Berita Wisata

Pulau Jemur, surga tersembunyi di Rokan Hilir

pulau matahari. Foto: Net

BERITA SABANGMERAUKE, Pekanbaru – Pulau Jemur memang belum terlalu terjamah untuk dijadikan destinasi wisata alam. Penampilan pantai dengan pasir putih dan hamparan laut biru, pemandangan ini cukup menjanjikan untuk dipamerkan di beranda media sosial Instagram.

Wisata alam yang instagramable ini terletak di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, dekat perbatasan Malaysia. Tepatnya, sekitar 72,4 km dari ibukota Rohil (Bagansipapiapi) dan 64,3 km dari pelabuhan Klang di Malaysia.

Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau yang terdiri dari beberapa pulau, antara lain Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik, dan pulau-pulau kecil lainnya.

Pulau Jemur memiliki potensi wisata yang menjanjikan, sering disebut sebagai surga tersembunyi, selain itu pulau ini juga merupakan habitat penyu hijau (Elonia mydas).

Penyu hijau adalah penyu besar yang termasuk dalam famili Cheloniidae dari spesies dalam kelompok Chelonia. Mereka hidup di semua laut tropis dan subtropis, terutama di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.

Namun kini jumlahnya semakin berkurang akibat perburuan cangkang untuk hiasan, dan telur merupakan sumber protein dan obat-obatan, serta sulitnya perkembangan telur karena kondisi alam.

Pulau Jemur memiliki pantai berpasir keemasan dengan sedikit ombak yang membuat suasana damai dan menyejukkan jiwa. Yah, pantainya sedikit berombak dan memiliki gradasi hijau air di pantai, tetapi saat Anda sampai di tengah, semakin gelap saat masuk lebih dalam ke laut.

Selain itu banyak juga tempat wisata yang seru dan menegangkan seperti Jejak Manusia, Sumur Tulang, Batu Panglima Layar dan masih banyak lagi.

Padahal, keindahan taman laut yang terkenal selalu indah dan kaya biota laut, memanjakan para penyelam untuk menikmati alam bawah laut.

Snorkeling di kawasan laut Pulau Jemur memang menjadi dambaan para wisatawan yang hobi snorkeling.

Di Pulau Jemur terdapat peninggalan sejarah berupa gua, benteng Jepang, waduk emas dan mercusuar. Selain nilai sejarah yang akan menambah wawasan, traveller bisa memanfaatkan tempat wisata tersebut untuk menambah koleksi fotonya.

Ambil selfie dengan latar belakang seperti meriam Jepang, mercusuar, dan lainnya. Dari atas mercusuar ini, traveler bisa merekam keindahan Selat Malaka yang begitu indah.

Yang tak kalah menarik adalah menunggu dan menikmati sunset yang lambat. Nah, cobalah sedikit mendaki bukit untuk menikmati eksotisme pesona sunset. Semburan cahaya jingga mengelilingi matahari, sangat indah dilihat dari atas pulau ini.

Namun sayangnya dengan potensi wisata alam Pulau Jemur yang cukup menjanjikan, masih belum ditunjang dengan fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan yang bisa datang kesini, seperti akomodasi dan lain-lain. Untuk menuju Pulau Jemur sendiri ditempuh melalui jalur laut dengan speedboat dan membutuhkan ongkos yang lumayan melelahkan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button