Tempat Wisata

Pulau Damar, pulau terluar Indonesia yang kaya akan pesona dan bagian dari Kepulauan Anambas

Pulau Damar di Kepulauan Anambas merupakan pulau terluar Indonesia yang kaya akan pesona dan persembahan berbagai macam flora dan fauna serta keindahan alam yang menakjubkan.

Biaya tur: Mulai dari Rp 5.000, Jam beroperasi: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Kecamatan Jemaja, Kepulauan Cab.Anambas, Kepulauan Riau; Map: Periksa lokasinya

Ada berbagai macam barang yang bisa Anda bawa saat berlibur Pulau Damar yang termasuk dalam Kepulauan Riau. Bukan sekedar pulau biasa namun memiliki daya tarik yang luar biasa sehingga menjadikannya salah satu ikon wisata kategori pulau terluar di Indonesia.

Keberadaan pulau ini semakin dikenal setelah keluarnya Keputusan Presiden Nomor 6 yang menetapkan pulau-pulau kecil terluar Indonesia pada tahun 2017. Pulau dengan segala daya tariknya ini masuk dalam daftar 111 pulau.

Namun ternyata keberadaannya sebenarnya sudah ada sejak awal abad ke-19, salah satunya berkat keberadaan batu unik di salah satu kawasan pesisir pulau tersebut. Ingin tahu lebih banyak tentang pulau eksotik terluar Indonesia ini?

Atraksi yang ditawarkan Pulau Damar

Daya Tarik Pulau DamarFoto: Tribunenews.com

Karena Indonesia dikenal sebagai negara dengan banyak pulau, tentu setiap pulau mempunyai daya tarik tersendiri. Termasuk pulau-pulau di Laut Natuna dan kawasan Kepulauan Anambas, Provinsi Riau. Berikut adalah beberapa atraksi terbaiknya.

Asal

Dahulu masyarakat di pulau tersebut menyebutnya Tokongatap atau bagian dari gugusan pulau yang disebut Anambas. Ciri-cirinya adalah bebatuan besar, tebing terjal dan keberadaan bebatuan yang menakjubkan.

Salah satu landmark Pulau Damar di Kepulauan Anambas adalah adanya batu besar di salah satu pantai lepas pantainya. Batu ini pertama kali muncul pada tahun 1905.

Keindahan pulau yang eksotis

Ada sederet keindahan yang membuat pulau yang merupakan bagian dari Kepulauan Riau ini terkenal. Mulai dari keindahan pantai saat matahari terbit dan terbenam, hingga pasir putihnya yang berkilauan saat terkena sinar matahari.

Selain itu, kontur kawasannya masih alami dan banyak ditumbuhi pepohonan, sehingga traveler bisa menghabiskan waktu di sana tanpa kepanasan.

Suasana alam yang sangat bagus

Suasana alam di Pulau Damar Kepulauan Anambas masih sangat asri, terdapat berbagai jenis flora dan fauna disana. Anda juga bisa mencari banyak spot foto yang bisa Anda manfaatkan latar belakang jika anda ingin mengabadikan momen tersebut.

perjalanan

Tidak banyak wahana di pulau ini yang masih tergolong alami. Namun jika Anda menyukai laut, Anda bisa berenang, berselancar, dan memancing di area yang telah ditentukan.

Selain itu, Anda juga bisa naik kapal feri ke sana untuk mengagumi keindahan lautnya. Saksikan ikan-ikan berenang dengan lincah sambil menikmati pemandangan pulau-pulau di sekitar Damar.

Alamat dan rute menuju pulau

Ada dua jalur yang bisa digunakan untuk menuju objek wisata Pulau Damar di Kepulauan Riau. Tergantung di mana Anda memulai perjalanan Anda. Berikut pilihannya:

Jika Anda berangkat dari Tanjung Pinang, Anda bisa naik kapal feri melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura. Namun Anda harus mengetahui terlebih dahulu jadwal keberangkatannya karena biasanya kapal ini hanya berangkat empat hari sekali. Baik KM Lawit maupun KM Bukit Raya.

