Tempat Wisata

Pulau Berhala, Rasakan indahnya panorama laut di Tanjung Jabung Timur

Pulau Berhala merupakan kawasan wisata alam di Jambi yang menawarkan pemandangan sumber daya lautpasir putih yang indahdan kura-kura cantik.

Biaya tur: Mulai dari Rp 150.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kp.Singkep, Kab. Muara Sabak Barat, Cab.Tanjung Jabung Timur, Jambi; Map: Periksa lokasinya

Dimana tempat terbaik untuk berlibur di Kepri? Salah satu destinasi wisata unggulan di Kepri yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Pulau Berhala. Objek wisata eksotik ini terletak di Kabupaten Lingga, namun sebelumnya sempat diperebutkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi dan Kepulauan Riau. Apa penjelasan selanjutnya?

Setelah melalui proses konsultasi yang cukup panas, wisata fenomenal ini akhirnya resmi menjadi milik Kepulauan Riau. Nama pulau ini berasal dari seorang bangsawan Turki bernama “Paduka Berhalo”. Karena ia orang pertama yang menginjakkan kaki di tempat ini, maka ia diberi akhiran Berhala.

Pulau Berhala sudah lama menjadi sorotan karena keindahan alamnya yang ditandai dengan formasi batuan besar yang memukau. Bebatuan tersebut tidak hanya terdapat di pinggir pantai saja, namun wisatawan bisa melihatnya di setiap sudut pulau. Selain itu wisata alam juga menonjolkan keindahan pantai dengan pasir putihnya yang bersih dan lembut.

Daya Tarik Pulau Berhala

Daya Tarik Pulau BerhalaFoto: Google Maps/Youngky Xie

Atraksi yang ditawarkan pulau ini tentu saja menonjolkan keindahan alamnya yang luar biasa. Pemandangan alam dan fasilitas yang disediakan menarik banyak wisatawan mancanegara untuk menikmati berbagai aktivitas hiburan.

✦ Kunjungi Pulau Mercusuar

Pulau Berhala merupakan salah satu destinasi wisata pantai berbasis pulau yang juga dikelilingi oleh pulau-pulau kecil. Wisatawan yang mengunjunginya bisa melihat langsung mercusuar yang kokoh. Selain mercusuar tentunya dikelilingi pemandangan pepohonan dan laut pasir putih yang sangat indah.

Mercusuar di pulau cantik ini dibangun di bawah bimbingan kapal-kapal yang mengarungi Selat Berhala. Namun masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan “Pulau Mercusuar” karena terpisah dari bagian lainnya. Wisatawan yang ingin menikmati indahnya pulau di tepi pantai melewati pulau kecil ini.

✦ Kawasan penangkaran penyu

Objek wisata pantai ini dikelilingi oleh gugusan pulau-pulau kecil lainnya yang disebut Pulau Telur. Di kawasan ini penyu berkumpul, bertelur dan berkembang biak hingga jumlahnya sangat banyak. Terakhir, pemerintah setempat telah resmi menetapkan pulau tersebut sebagai kawasan penangkaran penyu yang dilindungi dan memiliki pedoman tertentu.

Pulau Jambi Berhala kemudian menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur dan berkembang biak. Hewan tersebut meninggalkan telurnya untuk berkembang biak, kemudian peternak mempersiapkan waktu yang tepat untuk melepaskan penyu. Umumnya wisatawan bisa menyaksikan langsung kehidupan penyu saat musim hujan dimulai.

✦ Menawarkan peluang snorkeling

Pulau eksotik ini selalu menawarkan panorama laut yang masih terjaga keasliannya. Warga sekitar kepulauan juga mendukung program pemerintah untuk menjaga kebersihan pantai agar dapat dimanfaatkan di kemudian hari. Di sekeliling pulau juga terdapat Hutan Akar Bahar yang merupakan rumah bagi ekosistem terumbu karang.

Dengan kondisinya yang bersih dan air laut yang jernih, pantai ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata bahari. Banyak wisatawan dari luar pulau yang menikmati snorkeling dan menyelam di pantai. Dengan menyelami lautan, wisatawan bisa langsung berinteraksi dengan pemandangan alam di bawah laut.

✦ Pemandangan alam yang indah dari atas bukit

Tak heran jika sebagian besar foto Pulau Berhala yang diambil wisatawan Instagrammable karena pemandangan di sana sangat indah. Pulau ini tidak hanya memiliki pasir putih dan bebatuan yang eksotis, namun daratannya juga berbukit-bukit dan berhutan lebat. Disana anda bisa menjumpai berbagai jenis hewan langka seperti rusa, kadal dan lain-lain.

