Tempat Wisata

Pulau Cempa: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Cempa: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pesona Pulau Cempa

Pulau Cempa namanya. Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata di Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (KEPRI), Indonesia. Pulau ini dianggap sebagai puncak wisata bahari.

Banyak pengunjung yang datang dan senang dengan pemandangan di dalamnya. Lalu apa sebenarnya kelebihan pulau ini sehingga menarik banyak pengunjung dan tertarik untuk menghabiskan liburan di sana? Mari kita simak pembahasan lebih lanjutnya dibawah ini.

Tentu saja menjadi unggulan wisata bahari di Kepri, seperti yang bisa Anda bayangkan, pemandangan bawah laut yang sangat indah menjadi daya tarik dan keunggulan pulau ini.

Namun, bukan hanya lautnya saja yang patut diacungi jempol. Lingkungan sekitar pulau juga terkenal keindahannya, seperti pasir putihnya dan deretan pepohonan yang menambah kesan asri. Tidak banyak pulau yang menjaga kebersihannya dan membuat pengunjungnya betah berlama-lama.

Apalagi karena masih sedikit orang yang mengetahui keindahan pulau ini, ekosistem khususnya di bawah laut belum “terjamah” dan masih sangat alami. Kawasan yang bebas dari polusi udara juga turut menunjang keasrian dan keasrian pulau ini.

Sejarah Pulau Cempa

Pulau di Desa Cempa ini memiliki cerita tersendiri di balik namanya. Konon nama “Cempa” berasal dari seorang putri yang meninggal dan dimakamkan di pulau ini sehingga memunculkan nama tersebut. Pulau Cempa.

Meski kebenarannya belum bisa dibuktikan, namun karena makam sang putri belum ditemukan, banyak orang yang mempercayai cerita yang diturunkan secara turun-temurun ini sehingga secara tidak langsung menjadi ciri khas pulau ini.

Fasilitas di Pulau Cempa

Saat anda berkunjung ke pulau ini anda akan benar-benar bermain dengan alam. Lupakan berbelanja di pusat perbelanjaan ternama seperti mall atau berwisata kuliner di restoran ternama. Desa Cempa menawarkan hal-hal yang jauh dari nilai-nilai “kota” tersebut.

Baca Juga: Jelajahi Pulau Biola dan Nikmati Taman Laut Terindah di Indonesia

Namun, itu juga bagus. Karena terkadang harus bersahabat dengan alam dan penduduk desa yang menjunjung tinggi nilai keramahtamahan.

Berburu foto di tur ini

Mulai dari air laut yang jernih, pemandangan bawah laut (tapi jangan lupa gunakan kamera bawah air untuk mengambil foto), pemandangan pantai dan sekitarnya. Pulau Cempa Anda dapat mengambil foto dan menyimpannya ke kamera pribadi Anda sebagai kenang-kenangan atau karya seni.

Tips berwisata ke Pulau Cempa

Desa Cempa yang masih terbilang sepi dimaksudkan untuk memberikan Anda inisiatif untuk membantu mengembangkan potensi yang dikandungnya. Setidaknya Anda harus membantu dan ikut memancing dengan menemani beberapa warga yang berprofesi sebagai nelayan di pulau ini.

Akses ke Pulau Cempa

Jika anda berangkat dari luar Kepri, terlebih dahulu harus menggunakan angkutan laut yaitu kapal yang menuju pelabuhan besar di Riau yaitu Pelabuhan Tanjung Pinang. Nah dari situ anda bisa menyewa perahu kecil atau biasa disebut dengan perahu pompong untuk menuju kesana Pulau Cempa.

Anda tidak perlu menunggu lama dari pelabuhan, waktu perjalanan kurang dari 30 menit. Namun jika Anda mempunyai urusan mendesak atau sudah tidak sabar untuk menikmati keindahan pulau ini, Anda bisa menyewa speedboat yang waktu tempuhnya lebih singkat dibandingkan perahu pompong yang hanya sekitar 15 menit saja.

Menikmati keindahan Pulau Cempa

Tempatnya bersih dan asri karena bebas polusi sehingga bisa sekedar menikmati dan “bernafas” di sela-sela kesibukan. Anda bisa berjalan-jalan keliling pulau sambil memotret pemandangan yang indah atau bahkan bersepeda santai sambil bermain bersama saudara dan anak-anak yang tinggal di pulau ini.

peta

Jam buka dan biaya masuk Pulau Cempa

Pulau ini mulai ramai pada pukul 08:00 WIB hingga pukul 20:00 WIB dan meskipun sangat indah dan menarik pengunjung atau wisatawan dari berbagai kalangan, namun faktanya pulau ini belum diresmikan menjadi objek wisata. Oleh karena itu, belum ada kesepakatan mengenai tarif masuk yang harus dibebankan kepada wisatawan atau pengunjung.

Itu saja informasi, fakta dan hal-hal yang menjadi manfaatnya Pulau Cempa. Bagi anda yang berminat untuk datang ke pulau ini semoga dimudahkan untuk menuju kesana dan bersantai sambil menikmati panorama yang sulit digambarkan dengan kata-kata.

Galeri foto Pulau Cempa

Potret Pulau Cempa
Keindahan Pantai di Pulau Cempa
Berburu foto di pantai

Potret perairan Pulau Cempa
Potret dermaga di pulau Cempa

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button