Tempat Wisata

Pulau Kelor, nikmati keindahan sebuah pulau yang kaya akan sejarah di antara Kepulauan Seribu

Pulau Kelor, nikmati keindahan sebuah pulau yang kaya akan sejarah di antara Kepulauan Seribu
Biaya tur: Mulai Rp 5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu Administrasi, DKI Jakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pulau Kelor merupakan objek wisata di Kepulauan Seribu dan menjadi tujuan wisata pilihan setelah Pulau Untung Jawa. Wisata Bahri juga ramai dikunjungi wisatawan meskipun weekday atau hari dalam seminggukarena berlibur di tempat ini memberikan perasaan yang berbeda.

Pulau yang menjadi destinasi wisata menarik di Kepulauan Seribu ini juga memiliki pesona indah yang banyak diminati wisatawan dari dalam dan luar negeri. Sayang sekali jika Anda berada di kota Jakarta tapi belum pernah ke pulau ini.

Karena wisata air cantik di tengah kota Jakarta ini mudah dikunjungi dan bisa menjadi alternatif liburan saat ramai. Keindahan di tempat ini memang tidak ada duanya, pulau cantik ini memang bisa menjadi tempat liburan bersama keluarga, sahabat atau orang tersayang.

Daya Tarik Pulau Kelor

Daya Tarik Pulau KelorSumber Gambar: Google Maps Hendro Hioe

Pulau Kelor merupakan salah satu kawasan wisata bahari Kepulauan Seribu yang wajib Anda kunjungi saat kembali ke Jakarta. Selain pesona alamnya yang tak tertandingi, masyarakat di kawasan Kepulauan Seribu juga sangat ramah, terutama kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

1. Tempat wisata sejarah

Wisata bahari ini berukuran sangat kecil, namun pulau ini memiliki banyak sejarah pada masa penjajahan Belanda. Selain itu peninggalan sejarah yang paling terkenal adalah Benteng Martelo yang masih berdiri kokoh di Pulau Kelor.

Benteng Martelo juga merupakan salah satu pesona pulau yang bisa Anda lihat dari jauh jika ingin ke sana. Benteng ini berbentuk lingkaran 360 derajat dan dibangun pada zaman dahulu oleh VOC untuk mencegah serangan musuh pada abad ke-17.

Benteng ini dibangun dari bata merah yang kokoh dan hancur akibat tsunami yang menyebabkan letusan Gunung Krakatau, namun sisa-sisa benteng yang masih ada hingga sekarang terlihat sangat eksotik dan sejuk. Pulau Kelor ini ternyata menjadi kisah perjuangan negara dan tapol.

2. Pemandangan pantai yang menawan

Daya tarik selanjutnya dari pantai cantik ini adalah pemandangan alamnya yang mempesona berpadu dengan pasir putih yang terbentang luas di pulau ini. Pantai di Pulau Kelor sangat indah dan pasirnya halus, sehingga setiap pengunjung akan betah berada disini.

Gemerisik pasirnya dan tenangnya ombak mampu memukau mata wisatawan yang melihatnya. Ombak disana juga relatif rendah dan bisa digunakan untuk bermain wahana air seperti jetski, banana boat dan lain-lain.

3. Mengunjungi dua pulau sekaligus

Letak Pulau Kelor di Jakarta memang sangat strategis dan masih tersisa dua pulau untuk dijelajahi. Pulau terdekat lainnya yang tak kalah menarik untuk Anda adalah Pulau Onrust dan Pulau Cipir yang memiliki keunikan tersendiri.

Pulau Onrust sendiri berarti “tidak pernah istirahat” dalam bahasa Belanda, yang kemudian dijadikan tempat persinggahan kapal, tempat peristirahatan keluarga Kesultanan Banten menjadi pangkalan militer dan tempat penggembalaan. Pulau Cipir, sebaliknya, dikenal begitu indah karena adanya prasasti kuno dan bekas reruntuhan rumah sakit.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat: Pulau Kelor, JakartaKredit Foto: Google Maps Spiritual Bugis

Nah, setelah mengetahui berbagai hal unik yang menarik pengunjung, pasti penasaran dan ingin mengunjunginya. Ada berbagai rute atau jalur yang bisa Anda ambil untuk melihat tempat ini. Lihat ulasan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Tak heran jika tempat ini menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Jakarta karena Pulau Kelor, seperti namanya, terletak di Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Sering dimasukkan dalam daftar kunjungan pulau ibu kota.