Berada di puncak bukit, wisatawan bisa menikmati pemandangan laut dari ketinggian beberapa meter. Panorama laut dan pasir putihnya akan sangat jernih, begitu pula pulau-pulau kecil di sekitarnya. Untuk mencapai puncak, wisatawan harus berjalan kaki selama 20 menit. Jadi pastikan tubuh Anda bugar.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau BerhalaFoto: Google Maps/Youngky Xie

Pulau ini terletak di Kepulauan Singkep, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Jika Anda merencanakan perjalanan dari Kota Jambi, tersedia pilihan perjalanan melalui jalur darat dan laut. Mulailah perjalanan dari Pulau Jambi menuju Pelabuhan Pulau Nipah Panjang dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk mencapai Pulau Berhala, wisatawan harus menaiki kapal feri dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Biasanya wisatawan dari luar pulau lebih memilih jasa biro perjalanan karena alasan praktis dan hemat biaya. Saat ini warga Kepri cenderung menggunakan sewa mobil sebagai pilihan transportasi perjalanan dari Jambi menuju Pulau Nipah Panjang.

Biaya Tour ke Pulau Berhala

Untuk berlibur di pulau eksotis ini, wisatawan harus membayar biaya, sewa kapal feri, dan paket perjalanan. Penyewaan kapal feri biasanya memiliki harga yang berbeda-beda, sehingga wisatawan dapat memilih jasa biro perjalanan sesuai dengan budgetnya.

Biaya tour ke Pulau Berhala tidak dipungut biaya, sewa kapal feri Rp 150.000,-, sedangkan paket wisata bisa berharga sekitar Rp 500.000,- per rombongan.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pulau BerhalaFoto: Google Maps/Youngky Xie

Meski tempat wisata alam indah ini berupa pulau kecil, namun banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Suasana liburan bersama keluarga atau sahabat menjadi lebih berwarna dan menjadi momen tak terlupakan.

1. Cari foto yang layak untuk Instagram

Ada spot cantik di Pulau Jambi Berhala yang bisa dijadikan tempat berburu foto sepuasnya. Nantinya wisatawan bisa mengambil foto dari pinggir pantai, di pantai pasir putih, di sekitar bebatuan, dari puncak bukit dan tempat menarik lainnya. Jangan lewatkan momen matahari terbit dan naik kapal feri, tentunya hasil jepretannya akan sangat indah.

2. Berenang di kawasan Pulau Berhala

Pantai Berhala terkenal dengan kontur pantainya yang landai dan menawarkan keindahan air laut yang bersih dan jernih. Kedalamannya juga cukup dangkal dan pasir putihnya bisa berubah menjadi gradasi warna yang sangat indah. Selama berada di tempat ini, wisatawan menghabiskan waktu dengan berenang di air tawar atau memandikan kaki di tepian pantai.

3. Menyelam atau snorkeling

Pantai ini adalah rumah bagi tidak kurang dari 22 spesies ikan dan karang, yang dilindungi oleh ekosistem alami. Pantainya bersih, airnya jernih dan menyegarkan sehingga wisatawan suka memanfaatkan waktu untuk snorkeling. Nantinya, fasilitas snorkeling tersedia lengkap bagi wisatawan sehingga tidak perlu khawatir tenggelam.

4. Pelajaran sejarah

Pulau Berhala merupakan kawasan bersejarah dengan potensi arkeologi yang sangat berharga bagi penduduk setempat. Selain menyelam, wisatawan juga bisa melihat jejak sejarah makam suci, meriam, dan kuliner Jepang. Semua peninggalan purbakala dilindungi oleh BPCB (Balai Pelestarian Peninggalan Budaya).

5. Tetap

Untuk menyaksikan matahari terbit, banyak wisatawan yang memutuskan untuk tinggal lebih lama di pulau eksotis ini. Menyenangkan rasanya menikmati suasana pantai di malam hari. Akomodasi homestay yang tersedia juga menyediakan fasilitas barbekyu untuk wisatawan.

Fasilitas wisata yang tersedia

Fasilitas Pulau BerhalaFoto: Google Maps/Youngky Xie

Dilihat dari penjelasan sebelumnya, banyak sekali fasilitas yang ada di Pulau Berhala. Daftar fasilitas yang tersedia antara lain pusat konservasi penyu, rumah liburan, homestay, rumah warga, stand wisata, transportasi, peralatan snorkeling, tempat bersejarah dan berbagai paket tamasya. Operator tur.

Wisatawan yang menginap di Jambi dan Kepri bisa meluangkan waktu sejenak untuk berlibur ke Pulau Berhala yang terkenal keindahannya. Selain tempat wisatanya yang banyak, tawaran wisatanya juga sangat memadai. Tentunya dengan tiket masuk gratis, wisatawan tidak akan menyesal mengunjungi tempat ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button