Tempat Wisata

Pulau Kambing Bulukumba – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya

Biaya Tur: Mulai dari Rp250.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Bira. Bonto Bahari, Kab.Bulukumba, Sulawesi Selatan; map: Cek lokasi

Perjalanan ke Bulukumba, Sulawesi Selatan tidak lengkap tanpa melewatkan Pulau Kambing. Pulau sebagai objek wisata bahari memiliki panorama bawah laut yang mempesona. Bahkan, pulau ini disebut-sebut sebagai surga tersembunyi seperti laut karena keindahan bawah lautnya yang menyimpan ribuan permata. Sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Keindahan pulau yang indah ini tidak berakhir di sini. Pulau tak berpenghuni ini menawarkan suasana pantai dengan dekorasi alami pasir putih dan tebing berbatu. Warna laut yang kebiruan dengan komposisi yang jernih membuat habitat laut terlihat dari atas. Sehingga snorkeling di perairan pulau ini bisa menarik perhatian semua orang.

Namanya saja mungkin membuat beberapa wisatawan berpikir tentang banyaknya kambing. Namun siapa sangka, wisatawan tidak akan menemukan kambing di sini. Penamaan Pulau Kambing tidak memiliki arti atau asal usul khusus, hanya nama pulau ini saja. Jadi jangan berharap kambing, tapi panorama yang indah.

Pemandangan di Pulau Kambing

Atraksi di Pulau KambingSumber gambar: Facebook Selviya Hanna

Eksotis adalah kata yang paling tepat untuk menggambarkan pesona alam Pulau Kambing. Ternyata tidak hanya eksotis, pulau di Bulukumba ini juga memiliki beragam pesona kain yang pasti akan memikat calon pengunjung untuk menginjakkan kaki di sini. Daya tariknya yang beragam juga dapat mendongkrak kunjungan wisatawan.

1. Keajaiban keanekaragaman biota bawah laut

Pantas mengapa pulau ini disebut surga tersembunyi. Bagaimana tidak, pesona keanekaragaman biota bawah laut terlihat begitu memukau jika dilihat. Seperti lautan yang menyembunyikan ribuan permata. Tak heran jika pulau ini mampu menarik banyak pengunjung dengan pesona keanekaragaman biota bawah lautnya. Bagaimana tertarik?

2. Dekorasi panorama tebing tinggi

Pulau ini terlihat sedikit berbeda dari kebanyakan pulau. Pasalnya, pulau cantik ini memiliki tebing-tebing berbatu yang menjulang di pesisir pulau. Tebingnya terlihat cukup curam dengan lahan hijau di atasnya. Wisatawan yang berdiri di atas tebing ini memiliki angle yang pas untuk menikmati birunya hamparan laut lepas.

3. Keindahan pulau daratan

Pulau Kambing merupakan pulau yang tidak berpenghuni, sehingga wisatawan mendapatkan suasana tenang yang bisa dirasakan begitu dekat. Selain karena jumlah pengunjung yang berkunjung ke pulau kecil ini tidak berpenghuni, juga tidak ramai bahkan bisa disebut sepi. Jadi itu berkontribusi pada suasana tenang. Suara deburan ombak yang terdengar menyegarkan akan menjadi alunan musik di sini.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau KambingSumber gambar: Twitter ZonaMakassar.Com

Pulau dengan ciri khas tebing berbatu ini terletak di ujung selatan Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Bulukumba, Desa Bira. Jarak dari Pulau Kambing Bulukumba ke pusat Kota Makassar sekitar 190 km. Jarak 190 km dapat ditempuh oleh wisatawan dengan waktu antara 5 hingga 6 jam. Sehingga wisatawan perlu mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu untuk datang ke sini.

Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Makassar menuju Tanjung Bira dari Jalan Klp. Tiga. Lanjut ke Jalan AP Pettarani. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Sungguminahasa – Takalar. Kemudian berkendara ke Jalan Bantaeng – Bulukumba untuk sampai ke Jalan Jend Sudirman. Lanjutkan ke Jalan Bung Tomo dan Dato Tiro, lalu ke Jalan Poros Pelabuhan Bira sampai bertemu Tanjung Bira.

Jangan hanya memikirkan perjalanan darat jika berniat berwisata ke pulau kecil ini. Letak Pulau Kambing yang berada di seberang Pulau Sulawesi bagian selatan membuat wisatawan harus menempuh perjalanan laut untuk mengunjunginya. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan ke tempat tersebut melalui jalur laut sekitar 20 menit dari Tanjung Bira yang juga terletak di Bulukumba.

Jadi, wisatawan yang tertarik mengunjungi pulau ini bisa menyewa perahu dari Tanjung Bira dan kemudian melanjutkan perjalanan laut. Harga yang berbeda juga tersedia tergantung pada kebutuhan atau anggaran para wisatawan. Wisatawan dapat mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu untuk menghindari keterlambatan saat tiba di pulau, dan disarankan untuk memulai perjalanan di pagi hari.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Kredit foto: Google Maps Rangga Pramana

Ketertarikan berkunjung ke Pulau Kambing merupakan hal yang wajar, apalagi setelah membaca ulasan di atas. Tebing-tebing bebatuan yang menghiasi pesisir pulau dengan keanekaragaman alam bawah lautnya tentunya akan menjadi magnet tersendiri bagi Anda pecinta wisata. Wisatawan yang berminat tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk, karena kawasan pulau ini tidak memungut biaya sebagai tiket masuk.