Pulau cantik ini biasa dijadikan lokasi syuting maupun untuk foto prewedding. Rute menuju Pulau Kelor adalah dari pertigaan lampu merah Cengkareng di Jakarta Barat hingga Muara Kamal. Jadi dari Muara Kamal Anda bisa naik perahu kayu menuju kawasan pulau yang memakan waktu sekitar 1 jam.

Rute lain yang bisa Anda coba adalah melalui Dermaga Marina Ancol. Anda bisa menyewa speedboat tergantung jumlah penumpang yang ingin mengunjungi pulau kecil ini.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Setelah mengetahui seperti apa rute mengunjungi Pulau Kelor, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah berapa biaya atau budget yang harus Anda keluarkan saat berwisata ke pulau tersebut.

Tarif masuk ke pulau ini cukup murah dan terjangkau, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah saja. Untuk berkunjung, Anda harus mengikuti paket wisata yang ditawarkan mulai dari Rp 120.000 per orang dan sudah termasuk kunjungan ke pulau terdekat lainnya.

Dengan harga yang relatif murah sudah termasuk menikmati berbagai wisata alam yang ada, seperti; B. bermain pasir di pantai. Selain itu, Anda juga bisa mencoba air pantai dengan berenang di dalamnya untuk merasakan suasana laut lepas. Salah satu wisata yang menyimpan sejarah adalah bangunan yang dulunya merupakan benteng.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Kelor

Aktivitas seru di Pulau KelorKredit foto: Google Maps Nurul Kamilah

Keindahan Pulau Kelor, Jakarta menawarkan tempat yang tak kalah membosankan untuk lebih mendalami sejarah sisa-sisa bangunan yang ada. Bagi Anda yang ingin berlibur, Anda juga bisa menikmati indahnya sunset yang mempesona dari sudut pulau ini.

Karena keunikannya yang menarik dari segala penjuru, orang sering betah berlama-lama di pulau ini. Anda akan dapat memperoleh manfaat lebih ketika Anda pulang berlibur untuk menyegarkan pikiran dan melanjutkan rutinitas Anda. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Kelor.

1. Ambil selfie atau potret

Sebagai tempat favorit bagi siapa saja yang pernah berkunjung ke pulau cantik ini, tak heran jika sebagai seorang turis juga akan menjadikan tempat ini sebagai bagian sejarah dalam hidup Anda. Seperti kebanyakan orang yang sengaja datang untuk syuting film atau foto sebelum pernikahan.

2. Mengunjungi reruntuhan Benteng Martello

Fort Martello berfungsi sebagai benteng menara pengawas di masa lalu, tetapi juga bisa berfungsi sebagai benteng pertahanan dan penyerang. Benteng ini terdiri dari dua lantai, Anda masih dapat menemukan beberapa anak tangga, tetapi sudah rapuh. Berhati-hatilah saat mengunjungi benteng ini.

3. Snorkeling di pantai

Tidak hanya trekking, aktivitas seru lainnya adalah scuba diving, di mana Anda bisa mengamati keindahan berbagai spesies ikan dan terumbu karang di dasar laut. Anda tidak akan bisa menolak jika diajak kembali ke pulau ini untuk menyelam karena lukisan bawah lautnya begitu indah dan menarik perhatian.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau Kelor JakartaSumber gambar: Google Maps Dewi Endar

Jika Anda tertarik mengunjungi Pulau Kelor yang sarat sejarah, Anda bisa mengikuti berbagai paket wisata yang ditawarkan. Paket yang ditawarkan sekitar Rp 120.000 sudah termasuk kunjungan ke Pulau Onrust dan Pulau Cipir dari Dermaga Muara Kamal.

Perlu diketahui bahwa pulau ini buka 24 jam sehari, jadi Anda bisa berkunjung kapan pun Anda mau. Perlu diingat bahwa tidak ada akomodasi di pulau ini, jadi Anda perlu membawa tenda untuk berkemah dan bekal makanan. Dari segi penerangan, kawasan pulau ini hanya mengandalkan genset. Jadi bawa baterai Anda dan jaga kebersihan area di sekitar pulau.

Itulah beberapa hal menarik tentang Pulau Kelor di Kepulauan Seribu. Tempat yang sempurna untuk liburan yang damai bersama keluarga dan teman.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button