian banyak kepulauan Indonesia, Pulau Berhala merupakan salah satu yang terluar. Pulau di Selat Malaka ini memiliki hutan akar Bahar yang kaya. Ada berbagai terumbu karang di dalamnya.

Bagi Anda yang berencana berlibur ke Sumatera Utara, tempat ini bisa menjadi pilihan. Nama pulau ini membuat banyak orang takjub. Nama itu sendiri berasal dari Datuk Paduko Berhala yang sebelumnya merupakan salah satu raja Jambi.

Lokasi pulau berhala

Lokasi pulau berhalaLokasi Pulau Berhala Sumber: instagram.com/flatdrone

Pulau Berhala sendiri terletak di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Lokasi pulau eksotik ini berada di pulau terluar Sumatera.

Fasilitas di pulau berhala

Pada dasarnya masih banyak pulau di Indonesia yang belum benar-benar terjamah. Pulau-pulau kecil yang belum begitu terkenal pun bisa menjadi destinasi liburan seru. Suasana di pulau ini agak tenang dan seperti milik Anda sendiri. Anda bisa merasakannya saat mengunjungi Pulau Berhala.

Sebagai salah satu pulau yang relatif sepi, Pulau Berhala sebenarnya tidak memiliki banyak fasilitas. Meski demikian, pengunjung akan terpuaskan dengan suasana uniknya. Beberapa fasilitas yang disediakan adalah sebagai berikut.

1. Reptil laut yang ditangkap

Reptil laut berkembang biak di Pulau BerhalaPenangkaran reptil laut di pulau Berhala Sumber: instagram.com/azhary_siregar

Pulau Berhala juga dijadikan sebagai penangkaran reptil laut, khususnya penyu. Tak heran pengunjung bisa menikmati panorama indah sambil melihat penyu. Tempat pemenjaraan sengaja dibuat oleh para prajurit. Dengan demikian, keberadaan reptil ini dapat terjaga.

2. Tempat makan

Tidak semua pengunjung memiliki waktu untuk mempersiapkan perbekalan untuk mengunjungi tempat wisata. Pengunjung Pulau Berhala tidak terkecuali dan kantin dapat ditemukan di sekitar pulau. Restoran ini dijalankan oleh tentara dan menawarkan harga yang cukup terjangkau.

3. Paviliun Eksotis

Memang akan sangat menyenangkan menikmati waktu luang di sore hari. Apalagi saat berlibur di sebuah pulau. Tentu sayang jika Anda melewatkan waktu santai di paviliun saat berkunjung ke sini.

Sambil beristirahat di paviliun, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan. Air lautnya begitu jernih. Ada pasir putih bersih dan pepohonan yang cukup rindang.

3. Akomodasi

Mengingat pulau ini relatif sepi, mencari akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan tidaklah mudah. Karena itu, Anda bisa tinggal di barak yang lebih murah. Dengan demikian, pengunjung bisa lebih menghemat biaya.

4. Kamar Mandi

Fasilitas yang satu ini tidak kalah penting karena keberadaannya di tempat wisata. Pengunjung tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar area pantai. Ada beberapa toilet yang tersedia di sekitar Pulau Berhala.

Tempat foto yang menarik

Tidak lengkap rasanya jika tidak mencari spot foto yang menarik saat berlibur di pulau ini. Apalagi bagi mereka yang menyukai seni fotografi dengan nuansa alam. Saat berkunjung ke pulau ini, jangan lupa untuk berfoto di tempat-tempat menarik. Yang mana mereka?

1. Pemandangan Laut Biru

Pemandangan laut biru pulau BerhalaPemandangan Laut Biru dari Pulau Berhala Sumber: instagram.com/ardiyantokoto97 Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan laut biru langit. Setiap mata yang memandangnya terasa segar. Banyak pengunjung yang tidak ingin melewatkan momen untuk mengabadikan pemandangan ini.

2. Batu karang di pantai

Batu karang di pantai pulau BerhalaPulau Berhala Sumber: instagram.com/sustrigultom

Pulau Berhala merupakan salah satu pulau yang kaya akan terumbu karang. Anda bisa berfoto selfie di pantai lalu mempostingnya di berbagai media sosial. Birunya laut dan bebatuan alam membuat hasil foto yang diambil semakin mempesona.

3. Gelombang yang Menenangkan

Desiran ombak yang menenangkan di Pulau BerhalaPulau Idola Sumber: instagram.com/zi_ndl

Pada dasarnya ombak di pantai Pulau Berhala ini tidak terlalu besar. Pada saat-saat tertentu, pengunjung akan beristirahat dengan suara deburan ombak laut. Tak heran banyak yang mengabadikan momen tersebut dalam bentuk video atau foto. Gambar yang diambil dijamin sangat cocok untuk Instagram.

Biaya masuk ke pulau berhala

  1. Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  2. Biaya transportasi ke Pulau Berhala: Rp 585.000

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Pulau Idola

Jam buka tempat wisata di Pulau Berhala ini selalu bisa kamu cek karena buka 24 jam sehari.

Peta lokasi pulau Berhala

Akomodasi berikutnya

Seperti yang sudah disebutkan, pengunjung bisa memilih akomodasi berupa barak. Namun, bukan berarti tidak ada pilihan hotel. Sekitar empat kilometer dari pulau, pengunjung akan menemukan hotel yang cukup nyaman.

rencana perjalanan

Penting untuk meneliti rencana perjalanan sebelum Anda bepergian. Apalagi jika yang dituju adalah pulau yang cukup sepi. Untuk mencapai Pulau Berhala, pengunjung dapat mengikuti pilihan rute yang tertera di bawah ini.

1. Melalui Bandara Kuala Namu

Dari Bandara Kuala Namu, perjalanan dengan kendaraan bermotor ke Pelabuhan Tanjung Tiram melalui rute berikut: Jl. Jalan Tol Medan-Kuala Namu → Jl. Lintas Sumatera→ Jl. Prof. HM Yamin-Jl. Juanda→ Jl. Pelopor Kemerdekaan→ Pelabuhan Tanjung Tiram→ Pulau Berhala.

2. Melalui pusat kota Medan

Titik awal dimulai dari pusat kota Medan kemudian menuju ke Pelabuhan Tanjung Tiram melalui jalur sebagai berikut: Jl. Sicambing→ Jl. H. Adam Malik→ Jl. Yos Sudarso→ Jl. Putri Merak Jingga → Jl. Perintis Kemerdekaan→ Jalan Tol Belmera→Jl. Lintas Sumatera → Pelabuhan Tanjung Tiram → Pulau Berhala.

Suasana pantai yang sepi membuat Pulau Berhala menjadi destinasi yang layak untuk melepas penat. Makanya jangan lewatkan liburan di Sumatera ini.

Gambar dan foto pulau Berhala di Sumatera Utara

Selamat datang di pulau BerhalaPemandangan Pulau Berhala dari lautPemandangan dari mercusuar di Pulau BerhalaMemancing di pulau berhala

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button