Tempat Wisata

Pulau Gusung, nikmati keindahan pulau tersembunyi yang menakjubkan di Makassar

Temukan keajaiban Pulau Gusung di Makassar, pulau tersembunyi dengan pantai pasir putih menakjubkan, destinasi sempurna untuk petualangan tropis Anda.

Biaya tur: Mulai dari Rp 25.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Gusung, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasinya

Pulau Gusung menjadi destinasi wisata terbaru di Makassar, Sulawesi Selatan. Sebagai destinasi wisata bahari, pulau dengan panoramanya yang masih alami ini mampu memikat pengunjung dengan pemandangannya yang indah.

Mengingat aksesibilitas Makassar yang mudah, tak heran jika pulau ini semakin populer sebagai destinasi wisata. Dengan peningkatan fasilitas, aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Ingin tahu lebih banyak tentang keseruannya? Di bawah ini ulasannya.

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Gusung

Daya Tarik Pulau GusungFoto: Twitter/Halo kota

Dekat pusat kota makassar

Keunggulan utama Pulau Gusung adalah letaknya yang strategis. Pulau kecil ini terletak hanya 15-20 menit dari kota Makassar.

Selain aksesibilitas dan kedekatan yang mudah, ini juga berarti Anda dapat menikmati waktu luang secara maksimal tanpa merasa lelah dalam perjalanan jauh. Sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dan stress tanpa harus melakukan perjalanan yang melelahkan.

Pulau kecil dengan pantai berpasir putih yang menakjubkan

Pulau ini sebenarnya kecil dan tidak memiliki bukit atau gunung. Pulau ini lebih mirip kawasan pantai yang muncul di tengah laut. Meski Wisata Pulau Gusung kecil, namun banyak terdapat pantai dan pemukiman penduduk.

Anda bisa menghabiskan waktu di pantai dengan pasir putih yang tetap bersih dan alami.

Pasirnya yang putih bersih dan alami, begitu pula air lautnya yang jernih dengan nuansa hijau dan biru menciptakan suasana menyegarkan dan menenangkan selama Anda berkunjung.

Dua sisi pulau yang kontras

Keistimewaan Pulau Gusung adalah terdapat dua kawasan yang berbeda. Di satu sisi, pulau kecil ini dilindungi oleh bendungan beton tinggi yang dirancang khusus untuk meredam ombak.

Anda bisa berjalan menyusuri tembok ini dan menikmati kontras antara lokasi padat dan bangunan wisata. Namun di sisi utara pulau terdapat pantai luas dengan pasir putih yang indah.

Kawasan pantai ini kerap menjadi tujuan utama pengunjung yang ingin menikmati waktu bermain air.

Peralatannya cukup lengkap

Pulau Gusung Makasar juga menonjol karena fasilitasnya yang memadai, termasuk tempat duduk yang nyaman untuk makan dan beristirahat. Meski harga sewanya mahal, namun kondisi fasilitasnya sangat wajar.

Hal ini menjadikannya tempat yang ideal bagi Anda yang ingin bermalam, berkumpul bersama keluarga atau sekedar bersantai melepas penat.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pulau GusungFoto: Google Maps/Aris Kastiani

Pulau Gusung sendiri terletak di Lae Le, lebih tepatnya di Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jaraknya pun cukup dekat dengan pusat kota, yakni hanya sekitar 1,5-2 km. Tarif pulang pergi sekitar 25.000 per orang.

Bagaimana cara menuju pulau yang penuh dengan pantai ini? Yakni dengan menyewa speedboat atau perahu motor nelayan. Nantinya Anda akan memulai dari Dermaga Kayu Bankoa di depan Fort Rotterdam.

Waktu perjalanan hanya sekitar 15 menit. Setelah itu Anda bisa bermain dan bersenang-senang di pulau tersebut. Anda tidak perlu khawatir ketinggalan karena banyak perahu atau perahu yang telah disewa dan menunggu Anda.

Prinsipnya, masuk ke pulau ini tidak dipungut biaya alias gratis bagi pengunjung. Anda cukup menyewa perahu atau perahu motor dengan harga 25.000 per orang atau lebih murah untuk rombongan.