Dari sana Anda memilih rute menuju ibu kota wilayah Jemaya yaitu Letung dengan waktu tempuh delapan jam. Anda kemudian dapat melanjutkan menggunakan jalur darat.

Jika Anda terbang dari Batam, Anda perlu memilih armada pesawat kecil yang hanya beroperasi pada rute Palmataka. Armada tersebut dimiliki oleh Sabang Merauke Air Charter, kemudian dilanjutkan ke Pulau Jemaja dan dilanjutkan menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh sekitar empat jam.

Biaya tour ke Pulau Damar

Untuk menggunakan seluruh lokasi di Pulau Damar Kepulauan Anambas, harus membayar biaya masuk di pintu masuk pulau. Harganya pun cukup murah, hanya berkisar Rp 5.000/orang. Namun harga ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Biasanya harga disesuaikan berdasarkan beberapa faktor, namun berdasarkan informasi akhir tahun 2023, harga tidak mengalami perubahan.

Aktivitas yang menyenangkan

Ada beberapa aktivitas populer yang biasa dilakukan saat berlibur di pulau yang merupakan bagian dari provinsi Kepulauan Riau ini. Diantaranya adalah:

1. Cobalah aktivitas air yang berbeda

Liburan ke pulau tidak lengkap tanpa berenang. Selain itu, pantai di Pulau Damar terkenal bersih dan memiliki ombak yang cukup landai pada waktu-waktu tertentu.

Jadi jangan lupa membawa pakaian renang, jaket pelampung dan perlengkapan renang lainnya. Anda juga bisa menyewa dari penduduk setempat jika lupa membawa jaket pelampung.

Bagi mereka yang menyukainya Snorkeling atau Menyelam Aktivitas tersebut juga bisa Anda lakukan sambil melihat betapa indahnya alam bawah laut di pulau eksotis ini.

2. Mancing di pinggir Pulau Damar

Ada beberapa juga noda Memancing dapat dilakukan di Wisata Pulau Damar. Ikan yang bisa ditangkap pun beragam, namun sebagian besar sebaiknya hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan memancing sebelum dilepasliarkan kembali ke laut. Ini tentang menjaga ekosistem laut di sana.

3. Mencari spot foto terbaik

Bagi Anda yang hobi fotografi, ada banyak juga noda Menarik sebagai tempat mengambil foto atau sekedar mengabadikan melihat Hal yang menarik tentang pulau itu. misalnya di pantai Pemandangan matahari terbenam indah di sore hari.

4. Berkemah di luar ruangan

Pantai dan beberapa lokasi di Pulau Damar, Kepulauan Anambas juga bisa dijadikan lokasi Berkemah, jika Anda ingin merasa seperti sedang menghabiskan malam di bawah langit terbuka. Anda dapat membawa peralatan tersebut atau mencari tempat untuk menyewa peralatan tersebut berkemah.

5. Berburu kuliner

Salah satu pengalaman tak terlupakan di Kepri adalah mencicipi berbagai menu khas yang disajikan dengan cita rasa otentik di berbagai warung makan yang tersebar di sana.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Bagaimana dengan fasilitas yang ditawarkan wisata bahari ini? Ternyata cukup lengkap dan menawarkan kenyamanan disana.

Jika Anda baru sampai dan ingin beristirahat, terdapat kursi kayu alami yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sebelum memulai penjelajahan wisata.

Beberapa toilet juga tersedia noda Hal ini memudahkan Anda membersihkan diri setelah berenang atau aktivitas pantai lainnya. Jika Anda lapar, cari saja tempat makan yang menyediakan makanan sesuai keinginan Anda.

Tidak sabar untuk segera ke Pulau Damar? Rencanakan segera keberangkatan Anda, pilih rute yang tepat dan rasakan sensasi istimewa berada di pulau eksotis dengan atraksi unik yang akan membuat liburan Anda semakin tak terlupakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button