Penyebab minimnya biaya masuk bisa karena tempatnya cukup sulit dijangkau, juga tempatnya tidak berpenghuni sehingga tidak dikelola dengan baik dan berdampak pada minimnya biaya masuk. Wisatawan hanya perlu menyiapkan biaya kapal menuju pulau. Ini antara Rp 250.000 dan Rp 400.000, tergantung kebutuhan Anda.

Kegiatan Seru di Pulau Kambing

Aktivitas seru di Pulau KambingSumber gambar: Google Maps PRIMAWATI TARIK

1. Kagumi pesona dunia bawah laut

Keanekaragaman biota laut di pulau ini terlihat begitu indah dari permukaan airnya yang jernih. Wisatawan yang ingin melihat lebih dekat bisa mencoba snorkeling. Ratusan ikan kecil berenang di antara terumbu karang yang indah. Wisatawan juga bisa menyelam sambil melihat berbagai spesies hiu. Tempat menyelam terbaik untuk menikmatinya adalah di Shark Point dengan kedalaman 20-30m.

2. Bersantai dan berfoto di atas tebing tinggi

Bersantai adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati hidup, apalagi jika Anda melakukannya di tebing Pulau Kambing. Dari atas sini, wisatawan bisa menikmati keindahan laut lepas sejauh mata memandang, tentunya dengan kesan pulau yang tidak diragukan lagi. Tempat ini juga cocok sebagai tempat untuk fotografi karena pemandangan yang ditawarkan akan terlihat indah saat difoto.

3. Memancing di seberang pulau

Pulau cantik ini bukan hanya surga bagi pecinta snorkeling dan diving. Siapa pun yang senang memancing juga akan merasakan aura memancing yang mengesankan. Pasalnya, perairan pulau ini lumayan menyimpan kekayaan biota laut yang melimpah. Wisatawan bisa memancing di daratan pulau ini sambil merasakan angin sepoi-sepoi yang dibawa oleh ombak yang tenang. Tertarik?

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi di dekat Pulau KambingGoogle Maps Cosmos Bungalows

1. Akomodasi Asidik

Lokasi Asidik Inn masih satu kecamatan dengan Pulau Kambing Bulukumba. Oleh karena itu, sangat cocok sebagai tempat bermalam setelah menjelajahi pulau dengan cara yang menyenangkan. Selain jaraknya yang dekat, ada beberapa keunggulan lain dari penginapan ini, yaitu lokasinya yang terbilang nyaman karena berada tepat di tepi pantai. Fasilitasnya juga lengkap, seperti parkir, wi-fi, jadi bisa bawa hewan peliharaan.

2. Pantai Panda 2

Tidak jauh dari Asidik Inn juga terdapat penginapan dengan konsep minimalis yang dipakai. Panda Beach 2 menawarkan akomodasi dengan layanan yang ramah dan pemandangan pantai yang indah. Lokasinya yang berada di ketinggian juga turut menyumbang keindahan pemandangan yang ditawarkan. Fasilitas seperti kamar ber-AC dan lainnya tersedia di sini.

3. Bungalo Cosmos

Cosmos Bungalows yang terlihat begitu megah terletak di tebing tinggi yang di bawah ombak pecah, yang sangat menarik untuk dikunjungi. Wisatawan yang menginap di sini akan berasa tidur di tengah alam karena nuansa bangunan kayunya. Fasilitas lengkap juga disediakan mulai dari sarapan gratis, wifi, penjemputan di bandara, restoran dan lainnya.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

fasilitas di area pulauSumber gambar: Facebook Baling-baling Bamboo Multimedia

Meski tergolong pulau tak berpenghuni dengan rute jalan yang agak sulit, siapa sangka Pulau Kambing Bulukumba menawarkan fasilitas lengkap bagi para pengunjungnya. Berbagai fasilitas tersedia di sini, mulai dari fasilitas hingga waktu Anda menginap di pulau ini. Sehingga wisatawan bisa merasakan liburan di pulau yang tenang dengan fasilitas yang lengkap.

Fasilitas pertama adalah fasilitas kapal atau perahu yang bisa disewa wisatawan untuk menuju pulau tersebut. Harganya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Wisatawan bisa menyewa perahu ini di Tanjung Bira dan dipandu melewati hamparan laut biru. Jadi, wisatawan tidak akan bosan dalam perjalanan laut ini.

Perahu atau boat yang bisa disewa untuk menuju pulau ini juga dilengkapi dengan berbagai perlengkapan snorkeling dan scuba. Ini menjadikannya fasilitas kedua setelah melewati kapal. Wisatawan dapat menggunakan peralatan ini untuk mencoba menjelajahi keindahan dunia bawah laut. Mulai dari fasilitas berupa alat bantu pernapasan, kaki kodok, pelampung dan botol oksigen sudah tersedia.

Wisata ke Sulawesi Selatan memang tidak lengkap jika melewatkan Pulau Kambing. Tidak ada yang bisa menjadi celah untuk tidak mengunjungi pulau kecil ini. Mulai dari suasana tenang yang disuguhkan, hingga pesona bawah laut yang menakjubkan, hingga fasilitas lengkap yang dapat menunjang aktivitas apapun di pulau ini. Bagaimana tertarik?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button