Paviliun atau rumah yang sudah berada di dekat pantai kini rupanya hanya disewakan untuk tempat istirahat. Biayanya sekitar 100.000 hingga 200.000.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau GusungFoto: Google Maps/David Hae

1. Bermain dan berenang di air

Kondisi laut dan pantai di Pulau Gusung Makasar sangat ideal untuk berenang. Ombaknya tenang dan airnya masih cukup jernih.

Jika Anda ingin berkunjung bersama keluarga atau anak-anak, maka bagian utara pulau ini cocok banget untuk bermain. Pasirnya yang putih bersih pasti akan membuat si kecil senang.

Kawasan pantai tidak terlalu ramai. Sehingga pengunjung merasa nyaman memainkan permainan seru tanpa harus berdesak-desakan.

Karena air lautnya jernih, Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan untuk snorkeling atau menyelam. Namun, ingatlah untuk tetap memperhatikan keselamatan saat melakukan aktivitas.

2. Berjalan-jalan di sekitar Pulau Gusung

Luas pantai eksotik ini sekitar 1.260 meter persegi yang tergolong kecil dan mudah dijelajahi dengan berjalan kaki. Jangan lewatkan kesempatan untuk berkeliling dan melihat betapa cepatnya Pulau Gusung menjadi kawasan wisata.

Di satu sisi Anda akan menemukan pantai putih yang panjang dan bersih, sedangkan di sisi lain Anda bisa melihat bangunan-bangunan yang terus dibangun untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

3. Bersantai di pantai

Bangunan atau paviliun yang disewakan sangat ideal untuk bersantai. Paviliun biasanya dilengkapi meja dan kursi yang bisa disewa sepanjang hari.

Jadi Anda juga bisa bersantai di sana. Beberapa kawasan di pulau ini telah dikembangkan dengan desain modern dan tren terkini. Jadi cocok buat anak muda yang mau nongkrong.

4. Wisata kuliner

Wisata kuliner menjadi salah satu atraksi dan aktivitas yang paling dinantikan di Wisata Pulau Gusung. Banyak penjual makanan dan ikan berjalan-jalan.

Anda bisa memesan hidangan khas Makassar atau hidangan seafood lokal. Karena banyak juga nelayan di pulau eksotik ini, menu dan jenis ikan yang tersedia pun semakin beragam.

Anda pasti tidak akan bosan saat bersantap dan bersantai di pulau kecil yang menawan ini. Sebagai tip: jangan terburu-buru pulang! Luangkan waktu Anda hingga senja tiba agar Anda bisa merasakan indahnya matahari terbenam di ufuk barat.

5. Bermalam di rumah terdekat

Momen indah yang sayang untuk dilewatkan di Pulau Gusung Makasar adalah pemandangan di malam hari dan siang hari. Jika Anda tertarik, ada pilihan akomodasi dasar yang dikelola oleh pemerintah kota setempat.

Jangan berharap hotel bintang lima, tapi nikmati akomodasi tradisional dengan kamar untuk bermalam. Harga akomodasi mulai sekitar 100.000 per malam.

Mengingat letaknya yang cukup jauh dari Makassar, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah, kemudian menyaksikan gugusan bintang di tengah malam tanpa terganggu polusi cahaya, dan bangun di pagi hari untuk menyambut cemerlangnya matahari terbit.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau GusungFoto: Google Maps/Razkiyah Ramadhani

Pemerintah pulau telah menyediakan banyak tempat persewaan untuk istirahat dan warung jajanan. Fasilitas dasar lainnya juga mudah ditemukan sehingga tidak terlalu sulit untuk bersantai.

Lokasi dermaga sangat dekat sehingga tidak memerlukan akses atau jalan khusus. Semua fasilitas di pulau ini telah dibangun dengan standar tinggi.

Pulau ini sebenarnya cukup kecil sehingga tidak banyak yang bisa ditawarkan. Mengingat beberapa tempat telah dibangun untuk memenuhi kebutuhan pariwisata. Namun pemandangan dan alam sekitarnya membuatnya cocok untuk dikunjungi.

Pada dasarnya Wisata Pulau Gusung merupakan destinasi wisata baru di Makassar. Fasilitasnya cukup lengkap meski tidak terlalu ramai untuk keperluan liburan dan permainan. Namun alamnya indah dan sejuk untuk perjalanan singkat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button