Tempat Wisata

Pulau Kangean: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau-pulau kecil yang kerap menonjol karena keindahan pesona alamnya yang sangat eksotik dan menarik, menyaingi tempat wisata di negara lain seperti Maladewa atau Bora-Bora. Di Indonesia banyak sekali pulau-pulau yang hanya dihuni sedikit orang, ada pula yang dijadikan sebagai tempat penelitian atau objek wisata, dan yang terakhir ini wajib dikunjungi jika kebetulan berada di Jawa Timur, lebih tepatnya di pulau Madura yang bernama Kangean.

Kangean merupakan negara kepulauan yang terdiri dari sekitar 30 pulau yang terletak 120 km timur laut Madura. Pulau ini relatif sedikit diketahui orang, namun dengan pilihan transportasi perahu yang jauh lebih baik dari biasanya, pulau-pulau ini mudah diakses oleh wisatawan yang suka bertualang. Pulau terbesar adalah Kangean sendiri dengan luas sekitar 490 kmĀ². Lainnya hanya seluas 1.800 kaki persegi.

Daya tarik utama di sini adalah kehidupan laut dan terdapat tempat snorkeling yang bagus di dekat pantai di banyak pulau. Secara umum pantai barat di sini berpasir putih, sedangkan pantai timur banyak ditumbuhi hutan bakau. Beberapa operator selam yang berbasis di Bali menawarkan perjalanan menyelam formal ke kepulauan ini, dan terdapat perahu-perahu unik yang mengarungi Kangean dari Sangsit dan Singaraja di Bali utara.

Pulau terbesar dari tiga pulau utama adalah Kangean, dengan luas 188 mil persegi (487 kilometer persegi), terdiri dari luas barat laut 25 mil (40 km) dan luas utara-selatan 12 mil (19 km). . Pulau Paliat memiliki panjang 14 km dan lebar 5 km, dan Pulau Sepanjang memiliki panjang 16 km dan lebar 8 km. keduanya terletak di tenggara Kangean. Pulau-pulau lain yang termasuk dalam kelompok ini antara lain Seridi Besar, Seridi Kecil, Sesiil, Setabo, Sapankur, dan Memburit.

Yang unik dari pulau ini adalah walaupun masih satu lokasi dengan Madura, namun masyarakat asli Kangean mempunyai adat istiadat tersendiri dan masyarakat disini konon merupakan campuran dari penduduk asli Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan disana. juga merupakan campuran bahasa Belanda. Tak heran jika bahasa yang digunakan pun berbeda-beda. Berbeda dengan bahasa Madura pada umumnya, mereka cenderung menggunakan bahasa Portugis.

Sesampainya di pulau ini Anda akan disambut dengan segudang panorama indah yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya dan membuat Anda sulit percaya bahwa ada pulau seindah ini di Jawa Timur. Hamparan pasir putih yang menyentuh lembut kaki diiringi semilir angin pantai menambah suasana dan membuat betah. Selain itu, Pulau Kangean juga kaya akan biota laut dan terumbu karang yang masih subur dan indah, belum terjamah tangan manusia.

Di kawasan ini, Anda juga bisa menyaksikan pepohonan yang tumbuh lebat dan memberi keteduhan sehingga bisa menjadi tempat berteduh bagi pengunjung sebagai payung alami, atau menikmati piknik sambil menikmati perbekalan yang Anda bawa.

Asal Usul Nama Pulau Kangean

Kangean sendiri berasal dari bahasa Madura ‘Ka-aengan’ artinya terendam air. Artinya pada saat air surut dapat terlihat dari jauh, sedangkan pada saat air surut tertutup atau tenggelam di bawah permukaan air.

Selain itu, sejarah pulau ini juga sedikit suram, karena ternyata pada zaman dahulu, raja-raja Sumenep bertugas di Pulau Kangean sebagai tempat pengasingan bagi orang-orang yang mendapat hukuman berat. Ada pula yang berasal dari urusan kriminal, namun tidak sedikit pula yang berasal dari urusan politik (dianggap tidak setia kepada raja atau bawahan yang berpengaruh).

Fasilitas di Pulau Kangean

Karena pulau ini memiliki kehidupan administratif tersendiri, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang akan Anda temukan di Pulau Kangean. Di sini terdapat beberapa roadhouse atau guest house negara yang meski tempatnya tidak terlalu luas namun menawarkan harga sewa yang terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk menginap di homestay di rumah orang lain, namun harus mendapat izin terlebih dahulu dari kepala desa.

Fasilitas lain di lokasi ini antara lain persewaan perahu, toilet umum, beberapa warung warga yang menjual makanan dan minuman, musala, bahkan pasar dan pusat kesehatan. Meski perawatannya mungkin kurang baik, setidaknya bisa membantu para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Berburu foto di Pulau Kangean

Banyak spot menarik yang ada di tempat ini, mulai dari pemandangan berbagai pulau kecil yang mengelilingi pulau utama Kangean, indahnya pasir putih berkilauan diterpa sinar matahari, air laut yang biru kehijauan, burung-burung liar yang beterbangan di sekitar pulau dan masih banyak lagi. Jangan lewatkan panorama matahari terbenam yang bisa Anda alami di pulau ini.

Jika ingin foto yang lebih unik lagi, Anda juga bisa mengamati kehidupan adat di Pulau Kangean dan jadikan ini sebagai salah satu subjek foto Anda.

Baca Juga: Wisata Waduk Bajulmati, Sensasinya di Raja Ampat Jawa Timur

Akses jalan menuju Pulau Kangean

Dari kota Sumenep, Anda bisa menyewa angkutan umum atau Angkot seharga 50.000 rupiah per mobil atau naik ojek seharga 20.000 rupiah per orang untuk sampai ke Pelabuhan Kalianget.

Setelah sampai di Pelabuhan Kalianget, ada dua pilihan kapal yang bisa menyeberang ke Kangean:

A. Speedboat Speeder Express Bahari (150.000 rupiah sekali jalan, namun jika membeli tiket pulang pergi bisa mendapatkan diskon dan hanya membayar 280.000 per orang).

Ketika Anda tiba di Pelabuhan Kangean, Andalah yang menentukan arah perjalanan Anda. Pertama, Anda bisa menuju ibu kota Kangean dengan menyewa angkutan umum Kangean dengan tarif angkot 45.000 sekali jalan.

Biaya masuk Pulau Kangean

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  • Biaya naik speedbot: Rp 150.000/sekali jalan

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Pulau Kangean

Tips berlibur di Pulau Kangean

  • Cobalah untuk ditemani oleh seorang pemandu karena Anda akan kesulitan memahami apa yang dikatakan penduduk setempat di Kangea
  • Bawalah perbekalan yang cukup seperti makanan dan minuman
  • Bawalah baju ganti
  • Hormati aturan di sana
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Bawalah uang tunai secukupnya

Galeri Foto Pulau Kangean

Pulau Kangean
Potret dermaga di Pulau Kangean
Keindahan air laut yang jernih
Potret udara Pulau Kangean
Keindahan Pantai Pulau Kangean
Sunset di Pulau Kangean

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button