Tempat Wisata

Pulau Kapuk, Mengenal Destinasi Wisata Menawan di Aceh Besar

Pulau Kapuk merupakan kawasan wisata di Aceh yang terdiri dari tiga objek yaitu wisata sungai, pantai yang indah, dan hutan pinus yang asri dan rindang.

Biaya tur: Mulai dari Rp 5.000 Jam beroperasi: 10.00 – 18.00 WIB, Alamat: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kab.Aceh Besar, Aceh; Map: Periksa lokasi

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan wisata religi dan budaya Islamnya. Kawasan yang kerap dijuluki “Serambi Mekah” ini memiliki berbagai surga tersembunyi yang menarik banyak peminatnya. Salah satu destinasi terindah di Aceh adalah Pulau Kapuk yang sering disebut dengan Pantai Romantis.

Sesuai dengan namanya, wisata bahari sangat cocok dikunjungi bersama pasangan. Pemandangan laut yang ada di sini terlihat sangat indah dan asri. Meski kawasannya jarang dibuka untuk umum atau agak tersembunyi, namun wisata pantai ini menawarkan keindahan alam yang mempesona.

Padahal, wisata pantai sangat cocok dikunjungi saat liburan atau akhir pekan untuk melepas kepenatan aktivitas sehari-hari. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara suka berlibur ke pantai. Sebelum berkunjung, sebaiknya Anda membaca ulasan berikut ini untuk berbagai informasi mengenai salah satu pantai indah di Aceh ini.

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Kapuk

Daya Tarik Pulau KapukFoto: Google Maps/Tanozisochi Lase

Daya tarik menjadi salah satu pertimbangan ketika seseorang memilih tempat berlibur. Informasi mengenai daya tarik biasanya terdapat di berbagai media informasi seperti internet dan media sosial.

Destinasi wisata di Aceh ini sangat populer dan namanya banyak diperbincangkan di media sosial. Berikut rangkuman beberapa objek wisata Pulau Kapuk:

✦ Wahana air sungai

Pada dasarnya wisata hits ini merupakan kawasan unik atau bentang alam yang unik. Tidak hanya pantainya saja, tapi juga objek-objek lain yang bisa digunakan untuk mengisi waktu liburan. Salah satu tempat di Pulau Kapuk yang mampu menarik perhatian wisatawan adalah wisata air sungai.

Sungai Krueng Raba menawarkan wisata perahu tamasya yang cukup menarik. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk mengelilingi sungai dan menikmati pemandangan indah serta suasana tenang. Sungai ini mempunyai air yang sangat jernih dan perjalanan wisata perahu dilengkapi dengan pelampung sehingga dijamin aman.

✦ Hutan pinus

Wilayah Pulau Kapuk terdiri dari pantai, sungai, dan hutan pinus. Keberadaan hutan pinus menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tentu saja hutan pinus ini penuh dengan pohon pinus yang rindang dan tinggi. Sangat cocok untuk bersantai atau piknik sambil menikmati sejuknya suasana kawasan pantai.

Dari hutan pinus yang rindang dan rindang ini Anda bisa memandang ke laut dan merasakan semilir angin pantai. Wisatawan juga bisa berjalan-jalan menyusuri hutan pinus di sepanjang jalan setapak yang telah disiapkan. Inventarisasi hutan pinus ini dikelola dan dipelihara dengan baik oleh pihak pengelola.

✦ Pesona yang menakjubkan

Pemandangan pantainya terdiri dari pasir putih dan laut biru. Pantai menjadi tempat wisata utama yang dikunjungi saat berlibur di Pulau Kapuk. Keindahan pantai yang mempesona menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, mereka yang menyukai fotografi akan menyukai pemandangan laut dalam tur yang menakjubkan ini.

✦ Tempat romantis

Berbeda dengan wisata pantai lainnya, pantai di Pulau Kapuk menawarkan tempat-tempat romantis. Sebab terdapat tempat peristirahatan yang terbuat dari kayu dan selendang tipis. Oleh karena itu, destinasi wisata menawan ini cocok untuk dikunjungi bersama pasangan atau pasangan baru saat berbulan madu.

✦ Resor di tepi pantai

Daya tarik berikutnya adalah terdapat resor-resor yang berjajar di tepi pantai. Bagi sebagian wisatawan, tujuan utamanya adalah menikmati hidangan restoran sambil menikmati pemandangan.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau KapukFoto: Google Maps/Khalilurrahman Alfarisi

Pulau Kapuk secara administratif terletak di Jalan Pulau Kapuk, Desa Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Aceh. Kawasan wisata unik ini berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Banda Aceh dan berada di arah barat daya kota. Akses menuju lokasi dapat dilakukan melalui sambungan jalan yang baik dan dapat dicapai dengan kendaraan roda dua atau empat.

Jaraknya yang tidak terlalu jauh juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Waktu tempuh dari pusat kota menuju kawasan wisata kurang lebih 30 hingga 45 menit. Dari kota Aceh bisa menuju l. Makam T. Panglima Nyak lalu Jl. Potong Meutia. Kemudian dilanjutkan melalui Jl. Medan Banda Aceh hingga tiba di kabupaten Lhoknga.

Biaya masuk wisata laut

Seperti halnya tempat wisata pada umumnya, tiket masuknya dikenakan biaya. Tak perlu khawatir karena harga tiket masuk kawasan wisata menakjubkan ini cukup terjangkau. Untuk memasuki kawasan wisata, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 saja. Namun pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 35.000 untuk mengunjungi pantai tersebut.

Meski agak mahal, namun harga tiket masuk ini sudah termasuk minuman dan makanan ringan gratis. Adapun biaya lain yang mungkin dikeluarkan yaitu sewa paviliun dengan harga berkisar Rp 10.000 hingga 30.000. Kawasan wisata ini bisa dikunjungi setiap hari kecuali hari Jumat mulai pukul 10.00 hingga 18.00 WIB.

aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Pulau KapukFoto: Google Maps/Fadhly Al Farlaky

Wajar jika pengunjung berlibur ke tempat wisata juga ingin melakukan aktivitas lain atau menyenangkan. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan saat berlibur di Pulau Kapuk:

1. Kuliner yang nikmat di pinggir pantai

Seperti yang sudah dijelaskan, tempat wisata di pesisir Pulau Kapuk ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan karena terdapat resort di tepi pantai. Wisatawan bisa menikmati lezatnya hidangan laut segar seperti ikan bakar, udang, dan kerang.

2. Berkemah di hutan pinus

Hutan pinus yang sejuk dan asri bisa dijadikan tempat camping. Tentu saja kegiatan berkemah bersama teman-teman sangat menyenangkan. Keindahan laut dan hutan pinus di malam hari sungguh mempesona. Ditambah lagi dengan suara deburan ombak yang menenangkan suasana.

Disarankan untuk membawa perlengkapan berkemah sendiri karena belum tersedia di kawasan ini.

3. Piknik di kawasan Pulau Kapuk

Selain dijadikan tempat perkemahan, kawasan hutan pinus juga bisa dijadikan tempat piknik. Cocok bagi wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan dan makanan tanpa harus menginap. Banyaknya warung yang menjual makanan sangat menunjang kegiatan piknik.

4. Snorkeling

Jangan hanya menikmati pemandangan pantai dan laut dari atas saja. Namun keanekaragaman hayati bawah lautnya cukup mempesona, seperti terumbu karang berwarna-warni, aneka ikan tropis, serta flora dan fauna laut lainnya.

5. Berburu foto

Mengingat keindahan alamnya yang mempesona, berburu foto menjadi kegiatan yang sayang untuk dilewatkan. Di kawasan ini Anda akan menemukan banyak spot foto, baik di tepi pantai, di kapal pesiar sungai, maupun di hutan pinus.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau KapukFoto: Google Maps/Michael

Fasilitas yang tersedia di kawasan Pulau Kapuk cukup memadai karena dikelola oleh pemerintah setempat. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • Musholla
  • tempat peristirahatan umum
  • kamar mandi
  • paviliun
  • Tempat parkir yang luas
  • Perjalanan santai
  • Penyewaan kendaraan hias
  • Akomodasi

Pulau Kapuk merupakan surga tersembunyi di Aceh dengan keindahan alam yang mempesona. Tidak hanya pemandangan saja yang menjadi daya tariknya, namun berbagai aktivitas yang bisa dilakukan juga sangat menarik minat wisatawan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button